Buku Petunjuk

Detil Supplier yang Dipilih

Updated at: August 20, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

Anda dapat melihat rincian data supplier tertentu dengan mengklik nama supplier.

Kemudian, Anda akan melihat ada 4 bagian dari rincian supplier yaitu:

  1. Informasi Supplier yang Dipilih,
  2. Pemetaan Akun Supplier yang Dipilih,
  3. Detil Pembayaran Mengenai Supplier yang Dipilih, dan
  4. Sejarah Transaksi Supplier yang Dipilih.
     

1. Informasi Supplier yang Dipilih


Di bagian informasi supplier, Anda akan melihat informasi mengenai supplier berupa sisa saldo, nama perusahaan, kontak, email, mobile, alamat penagihan, telepon, dan fax supplier seperti gambar di bawah ini.

https://lh4.googleusercontent.com/gGKfTKclHzx58QMXXohC4bmvO31wwaBqSV04iEoeUjGSJ0ttvNgVXJXbPFVM5JvsIcGz6o79_VBxtR6zsk23tzN6y2ZzU-KPFSGvHZv00MKvnpTEPSatvyDrj0V-h1T9Tmw4ESs4
 

2. Pemetaan Akun Supplier yang Dipilih.


Pada bagian ini, Anda dapat melihat lebih detil ke rincian daftar akun piutang usaha (account receivable) dan daftar akun hutang usaha (account payable) yang tercatat digunakan untuk supplier yang dipilih. Jika akun piutang atau hutang usaha tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat mengubah akun tersebut melalui halaman ubah supplier.
 

Selain melihat rincian daftar akun yang digunakan untuk supplier, Anda juga dapat mengubah data daftar akun, lihat penjelasan mengenai cara mengubah akun di Data Master > Daftar Akun > Ubah Daftar Akun.


 

3. Detil Pembayaran Mengenai Supplier yang Dipilih


Pada bagian ini, Anda akan melihat rincian pembelian yang meliputi rincian pembelian belum dibayar, pembelian yang jatuh tempo, bayaran yang dikirim 30 hari terakhir dan total kredit memo seperti gambar di bawah ini.

Gambar tersebut menunjukkan bahwa Anda:

  1. memiliki sisa hutang kepada supplier Raisha sebesar Rp 3.500.000 dari faktur (invoice) yang sudah tercatat ke dalam Jurnal. Total pembelian belum dibayar ini adalah total dari faktur yang belum dibayar baik yang belum dan sudah jatuh tempo;
  2. memiliki total hutang kepada supplier Raisha yang sudah jatuh tempo per hari ini sebesar Rp 1.500.000;
  3. sudah melakukan pembayaran kepada supplier Raisha sebesar Rp 5.000.000 dalam 30 hari terakhir;
  4. memiliki total kredit memo sebesar Rp 1.000.000 pada supplier Raisha. Kotak kredit memo akan muncul jika ada retur, kelebihan pembayaran atau dibuat secara manual. Jika ada kelebihan pembayaran (over payment), fitur perlu diaktifkan by request kepada tim support kami.

Anda dapat meng-klik masing-masing kotak tersebut untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan pembayaran tersebut.

 

4. Sejarah Transaksi Supplier


Pada bagian ini, Anda akan melihat semua catatan transaksi Anda dengan supplier seperti Tanggal, Nomor, Tanggal Jatuh Tempo, Jumlah, Status dan Tindakan seperti gambar di bawah ini.

Anda dapat mengambil tindakan langsung dengan memilih dari kolom Tindakan.

Jika tipe transaksi Anda adalah:

  1. Kredit Memo: bisa Gunakan Kredit Memo atau Refund Kredit Memo;
  2. Faktur (Invoice): bisa mengirim pembayaran, lihat dan email faktur, retur pembelian, dan gunakan kredit memo (jika ada);
  3. Pemesanan (Order): bisa membuat faktur, lihat dan email pemesanan, dan menambah uang muka (deposit);
  4. Penawaran (Quote): bisa membuat faktur, membuat pemesanan, lihat dan email penawaran.

 

Anda juga dapat melihat rincian transaksi supplier yang Anda pilih dan melakukan beberapa tindakan sesuai dengan tipe transaksi. Untuk melihat rincian transaksi, Anda dapat mengklik nomor transaksi. Maka, akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Ketika Anda sudah masuk ke halaman rincian transaksi pelanggan yang dipilih, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Untuk melihat halaman indeks supplier yang Anda pilih, klik link nama  Supplier;
  2. Untuk melihat detil produk, mengubah dan mengarsip produk, klik nama Produk;
  3. Untuk kembali ke halaman sebelumnya, klik  “Kembali”;
  4. Untuk menghapus transaksi supplier yang Anda pilih, klik“Hapus”;
  5. Untuk mengubah transaksi supplier yang Anda pilih, klik“Ubah”;
  6. Setiap halaman rincian transaksi pelanggan memiliki tindakan yang berbeda. Untuk penjelasan detail mengenai Tindakan, Anda dapat melihatnya di Data Transaksi > Tindakan Transaksi

 

Baca juga

Kembali ke Sekilas Menu Supplier

Back to Top