Buku Petunjuk

Approval Draft Penagihan Pembelian

Updated at: August 10, 2020
Last updated by: Regina Adella

Formulir draft atas transaksi penagihan pembelian yang telah dibuat akan disetujui atau ditolak oleh Approval Manager (pengguna yang tidak diberi akses "Butuh Persetujuan ..."), sebelum akhirnya menjadi formulir penagihan pembelian yang dapat diproses lebih lanjut.

Note: Pemesanan dan penawaran hanya dapat dibuat oleh pengguna Enterprise
 

Berikut cara menyetujui atau menolak draft penagihan pembelian oleh approval manager:

  1. Buka draft penagihan pembelian yang telah terdaftar pada menu “Pembelian” dalam tab "Membutuhkan Persetujuan" dan klik formulir draft penagihan pembelian yang telah dibuat sebagai berikut;

     
  2. Klik icon "" untuk menyetujui draft penagihan pembelian;

     
  3. Pengguna juga dapat mengubah informasi dalam formulir draft dengan klik "Ubah" di sebelah kanan bawah;

     
  4. Jika sudah selesai mengubah, klik “Ubah Pembelian”;

    Note: Anda dapat membatalkan tindakan dengan menekan “Batal”.
     

  5. Anda dapat menambahkan komentar atas transaksi draft dengan cara klik ikon "";

     
  6. Selanjutnya, akan muncul pop-up dan Anda dapat menambahkan komentar seperti berikut;

    Notes:

    • Komentar berfungsi sebagai interaksi antara manager & user yang butuh persetujuan perihal transaksi tersebut;
    • Panjang komentar maks. 255 karakter, tidak bisa emoji dan juga tidak bisa upload gambar;
    • Komentar tidak dapat diubah dan dihapus;
    • Jumlah komentar yang akan disimpan maks. hanya 50 komentar per transaksi;
    • Komentar hanya bisa di submit ketika transaksi masih tahap draft. Ketika sudah disetujui, maka komentar akan dinonaktifkan.
       
  7. Demikian formulir penagihan pembelian yang terbentuk;

     
  8. Formulir Penagihan Pembelian berupa draft yang telah disetujui otomatis akan berpindah ke tab "Faktur Pembelian".

    Note: Pengguna yang memiliki kewenangan sebagai Approval Manager dapat membuat transaksi pembelian secara langsung tanpa melalui Approval terlebih dahulu.
     

  9. Pengguna dapat melanjutkan proses penagihan pembelian ke Kirim Pembayaran;
  10. Apabila perusahaan ingin melakukan tutup buku pada sistem Jurnal, pengguna akan diberikan pemberitahuan jika masih terdapat draft atas transaksi pembelian yang belum diselesaikan seperti berikut;

     
  11. Anda tetap dapat melakukan tutup buku untuk periode tertentu apabila perusahaan masih memiliki draft transaksi pembelian. Transaksi pembelian yang masih berbentuk draft, secara otomatis tidak dapat disetujui oleh pengguna yang berwenang sebagai Approval Manager jika sudah melakukan tutup buku.

    Note: Pengguna disarankan untuk menyetujui transaksi draft terlebih dahulu atau menghapus transaksi draft apabila transaksi tersebut tidak akan disetujui oleh Approval Manager sebelum dilakukan tutup buku.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai rincian informasi dalam formulir penagihan pembelian melalui link berikut.


 

Baca Juga:

Pengaturan Perusahaan
Pengaturan Pengguna
Buat Draft Penagihan Pembelian
Buat Penagihan Pembelian

Back to Top