Buku Petunjuk

Detil Pelanggan yang Dipilih

Updated at: August 16, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

Anda dapat melihat rincian data pelanggan tertentu dengan mengklik nama pelanggan. Kemudian, Anda akan melihat ada 4 bagian dari rincian pelanggan yaitu:

  1. Informasi Pelanggan yang Dipilih,
  2. Pemetaan Akun Pelanggan yang Dipilih,
  3. Detil Pembayaran Mengenai Pelanggan yang Dipilih, dan
  4. Sejarah Transaksi Pelanggan yang Dipilih.
  5. Contoh Laporan Rekening Pelanggan
     

1. Informasi Pelanggan yang Dipilih


Di bagian informasi pelanggan, Anda akan melihat informasi mengenai pelanggan berupa sisa saldo, nama perusahaan, kontak, email, mobile, NPWP, alamat penagihan, alamat pengiriman, telepon, fax, dan informasi lain mengenai pelanggan seperti gambar di bawah ini.

Mengubah data pelanggan

2. Pemetaan Akun Pelanggan yang Dipilih


Pada bagian ini, Anda dapat melihat lebih detil ke rincian daftar akun piutang usaha (account receivable) dan daftar akun hutang usaha (account payable) yang tercatat digunakan untuk pelanggan yang dipilih. Jika akun piutang atau hutang usaha tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat mengubah akun tersebut melalui halaman ubah pelanggan.

Selain melihat rincian daftar akun yang digunakan untuk pelanggan, Anda juga dapat mengubah data daftar akun, lihat penjelasan mengenai cara mengubah akun di Guide Book - Ubah Daftar Akun.

3. Detil Pembayaran Mengenai Pelanggan yang Dipilih


Pada bagian ini, Anda akan melihat ringkasan pembayaran penjualan yang meliputi rincian penjualan yang belum dibayar, penjualan yang jatuh tempo, bayaran yang diterima 30 hari terakhir dan total kredit memo seperti gambar di bawah ini.

Gambar tersebut menunjukkan bahwa pelanggan A:

  1. memiliki sisa piutang sebesar Rp 1.000.000 dari faktur (invoice) yang sudah tercatat ke dalam Jurnal. Total penjualan belum dibayar ini adalah total dari faktur yang belum dibayar baik yang belum dan sudah jatuh tempo;
  2. memiliki total piutang yang sudah lewat jatuh tempo per hari ini sebesar Rp 500.000;
  3. sudah melakukan pembayaran sebesar Rp 92.050.000 dalam 30 hari terakhir;
  4. memiliki total kredit memo pada usaha Anda sebesar Rp 100.000. Kotak kredit memo akan muncul jika ada retur, kelebihan pembayaran atau lainnya. Jika ada kelebihan pembayaran (over payment), fitur perlu diaktifkan by request kepada tim support kami.

Anda dapat mengklik masing-masing kotak tersebut untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan pembayaran tersebut.

4. Sejarah Transaksi Pelanggan


Pada bagian ini, Anda dapat mengambil tindakan langsung dengan memilih dari kolom Tindakan. Jika tipe transaksi Anda adalah:

  1. Kredit Memo: bisa Gunakan Kredit Memo atau Mengembalikan Kredit Memo;
     
  2. Faktur: bisa mengirim pembayaran, lihat dan email faktur, retur penjualan, dan gunakan kredit memo (jika ada);
     
  3. Pemesanan: bisa membuat faktur, lihat dan email pemesanan, dan menambah uang muka (deposit);
     
  4. Penawaran: bisa membuat faktur, membuat pemesanan, lihat dan email penawaran.
     

Pada bagian ini, Anda dapat melihat rincian transaksi pelanggan yang menampilkan semua transaksi yang berkaitan dengan pelanggan yang dipilih. Anda juga dapat melihat Laporan Rekening Pelanggan dengan mengklik link Lihat Laporan Rekening Pelanggan.

Untuk melihat rincian transaksi, Anda dapat mengklik nomor transaksi. Maka, akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Ketika Anda sudah masuk ke halaman rincian transaksi pelanggan yang dipilih, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Untuk melihat halaman indeks pelanggan yang Anda pilih, klik nama pelanggan;

  2. Untuk melihat akun yang digunakan dalam transaksi, klik nama akun di bawah kolom Setor Ke;

  3. Untuk melihat jurnal entry, klik link lihat jurnal entry di sebelah kanan atas halaman ini;

  4. Untuk menghapus transaksi pelanggan yang Anda pilih, klik “Hapus”;

  5. Untuk mengubah transaksi pelanggan yang Anda pilih, klik “Ubah”;

  6. Untuk kembali ke halaman sebelumnya, klik  “Back”;

  7. Untuk mencetak halaman ini, klik “Print”;

  8. Setiap halaman rincian transaksi pelanggan memiliki tindakan yang berbeda. Tindakan yang tersedia adalah:

    • Terima Pembayaran

    • Email Faktur

    • Lihat Surat Jalan

    • Retur Penjualan

    • Gunakan Kredit Memo

    • Preview Kas Masuk

    • Preview Dot Matrix

    • Buat Penagihan

    • Buat Pemesanan

    • Email Pemesanan

    • Gunakan/Refund Kredit Memo

5. Contoh Laporan Rekening Pelanggan


Pada halaman detil pelanggan, Anda juga dapat melihat laporan rekening pelanggan dengan mengklik link Laporan Rekening Pelanggan. Maka Anda akan melihat contohnya seperti berikut ini.

 

Back to Top