Buku Petunjuk

Cara Akses dan Registrasi Jurnal Pay

Updated at: August 10, 2020
Last updated by: Adi Nurpermana

Jurnal Pay adalah aplikasi tambahan (add-ons) yang memudahkan Anda untuk menerima pembayaran dari pelanggan Anda baik dengan Manual Confirmation (transfer bank dengan konfirmasi manual), Virtual Account (transfer bank), Kartu Kredit ataupun e-wallet. Pencatatan dalam pembukuan atas pembayaran yang telah diterima pun akan dilakukan secara otomatis oleh sistem.


Anda cukup mengirimkan tagihan dalam bentuk link ataupun melalui email, maka pelanggan Anda dapat langsung melakukan pembayaran secara online dan selanjutnya sistem yang akan memproses transaksi pembayaran tersebut secara otomatis. Klik link untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Jurnal Pay.


Ketika pembayaran telah dilakukan oleh pelanggan melalui e-wallet, Virtual Account ataupun kartu kredit, maka nominal pembayaran yang telah dipotong oleh tarif pembayaran Jurnal Pay akan tersimpan pada akun Jurnal Payment Service Escrow Anda. Saldo ini akan secara otomatis dipindahkan ke akun rekening bank yang telah Anda daftarkan setelah jangka waktu yang ditentukan.

 

Notes: Pembayaran melalui Virtual Account, Kartu Kredit dan E-Wallet tidak berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu.

Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai:

  1. Akses Jurnal Pay
  2. Registrasi Jurnal Pay

Akses Jurnal Pay


Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda dapat mengakses melalui tiga cara instalasi, yaitu:

  1. Melalui menu pada sistem Jurnal seperti berikut:
  2. Melalu menu Penjualan.

     

Berikut panduan untuk menggunakan Jurnal Pay:

  1. Klik Jurnal Pay pada menu di sebelah kiri, lalu klik "Mulai Sekarang" seperti berikut;
  2. Selanjutnya, Anda diarahkan untuk melakukan registrasi Jurnal Pay.

Registrasi Jurnal Pay


Setelah Anda masuk ke halaman Jurnal Pay, Anda akan dimunculkan layar awal Jurnal Pay. Untuk mulai menggunakan, Anda diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Notes: Anda akan diarahkan langsung untuk menggunakan Jurnal Pay dengan metode pembayaran konfirmasi manual dan registrasi hanya bisa dilakukan oleh role Owner dan Ultimate.


Berikut panduan untuk melakukan registrasi Jurnal Pay:

No. Nama Keterangan
1. Nama Bank : Bank yang akan digunakan untuk menerima/mencairkan pembayaran yang telah diterima dari akun tampungan Jurnal
2. Nama Pemilik Bank : Nama pemilik rekening bank
3. Nomor Rekening : Nomor rekening yang akan digunakan untuk menerima/mencairkan pembayaran yang telah diterima dari akun tampungan Jurnal
4. Nama Perusahaan : isikan dengan nama Perusahaan Anda

*nama perusahaan inilah yang muncul di layar atm/internet banking ketika pelanggan Anda melakukan pembayaran

5. Email perusahaan : akan ditampilkan sebagai informasi email yang digunakan untuk jalur komunikasi utama terkait Jurnal Pay.
  1. Isikan informasi pernyataan
  2. Selanjutnya, centang kotak kecil pada bagian bawah layar, yang menandakan bahwa Anda telah membaca dan setuju dengan Syarat dan Ketentuan yang diberikan oleh Jurnal Pay. Kemudian, klik tombol "Simpan” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya;
  3. Anda akan ditampilkan terms and condition untuk penggunaan Jurnal Pay;
  4. Selanjutnya, klik tombol "Simpan” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya;
  5. Anda akan langsung diarahkan pada tampilan awal Jurnal Pay

    Notes: pada halaman awal Jurnal Pay, Anda dapat melakukan registrasi Jurnal Pay dengan pembayaran melalui Virtual Account dan Kartu Kredit.

  6. Anda akan langsung diarahkan pada tampilan awal Jurnal PayAnda juga akan ditampilkan halaman Konfirmasi Pembayaran. Disini user dapat melakukan approve/reject request manual confirmation yang dikirimkan oleh pelanggan.


Back to Top