Buku Petunjuk

Cara Menggunakan Jurnal Snap

Updated at: November 22, 2018
Last updated by: Sally


Jurnal Snap adalah aplikasi berbasis Android yang berfungsi untuk mengambil foto semua bukti transaksi Anda seperti bukti bayar, tagihan dan lampiran lainnya yang akan tersimpan secara otomatis pada akun Jurnal Anda. Dengan Jurnal Snap, semua lampiran Anda akan tersimpan dan dapat diakses secara real-time pada laporan keuangan Anda.

 

Untuk menggunakannya, Anda dapat mendownload aplikasi ini dari Google Playstore atau mengklik link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=id.jurnal.mobile.snap pada smartphone Android Anda.

 

Cara Menggunakan Jurnal Snap


  1. Buka aplikasi Jurnal Snap pada smartphone Android Anda.
  2. Masukkan alamat email dan password Jurnal Anda. Klik "Login".
    *Pastikan email Anda sudah terdaftar di Jurnal. Lihat cara mendaftar di sini.


     
  3. Pada gambar di bawah, ada keterangan 'You haven't snapped any file' yang berarti Anda belum memiliki rekaman bukti transaksi.
    *Bukti transaksi yang ditampilkan di sini hanya berasal dari rekaman yang menggunakan Jurnal Snap. Jika Anda mengupload bukti transaksi dari aplikasi web Jurnal, maka rekaman bukti transaksi tersebut tidak akan ditampilkan di sini.
     

     
  4. Untuk memulai mengambil foto bukti transaksi,  arahkan kamera hp Anda pada bukti transaksi dan tekan icon kamera di bagian bawah layar smartphone Android Anda.


     
  5. Tekan tanda + untuk menambah pengambilan foto berikutnya atau Anda juga dapat menekan Multi Page di kiri atas layar.
    *Jika pengambilan foto dilakukan di tempat yang gelap, Anda dapat mengaktifkan fungsi flash pada kamera Anda dengan menekan Flash di kanan atas layar smartphone Anda.


     
  6. Setelah selesai mengambil foto, simpan foto bukti-bukti transaksi tersebut dan ganti nama dokumen tersebut dengan menekan "Save" dikanan atas layar Anda.


     
  7. Anda dapat memilih untuk menyimpan foto dalam format PDF (beberapa bukti transaksi digabung dalam 1 file) atau dalam format JPG (beberapa bukti transaksi dipisah per dokumen).


     
  8. Setelah selesai, Anda akan melihat hasil foto bukti-bukti transaksi tersebut di layar smartphone Anda seperti gambar di bawah.
    *dalam mode offline (tidak ada jaringan internet pada smartphone), Anda tetap dapat melakukan pengambilan foto namun tidak akan otomatis terupload di aplikasi web Jurnal Anda sampai smartphone tersebut terhubung kembali ke jaringan internet.
    *status 'uploaded' artinya dokumen Anda telah berhasil diupload.
    *status 'uploading' artinya dokumen sedang dalam proses upload.
    *status 'failed' artinya dokumen tidak berhasil diupload karena tidak ada koneksi internet.


     
  9. Jika status upload sudah sukses, Anda dapat melihat bukti-bukti tersebut di aplikasi web Jurnal dengan login ke my.jurnal.id dan klik menu "Daftar Lainnya" > "Daftar Lampiran".

     

Pada halaman tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tindakan berikut:

  1. Mengunduh dokumen lampiran;
  2. Menghubungkan lampiran dengan transaksi;
  3. Membuat transaksi baru dari lampiran;
  4. Mengubah tipe transaksi untuk lampiran yang bersangkutan.
     

1. Mengunduh dokumen lampiran


  1. Anda bisa men-download lampiran dokumen atau foto yang telah dimasukkan melalui jurnal snap pada halaman jurnal web Anda dengan masuk ke halaman daftar lampiran.

     
  2. Pada lampiran yang bersangkutan, klik “Pilih Tindakan” > “Download” maka lampiran akan otomatis ter-download
     

2. Menghubungkan lampiran dengan transaksi


  1. Untuk menghubungkan dokumen lampiran dengan transaksi Anda di Jurnal, klik “Pilih Tindakan” > “Hubungkan ke Transaksi”;
     
  2. Pilih nomor transaksi yang ingin dihubungkan dengan lampiran tersebut. Kemudian, klik "Simpan";

     
  3. Setelah selesai, Anda akan melihat lampiran tersebut telah berhasil dihubungkan dengan transaksi yang dipilih.
     

3. Membuat transaksi baru dari lampiran


  1. Anda juga bisa membuat transaksi baru dari lampiran tersebut dengan meng klik “Buat Transaksi Baru”;
     
  2. Pilih tipe transaksi yang akan Anda buat;

     
  3. Klik “Tambahkan”;

     
  4. Isi formulir transaksi penjualan sesuai dengan informasi di lampiran, lalu klik “Buat Penjualan”;

     
  5. Setelah selesai, Anda akan melihat lampiran tersebut telah berhasil dihubungkan dengan transaksi yang baru saja dibuat.
     

4. Mengubah tipe transaksi untuk lampiran yang bersangkutan


  1. Anda bisa merubah tipe transaksi yang ingin dihubungkan dengan dokumen lampiran, dengan klik “Pilih Tindakan” > “Ubah Tipe Transaksi”;

     
  2. Pilih Tipe Transaksi yang akan digunakan;

     
  3. Klik “Simpan”;

     
  4. Maka tipe transaksi untuk lampiran tersebut akan berubah menjadi “Faktur Penjualan”;

     
  5. Ketika Anda akan menghubungkan lampiran tersebut dengan transaksi, maka opsi transaksi yang muncul adalah berdasarkan tipe transaksi yang telah dipilih.


     
Back to Top