Buku Petunjuk

Cara Lapor Pajak di Klikpajak

Updated at: June 11, 2019
Last updated by: Sally Kie

Anda dapat melakukan pelaporan pajak dengan mudah melalui Klikpajak. Pelaporan pajak dilakukan dengan e-Filling yang sudah terintegrasi di Klikpajak sebagai Application Service Provider (ASP) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak yang telah diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. KEP-169/PJ/2018.
 

Jenis SPT yang dapat dilaporkan melalui aplikasi Klikpajak adalah sebagai berikut:

  • SPT Tahunan PPh OP,
  • SPT Tahunan PPh Badan,
  • SPT PPN dan PPnBM,
  • SPT PPh Pasal 15,
  • SPT PPh Pasal 22,
  • SPT PPh Pasal 23/26, dan
  • SPT PPh Pasal 4 Ayat (2).


Sebelum melakukan pelaporan pajak, pastikan Anda telah mendaftarkan EFIN Anda.
 

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pelaporan pajak:

  1. Masuk ke menu Add-Ons dan klik “Buka” pada aplikasi Klikpajak;
  2. Masuk ke tab Lapor Pajak;

     
  3. Tentukan jenis SPT, kemudian pilih jenis pajak dan masa pajak yang ingin Anda laporkan;

     
  4. Klik “Lanjutkan”;
  5. Bila sebelumnya Anda telah memasukkan data pembayaran pajak, maka akan muncul tampilan berikut;
    Penjelasan:
    • Pilih “Ya, tunjukkan daftarnya” bila Anda ingin melaporkan pajak yang sebelumnya telah dicatat pembayarannya pada Klikpajak;
    • Pilih “Tidak, saya mau menghitung dan membayarkan pajak baru terlebih dahulu”, bila Anda belum mencatat pembayaran pajak dan ingin melakukan pembayaran pajak terlebih dahulu melalui Klikpajak, sehingga Anda akan dibawa ke halaman Bayar Pajak;
    • Pilih “Tidak, saya ingin langsung melaporkan SPT saya” , bila Anda ingin langsung melaporkan SPT melalui Klikpajak, tanpa terlebih dahulu mencatat pembayarannya.
       
  6. Misalnya, centang pada pilihan pertama, maka Anda dapat memilih data pembayaran pajak yang ingin dilaporkan;

     
  7. Lalu klik “Lanjutkan”;
  8. Tentukan pilihan metode pelaporan pajak Anda, lalu klik ”Lanjutkan”;

     
  9. Selanjutnya, upload file yang diperlukan:
    • CSV Pelaporan Pajak: File dengan format .csv yang diperoleh dari aplikasi pajak seperti e-SPT atau e-Faktur.
    • PDF Keterangan atau Lampiran Dokumen: File dengan format .pdf sebagai dokumen pendukung SPT Anda.
      Notes:
      • CSV adalah format file hasil ekspor dari aplikasi e-Faktur ataupun e-SPT;
      • Nama file dan isi CSV tidak boleh diubah dan harus sesuai dengan nama file hasil ekspor;
      • Nama file PDF harus sama dengan nama file CSV;
      • Anda dapat melampirkan dokumen pendukung pelaporan pajak maksimal dalam 7 (tujuh) file PDF.
         
  10. Anda juga dapat klik pada “cara melaporkan SPT melalui e-Filling” untuk memperoleh petunjuk pelaporan berikut;

     
  11. Klik pada “Dokumen PDF apa yang harus diunggah?” atau masuk ke link berikut, untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang dokumen tambahan yang harus diunggah;
  12. Setelah mengunggah seluruh dokumen, klik “Lanjutkan”;
  13. Apabila pelaporan pajak Anda telah diterima, Anda akan memperoleh email notifikasi yang berisi Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) seperti berikut;

     
  14. Selain itu, Anda akan memperoleh Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) pada halaman Pelaporan Pajak. Tentukan pilihan tindakan pada tombol berikut;

     
  15. Anda dapat melihat kembali riwayat laporan seperti berikut dengan pilih “Riwayat Laporan”;

     
  16. Anda juga dapat mengunduh BPE Anda dengan pilih “Unduh BPE”, BPE Anda akan tampil sebagai berikut;

     
  17. Anda juga dapat melakukan pembetulan dengan pilih “Laporan Pembetulan”;
  18. Demikian cara melakukan pelaporan pajak melalui Klikpajak.
     

Baca juga:

  1. Memulai dengan Klikpajak
  2. Halaman Utama Klikpajak
  3. Cara Daftar EFIN
  4. Cara Mengatur Faktur Pajak dan NSFP
  5. Cara Mengatur dan Mengunduh Bukti Potong PPh 23
  6. Cara Menarik File CSV Pajak
  7. Cara Bayar Pajak
Back to Top