Buku Petunjuk

Buat Penagihan Penjualan

Updated at: September 16, 2019
Last updated by: Nur Laily

Untuk membuat penagihan penjualan (sales invoice), klik Penjualan pada menu vertikal di sebelah kiri. Kemudian, klik “+Buat Penjualan Baru”. Pada halaman tambah penjualan, Anda bisa menentukan apakah Anda akan membuat Faktur penjualan, Pemesanan, atau Penawaran.
*Pemesanan dan Penawaran hanya dapat dibuat oleh pengguna Enterprise

 

Klik disini untuk mencoba langsung membuat penjualan.

Berikut informasi yang disediakan pada halaman ini:

  1. Penggunaan Tag,
  2. Penggunaan Gudang,
  3. Penggunaan Diskon Majemuk (Multi Discount),
  4. Pengisian Uang Muka,
  5. Contoh Jurnal Entry.

 

Membuat Penjualan

 

 

Step 1. Mengisi Informasi Pelanggan dan Transaksi


  1. *Pelanggan: Pilih pelanggan dari kotak pilihan atau tambah pelanggan baru (wajib diisi);
  2. Email: Field ini akan otomatis terisi sesuai dengan pelanggan yang dipilih;
  3. Info Pengiriman: Centang jika barang akan dikirim. Kemudian Anda akan mengisi alamat, tanggal, cara, ongkos pengiriman dan nomor pelacakan. Fungsi pengiriman akan muncul setelah diaktifkan melalui menu Settings > tab Penjualan dan centang ‘Pengiriman’. Baca juga Cara Membuat Pengiriman;
  4. Alamat Penagihan: Field ini akan terisi secara otomatis setelah pelanggan dipilih;
  5. Tgl Transaksi: Pilih tanggal penjualan Anda;
  6. Tgl Jatuh Tempo: Field ini akan terisi sesuai dengan syarat pembayaran yang dipilih. Namun, tetap dapat dipilih sesuai keinginan;
  7. Syarat Pembayaran: Pilih syarat pembayaran yang Anda inginkan untuk penjualan ini. Syarat pembayaran default yang tersedia oleh sistem adalah Cash on Delivery, Net 15, Net 30 dan Net 60. Syarat pembayaran yang dipilih akan mempengaruhi tanggal jatuh tempo;
    Note:
    Pilih syarat pembayaran penjualan default pada menu
    Settings > Tab Penjualan
    Pilih syarat pembayaran standar untuk pelanggan tertentu dari menu Pelanggan.
    Buat syarat pembayaran baru melalui menu Daftar Lainnya > Syarat Pembayaran
  8. No Transaksi: Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem, namun dapat diganti sesuai keinginan. Nomor transaksi ini akan memudahkan Anda dalam melacak data transaksi Anda. Lihat cara pengaturannya di sini;
  9. No Referensi Pelanggan: Masukkan nomor referensi pelanggan. Contohnya, untuk mencatat nomor pemesanan yang diberikan oleh pelanggan (opsional);
  10. Tag : Pilih tag transaksi dari kotak pilihan atau Anda dapat membuat tag baru. Tag ini akan memudahkan Anda untuk membaca laporan transaksi yang dikelompokkan berdasarkan tag. Baca Cara Mengelompokkan Transaksi dengan Tag;
    Note:
    Atur tag-tag yang ada melalui menu Daftar Lainnya > Tag.
  11. Gudang: Pilih dari gudang mana produk yang Anda jual. Anda juga dapat membuat gudang baru untuk mengelompokkan produk-produk yang ada di perusahaan Anda;

 

Step 2. Mengisi detil produk


  1. Harga Termasuk Pajak: Geser tombol ini ke kanan jika harga produk yang Anda jual termasuk PPN. 
    Misalkan harga produk Anda adalah Rp 100.000 (sudah termasuk PPN), maka harga satuannya otomatis akan terhitung dengan nilai Rp 90.909,090909 dan nilai pajaknya adalah Rp 9.090,909091
    *fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > centang Termasuk Pajak
    *fitur ini tidak akan berfungsi untuk jenis pajak majemuk.
    Pelajari di sini
    *jika pajak yang Anda pilih bersifat memotong, maka harga yg tertera belum dikurangi pajak pemotongan. Pelajari di sini
  2. Produk: Pilih produk yang dijual dari kotak pilihan. Jika belum ada, ketikkan nama produk untuk menambahnya pada daftar produk;
    *Anda dapat memilih produk lebih dari 1 baris
  3. Deskripsi: Deskripsi akan ditampilkan secara otomatis jika Anda memilih produk dari kotak pilihan. Anda dapat menggantinya jika diperlukan;
  4. Kuantitas: Masukkan jumlah produk yang dijual;
  5. Satuan: Akan muncul secara otomatis sesuai dengan produk yang dipilih;
  6. Harga Satuan: Harga satuan akan ditampilkan sesuai dengan produk yang Anda pilih atau Anda juga dapat mengisinya sesuai kebutuhan;
  7. Kolom Diskon: Masukkan diskon produk bila produk yang Anda jual akan didiskon;
  8. Jumlah: Field ini adalah jumlah perkalian dari kuantitas, harga satuan dan diskon dan akan dijumlah secara otomatis;
  9. Pajak: Pilih pajak yang akan dikenakan untuk setiap produk. Jika belum ada, Anda bisa klik +Add New untuk menambah daftar pajak yang baru. Pajak bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah nominal transaksi dengan mengaturnya pada Daftar Lainnya > Pajak;

 

Step 3. Mengisi informasi tambahan


  1. Pesan: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang Anda catat. Pesan ini akan tercetak pada faktur penjualan Anda;
  2. Memo: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang akan ditampilkan pada laporan penjualan Anda (tidak tercetak pada invoice);
  3. Lampiran: Klik +Tambah Berkas jika ada berkas yang akan dilampirkan;
  4. Diskon: Anda dapat memilih untuk memasukkan nilai atau persentase diskon. Anda juga dapat memasukkan diskon majemuk/gabungan (multi discount). Contoh, pilih % dan ketikkan 50+20 pada field diskon. Persentase diskon yang muncul adalah persentase diskon majemuk yaitu, 60%. Field ini akan muncul jika sudah diaktifkan melalui menu Setting > Tab Produk dan mencentang Diskon;

     

  5. Diskon Per Baris: Masukkan persentase atau nilai diskon yang diberikan. Field ini akan muncul setelah diaktifkan melalui menu Settings> tab Penjualan (jika ada);
  6. Pemotongan: Klik “Masukkan Jumlah Pemotongan”. Kemudian, pilih akun yang menampung pajak pemotongan, contoh: akun PPh 21-Aset Tetap. Masukkan persentase pemotongan pajak;
  7. Uang Muka: Masukkan uang yang dibayarkan dimuka (deposit). Uang muka ini akan memotong jumlah yang ditagihkan ke pelanggan Anda. Jika uang muka yang dimasukkan melebihi jumlah tagihan, maka sisanya akan menjadi kredit memo
    (baca: Guidebook Overpayment);
    *Aktifkan fitur ini melalui menu Settings> Tab Penjualan dan centang Uang Muka

     

 

Step 4. Menyimpan penjualan yang sudah diisi


Jika sudah selesai, Anda akan melihat 2 tombol fungsi di bawah form. Klik “Batal” untuk membatalkan pencatatan penjualan. Untuk menyimpan data penjualan yang baru, klik “Buat Penjualan”; Tombol ini memiliki 2 pilihan yang berbeda jika Anda mengklik tanda panah atas di samping tombol ini.

Jika Anda memilih “Buat Penjualan”, maka setelah transaksi penjualan Anda tercatat, Anda akan langsung diarahkan ke halaman utama menu Penjualan. Jika Anda memilih “Buat & Baru”, Anda akan diarahkan kembali ke halaman untuk mencatat transaksi penjualan yang baru setelah melakukan penyimpanan data penjualan sebelumnya.

Contoh Jurnal Entry


1. Faktur yang produknya tidak dimonitor

2. Faktur yang produknya tidak dimonitor tapi dikenakan pajak

3. Faktur yang produknya dimonitor

4. Faktur yang produknya dimonitor dan dikenakan pajak

Baca juga:

Cara Melunasi Faktur Penjualan

Cara Mengubah dan Menghapus Faktur Penjualan

Kembali ke Sekilas Mengenai Menu Penjualan

Back to Top