Buku Petunjuk

Jurnal Consolidation

Updated at: January 15, 2019
Last updated by: Sally

Jurnal Consolidation merupakan fitur Add Ons jurnal yang membantu Anda, para pengguna Jurnal Enterprise dalam membuat laporan keuangan konsolidasi atau laporan gabungan dari beberapa perusahaan yang Anda miliki. Laporan ini akan menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari satu atau lebih anak perusahaan sampai induk perusahaan.

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai :

  1. Aktivasi fitur Add ons “Company Consolidation”
  2. Set up perusahaan dan daftar akun
  3. Kertas Kerja Konsolidasi
  4. Laporan Hasil Konsolidasi
     

1. Aktivasi fitur Add ons “Company Consolidation”


Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkanya dengan menginstall Add Ons Company Consolidation di salah satu perusahaan Anda. (bisa di perusahaan induk, maupun anak perusahaan). Untuk menginstall:

  1. Klik Menu Add Ons.
  2. Klik “Visit Jurnal App Store”
  3. Klik “Install” pada Company Consolidation
  4. Lalu klik “Izinkan”
  5. Setelah itu, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengikuti langkah selanjutnya.
     

2. Set up Perusahaan dan Daftar Akun


  1. Buka Add Ons Company Compilation
  2. Klik tombol“Kompilasi Sekarang” untuk mulai membuat laporan konsolidasi.

    Atau jika Anda sudah pernah membuat laporan konsolidasi sebelumnya, Anda dapat klik “Buka” pada Company Consolidation di menu Add Ons.

  3. Kemudian, pilih data perusahaan yang akan digabungkan. Anda dapat memilih sampai maksimal 10 perusahaan. Setelah itu, klik tombol “Selanjutnya”.

     
  4. Anda dapat memindahkan Akun-akun mana saja yang akan digabungkan menjadi satu laporan dengan cara :
    1. Centang nama akun satu persatu, kemudian klik “Kompilasi”.

      dan akun akan pindah ke kotak di sebelah kanan seperti gambar berikut,

    2. Atau, Anda juga dapat klik tombol “Kompilasi Otomatis”untuk memilih semua akun sekaligus.

      dan seluruh akun akan pindah ke kotak di sebelah kanan seperti gambar berikut,

  5. Jika Anda ingin mengubah nama Akun yang akan muncul pada laporan konsolidasi, klik icon di samping kolom sumber akun

    Kemudian, ubah informasi akun yang akan ditampilkan dan klik tombol “save” untuk menyimpan.

  6. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, klik tombol “Save” di pojok kanan bawah untuk menyimpan daftar Akun yang akan ditampilkan pada laporan konsolidasi.
  7. Anda masih dapat mengubah pengaturan akun ini, dengan klik tombol “edit”.

3. Kertas Kerja Konsolidasi


Kertas kerja konsolidasi atau biasanya disebut dengan Worksheet adalah daftar yang berisi seluruh rekening perusahaan atau perkiraan buku besar. Untuk mendownload kertas kerja konsolidasi, Anda dapat:

  1. Klik tombol “Tampilkan/Tambah”
  2. Atur tanggal untuk memfilter kertas kerja Anda.

     
  3. Klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan.

     
  4. Maka, tampilannya akan terlihat seperti berikut.
  5. Anda dapat menampilkan rincian akun dengan klik “Tampilkan Akun”.

    .

    Sehingga tampilannya akan menjadi seperti ini.

  6. Untuk melihat kertas kerja di periode tertentu, klik tombol“Filter”. Kemudian, ubah filter periode tanggal dengan klik “Terapkan”.
  7. Setelah Anda sudah yakin dengan kertas kerja ini, Anda dapat mendownloadnya dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah Excel atau CSV
  8. Jika di download dalam bentuk Excel akan terlihat seperti berikut.

     

4. Laporan Hasil Konsolidasi


Untuk melihat laporan hasil konsolidasi, berikut caranya :

  1. Klik tombol “Tampilkan Laporan” pada menu Company Consolidation.
  2. Pilih laporan yang akan ditampilkan dengan klik tombol “Lihat Laporan” pada masing-masing judul laporan. Laporan yang tersedia yaitu : Neraca, Laba & Rugi, Arus Kas dan Neraca Saldo.
  3. Atur periode tanggal laporan dan klik tombol “filter”
  4. Anda juga dapat mengklik "Filter Lebih Lanjut" untuk memilih opsi filter lain. Lihat contoh gambar berikut.
     
    • Mulai : Di sini, Anda dapat memfilter laporan per tanggal tertentu.
    • Filter berdasarkan periode : Anda dapat memfilter laporan per tanggal, bulan ini, tahun ini, akhir bulan, akhir tahun dan keuangan tahun ini (bulanan). Apabila Anda memilih ‘Keuangan tahun ini (bulanan)’, maka laporan akan dapat dibandingkan berdasarkan periode 1 sampai 11 periode sebelumnya.
    • Bandingkan Periode : Pilih periode perbandingan yang Anda inginkan, pilihan yang tersedia adalah Mingguan, Bulanan, Triwulan, Setengah-Tahunan dan Tahunan
       
  5. Setelah selesai menentukan periode, klik tombol “Filter” untuk menampilkan laporan.
  6. Anda dapat mendownload laporan dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV
  7. Contoh laporan neraca yang diexpor dalam bentuk PDF adalah seperti berikut.
     

Baca juga:

Cara Custom Laporan Laba Rugi

Cara Custom Laporan Arus Kas

Back to Top