Buku Petunjuk

Detil Pelanggan yang Dipilih

Updated at: January 08, 2019
Last updated by: Sally

Anda dapat melihat rincian Data Pelanggan tertentu dengan klik pada nama pelanggan

Pada halaman ini, Anda dapat melihat informasi berikut

  1. Tipe & Grup Kontak
  2. Profil Kontak
  3. Transaksi Kontak

Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai tindakan berikut:

  1. Ubah Profil
  2. Buat Transaksi
  3. Lihat Laporan Rekening
  4. Gabung Kontak
  5. Arsip dan Hapus Kontak

Rincian Informasi


  1. Tipe & Grup Kontak

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat Tipe dan Grup Kontak.

    Lihat penjelasan cara melakukan pengaturan grup di Guidebook - Pengaturan Grup

  2. Profil Kontak

    Di bagian tab profil, Anda akan melihat informasi profil pelanggan berupa:

    • Informasi Umum, bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Kontak, Nama Perusahaan, Email, Handphone, Telepon, Fax, Alamat Pembayaran, Alamat Pengiriman, NPWP Perusahaan, Identitas, Nomor Identitas dan Info Lain;
    • Akun Bank, bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Bank, Kantor Cabang Bank, Pemegang Akun Bank dan Nomor Rekening;
    • Pemetaan Akun, bagian ini akan berisi informasi mengenai pemetaan akun untuk akun Piutang dan Hutang Usaha serta Syarat Pembayaran Utama.

     
  3. Transaksi Kontak


    a. Ringkasan Transaksi
     

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat ringkasan transaksi dari Pelanggan Anda yang meliputi:

    • Piutang Belum Dibayar, menampilkan total semua penjualan yang belum dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda
    • Piutang Jatuh Tempo, menampilkan total penjualan yang seharusnya dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda karena sudah masuk ke tanggal jatuh tempo pembayaran
    • Total Pembayaran, menampilkan total pembayaran dari pelanggan.
    • Total Kredit Memo, menampilkan total saldo kredit memo yang dimiliki oleh pelanggan.


    Apabila Kontak Anda memiliki lebih dari satu Tipe Kontak, Anda bisa filter transaksi berdasarkan:

    • Harus Anda Bayar, yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang harus Anda bayar meliputi “hutang belum dibayar”, “hutang jatuh tempo”, dan “kredit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda lakukan;
    • Akan Anda Terima, yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang akan Anda terima meliputi “piutang belum dibayar”, “piutang jatuh tempo”, dan “debit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda terima.


    Anda dapat mengklik masing-masing kotak untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan tersebut atau Anda dapat mengaktifkan “Tampilkan Ringkasan” di sebelah kanan, sehingga tampilannya akan menjadi seperti berikut.
    Catatan : fitur “Tampilkan Ringkasan” ini hanya akan muncul, apabila kontak memiliki lebih dari satu tipe kontak

    Catatan: Pada bagian Perhitungan bersih, terdapat perhitungan berapa nominal yang Harus Anda bayar dan berapa nominal yang Akan Anda terima, kemudian sistem juga akan menghitungkan selisih yang harus Anda bayar (bila total Harus Anda Bayar lebih besar) dan selisih yang akan Anda terima (bila total Akan Anda Terima lebih besar).


    b. Sejarah Transaksi
     

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat laporan transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan pelanggan yang dipilih.


    Anda dapat melihat laporan rekening per setiap pelanggan dengan klik pada “Lihat Laporan Rekening”. Selain itu Anda juga dapat melihat rincian masing-masing transaksi, dengan klik pada nomor transaksi

    Anda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik tombolpada sebelah kanan baris transaksi.


    Tindakan yang dapat Anda lakukan antara lain:

    • Duplikat Transaksi
    • Terima Pembayaran
    • Retur Penjualan
    • Atur Transaksi Berulang
    • Pratinjau Faktur
    • Pratinjau Surat Jalan
    • Email Faktur

Tindakan


  1. Ubah Profil

    Anda dapat mengubah profil kontak dengan klik tombol “Ubah Profil” di sebelah kanan atas layar.

    Lihat penjelasan cara mengubah profil kontak di Guidebook - Mengubah Profil Kontak

     

  2. Buat Transaksi

    Pada layar ini, Anda dapat membuat transaksi terkait dengan pelanggan yang Anda pilih dengan klik tombol “Buat Transaksi”

    *catatan : jenis transaksi yang dapat dipilih disini, tergantung pada tipe kontak

    Transaksi yang dapat dibuat untuk tipe Pelanggan, yaitu:


    • Faktur Penjualan
    • Kredit Memo

    •  
  3. Lihat Laporan Rekening

    Pada halaman detil pelanggan tab Transaksi, Anda dapat melihat laporan rekening pelanggan dengan klik link “Laporan Rekening Pelanggan” atau klik tombol dan pilih “Lihat Laporan Rekening”

    Tentukan filter periode laporan yang ingin ditampilkan, kemudian klik tombol “Lihat Laporan Rekening”.

    Maka Anda akan melihat contohnya seperti berikut ini.

  4. Gabung Kontak

    Anda dapat menggabungkan beberapa kontak menjadi satu, dengan klik tombol kemudian pilih “Gabungkan Kontak”
    Lihat penjelasan cara menggabungkan kontak di Guidebook - Menggabungkan Kontak

  5. Arsip dan Hapus Kontak

    Anda dapat menghapus dan mengarsip pelanggan dengan klik tombol kemudian pilih “Arsipkan Kontak” untuk mengarsip atau pilih “Hapus Kontak” untuk menghapus.

    Lihat ketentuan dan penjelasan cara mengarsip dan menghapus kontak di Guidebook - Arsip dan Hapus Daftar Kontak

Catatan: Tombol dan (tanda panah kanan dan kiri) dapat Anda gunakan untuk melihat informasi Detil pelanggan lainnya. Urutan yang akan muncul sesuai dengan urutan dibuatnya kontak.

Back to Top