Buku Petunjuk

Aktivasi Klikpajak

Updated at: January 14, 2019
Last updated by: Sally

Klikpajak adalah aplikasi tambahan (add-ons) yang dapat membantu Anda dalam melakukan perhitungan pajak tertentu, pengarsipan pembayaran pajak, serta pelaporan pajak melalui sistem e-filing dari Klikpajak.

Anda juga dapat memperoleh beberapa file yang dibutuhkan untuk tujuan perpajakan seperti csv untuk e-faktur, csv untuk e-SPT, serta bukti potong pajak. Format csv hasil export Jurnal telah disesuaikan dengan format impor yang dapat diterima oleh aplikasi e-Faktur dari Direktorat Jenderal Pajak sehingga Anda dapat menghemat waktu dalam menyiapkan dan menginput data ke Aplikasi Pajak.


Selain itu, Anda juga dapat menyimpan Nomor Faktur Pajak yang Anda peroleh dari e-NoFa DJP pada aplikasi Klikpajak, yang akan digunakan secara otomatis oleh sistem ketika membuat hasil export csv.


Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda dapat mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara:

  1. Klik menu “Add-ons > Kunjungi Jurnal App Store”
  2. Klik “Install” pada Add-Ons Klikpajak.
  3. Klik “Install” untuk memverifikasi sekali lagi.
  4. Klik "Izinkan”.
  5. Anda dapat memilih untuk mengekspor file CSV dengan mengklik “CSV Generator”, menghitung pajak dan/atau mengarsipkan pembayaran sampai pelaporan SPT dengan mengklik “Prepare Tax”, dan melihat status pajak dengan serta mengelola pajak yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan mengklik “Tax Manager”.

Setelah aktivasi Klikpajak, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Export CSV PPN Keluaran
  2. Export CSV PPN Masukan
  3. Export CSV PPh23 Pemotong
  4. Export CSV PPh23 Dipotong
  5. Menyimpan Nomor Faktur
Back to Top