Buku Petunjuk

Frequently Asked Questions (FAQ)

Updated at: June 22, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

Fitur

Akun Bank & Perbankan

Mulai & Mengatur (Settings)

Membuat Faktur & Tagihan

Lain-lain - Pajak, Biaya, Umum

Integrasi 


Fitur

  • Apakah Jurnal memiliki bantuan customer support dan berapa biayanya?
    Jurnal menyediakan bantuan berupa:
    Guide Book: berisikan tentang cara penggunaan Jurnal secara detil dan spesifik;
    Video Tutorial: berisikan tentang cara penggunaan Jurnal melalui video;
    Online support: Live chat 24 jam;
    Email: Anda dapat mengirimkan email ke support@jurnal.id jika memerlukan bantuan atau;
    Phone Support: hubungi Kami di (021)29025471 atau 081281974935.

  • Apakah saya dapat mendaftarkan lebih dari satu perusahaan menggunakan 1 user email pemilik?
    Ya. Sistem berlangganan kami adalah per perusahaan, dan tidak menutup kemungkinan untuk 1 user menjadi anggota dari/memiliki beberapa perusahaan.
    Cara menambah daftar perusahaan baru.

  • Apa saja paket berlangganan yang tersedia di Jurnal?
    Kami, Jurnal.id, menyediakan 3 macam paket, dan sistem pembayaran kami berlangganan. Pembayaran dapat melalui kartu kredit dan sistem transfer.

  1. Starter 149rb/bulan
    * Basic Feature : invoicing, monitor utang/piutang, 10+ laporan instan
    * 1 free user
  2. Pro 279rb/bulan
    * Semua yang ada di paket Starter
    * Monitor stok persediaan barang - Inventory
    * Credit Memo
    * Tag transaksi
    * Asset management
    * 3 free users
  3. Enterprise 399rb/bulan
    * Semua yang ada di paket Pro
    * Multi-gudang
    * Multi-currency 
    * Business Process (order/pemesanan + quote/penawaran)
    * Product Bundle
    * 30+ laporan instant
    * 5 free users

    *penambahan user di luar free user akan dikenakan biaya tambahan, hubungi tim support kami di support@jurnal.id

Untuk penjelasan lebih detil mengenai harga paket Kami, Anda dapat melihatnya di https://www.jurnal.id/id/pricing
 

  • Apakah saya bisa merequest demo atau training dari Jurnal?
    Bisa. Anda dapat menghubungi Kami di 021 - 29025471 atau daftar di jnl.io/trainingform.

    *pastikan Anda memperhatikan pilihan hari yang tersedia dan membaca deskripsi di form pelatihan.


Mulai & Mengatur (Settings)

  • Apakah Jurnal dapat melihat dan memiliki data saya?
    Tidak. Data-data yang tercatat di Jurnal hanya dapat dilihat dan dimiliki oleh email pengguna yang terdaftar.
    Prinsip Pengurusan Data Jurnal

  • Apakah data saya tersimpan dengan aman di Jurnal?
    Ya. Jurnal telah memiliki sertifikasi ISO 270001 sehingga setiap data yang Anda masukkan ke Jurnal terjamin keamanan dan kerahasiaannya. Selain itu, sistem keamanan data yang digunakan di Jurnal ada 2, yaitu dengan:

  1. SSL: Mengamankan data Anda yang diakses melalui internet yang dilengkapi dengan HTTPS (sistem untuk transmisi dan menerima informasi dari internet) dan,
  2. Storage Encryption: Menggunakan hardware bernama HMAC yang dapat mengenkripsi semua data yang Anda masukkan ke Jurnal sehingga data Anda tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Sistem Keamanan di Jurnal

  • Apakah staff Jurnal dapat melihat saldo bank dan informasi keuangan saya?
    Privasi adalah hal krusial yang diutamakan oleh Jurnal untuk menjaga kepercayaan para pengguna. Oleh karena itu, setiap pengguna Jurnal hanya dapat mengakses data dengan email pengguna yang terdaftar dan menggunakan kata sandi (password) sehingga data keuangan Anda aman dan terjaga kerahasiaannya dari pihak yang tidak berwenang.
    Prinsip Pengurusan Data Jurnal

  • Apakah saya harus belajar ilmu akuntansi sebelum menggunakan Jurnal?
    Tidak. Aplikasi Jurnal dibuat dan dirancang untuk memudahkan Anda dalam mencatat pembukuan keuangan walaupun Anda belum pernah belajar ilmu akuntansi sekalipun. Selain itu, staff Kami juga dapat memandu Anda dengan Live Chat Online jika Anda memiliki kesulitan dalam mencatat pembukuan keuangan Anda.
    Baca lebih lanjut mengenai cara penggunaan Jurnal

  • Bisakah saya mengubah alamat email?
    Bisa. Anda dapat ke menu Settings > Tab Pengaturan Pengguna dan klik Jadi Pemilik untuk mengganti email login pemilik.
    Pengaturan User

  • Bagaimana sistem pembayaran di Jurnal jika saya ingin berlangganan?
    Jika masa penggunaan Anda habis, Anda perlu melakukan pembayaran supaya Anda tetap dapat menambah dan mengubah data pembukuan Anda. Sistem pembayaran di Jurnal menggunakan transfer atau kartu kredit.
    Sistem pembayaran penggunaan Jurnal

  • Apakah saya bisa mendapatkan data saya kembali jika saya berhenti berlangganan dengan Jurnal?
    Anda dapat mengexpor data Anda sebelum masa berlangganan Anda habis, atau sebelum Anda menghapus dan membatalkan penggunaan Jurnal Anda.
    Back up dan expor data dari Jurnal


Akun Bank & Perbankan

  • Bagaimana cara saya menghapus transaksi?
    Hal itu tergantung tipe transaksi, status transaksi dan role Anda di Jurnal.
    Baca lebih lanjut mengenai Cara menghapus transaksi & Role dan fungsinya

  • Mengapa saldo rekening di bank saya tidak sama dengan saldo yang tercatat di Jurnal?
    Saldo di Jurnal diperoleh dari semua transaksi yang tercatat terhadap akun bank di Jurnal. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mencatat semua transaksi Anda secara detil dan terperinci. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan selisih saldo tersebut yaitu:

  • Ada transaksi yang belum tercatat,
  • Ada transaksi yang tercatat duplikat,
  • Ada transaksi yang tercatat dengan jumlah yang salah,
  • Deposit in transit
  • Cek ditolak

Jika Anda menemukan adanya selisih saldo antara rekening bank Anda dengan catatan rekening di Jurnal, Kami menyarankan Anda untuk melakukan rekonsiliasi.
Cara melakukan rekonsiliasi bank

  • Dapatkah saya mencatat Deposit pada faktur penjualan/pembelian?
    Ya. Deposit (DP) yang diberikan oleh pelanggan atau Anda dapat dicatat dengan fitur Uang Muka yang diaktifkan melalui menu Settings > Tab Penjualan/Pembelian dan centang Uang Muka. Kemudian, masuk ke menu Penjualan/Pembelian dan pada saat membuat faktur, isi field Uang Muka dengan jumlah DP.
    Baca lebih lanjut mengenai cara mencatat DP

  • Bagaimana cara saya melakukan rekonsiliasi di Jurnal?
    Rekonsiliasi dilakukan jika ada selisih saldo antara catatan perusahaan sebagai penambah saldo kas & bank, tetapi belum masuk ke dalam catatan rekening koran. Namun, Kami merekomendasikan untuk selalu melakukan rekonsiliasi tiap minggu/bulan (pokoknya per periode) supaya data di dlm Jurnal tetap akurat.
    Untuk melakukan rekonsiliasi, masuk ke menu Kas & Bank. Kemudian klik “Rekonsiliasi Bank”.
    Baca lebih lanjut mengenai cara melakukan rekonsiliasi bank


Membuat Faktur & Tagihan

  • Mengapa saat submit buat invoice penjualan, keluar error stock is not enough?
    Eror tersebut akan muncul jika Anda akan melakukan penjualan yang akan menyebabkan stok di gudang Anda menjadi negatif/tidak cukup untuk melakukan penjualan tersebut
    Sebagai pengguna multi gudang, jika stok di gudang yang dipilih habis, mungkin Anda dapat mengubah ke gudang lain yang ada stok nya. Jika demikian, Anda disarankan untuk memeriksa pengaturan Anda di menu Setting> Tab Penjualan, apakah Anda mencentang Tolak Penjualan Jika Kekurangan Kuantitas.
    Untuk pengguna multi-gudang (Enterprise), pastikan stok pada gudang yang dipilih pada invoice memiliki stok (gudang kosong = unassigned).

     
  • Bagaimana cara saya menerima pembayaran invoice?
    Anda dapat menerima pembayaran invoice penjualan melalui menu Penjualan. Klik nomor invoice. Klik  “Terima Pembayaran” dan isi form tersebut. Atau klik “Ubah” dan isikan jumlah yang dibayar pada field Uang Muka.
    Cara terima pembayaran

     
  • Mengapa pada saat membuat penjualan kuantitas stoknya bisa minus?
    Hal ini bisa disebabkan karena Anda belum mengatur nya melalui menu Settings > Tab Penjualan > centang Tolak Penjualan Jika Kekurangan Kuantitas dan klik "Ubah".

     
  • Kenapa tidak bisa bikin multiple sales delivery per invoice? saya lagi mencoba buat satu invoice dengan berapa sales delivery, kenapa tidak bisa?
    Untuk membuat beberapa pengiriman/sales delivery, pastikan Anda sudah membuat pemesanan/ sales order terlebih dahulu. Kemudian:
    - Masuk ke halaman Sales Order Anda.
    - Scroll ke bawah dan klik Tindakan > Buat Pengiriman.
    - Anda dapat membuat beberapa kali pengiriman dengan 1 Sales Order yang sama.

    Setelah itu, Anda dapat membuka pengiriman/Sales Delivery Anda dengan:
    - Ke menu Penjualan > Tab Pengiriman Penjualan?
    - Klik nomor pengiriman
    - Scroll ke bawah dan klik “Buat Penagihan”?
    - Pada halaman penagihan, pilih nomor Sales Delivery pada kotak Pengiriman
    Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat panduannya di Buat Penagihan Pengiriman

     
  • Pembagian Komisi Sales atau pemisahan pekerjaan per proyek (beda laporan laba rugi)?
    Untuk mencatat pembagian komisi sales atau pekerjaan per proyek, Anda dapat menggunakan fitur tagging di paket Pro. Untuk mencatat transaksi yang menggunakan tag, Anda dapat melihat panduan di Menggunakan Tag

     
  • Bagaimana cara mencatat stok barang?
    Untuk pencatatan stok barang, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan paket Pro/Enterprise. Kemudian pada saat membuat produk, Anda dapat mencentang Monitor Persediaan Barang. Lihat cara membuat produk.

     

Lain-lain - Pajak, Biaya, Umum

  • Bagaimana cara saya mengexpor data kepada akuntan saya?
    Jurnal dilengkapi dengan fitur expor yang terdapat pada menu Laporan, Produk dan Daftar Akun (Chart of Account) sehingga Anda tidak perlu mencatat secara manual. Data-data tersebut akan diexpor dalam bentuk Excel.
    Baca cara mengexpor laporan, mengexpor produk dan mengexpor daftar akun.

     
  • Apa yang harus saya lakukan untuk mengimpor data saya dari Excel ke Jurnal?
    Jika Anda ingin mengimpor data Anda, pastikan Anda mengunduh template.csv dari Jurnal. Pindahkan data Anda dari file Excel yang lama ke template Jurnal. Jika Anda mengalami masalah pada saat mengimpor, pastikan Anda mengisi template mengikuti format yang disarankan.
    Cara mengimpor data ke Jurnal

     
  • Mengapa muncul error ketika saya membuka template impor yang telah di download di Jurnal, di mana semua kolom tergabung menjadi 1 kolom?
    Jika Anda pengguna Windows, ada kemungkinan hal ini terjadi. File template dari Jurnal memiliki format CSV (Comma Separated Value). Jika settingan Region Anda adalah titik koma (;), maka hal ini bisa terjadi. Oleh karena itu, ubah terlebih dahulu settingan Anda dengan mengikuti panduan berikut.
    Sekilas Mengenai Fitur Impor

     
  • Bagaimana cara mencatat pajak ke dalam invoice?
    Pada saat Anda membuat invoice, pastikan Anda sudah menambahkan daftar pajak dari menu Daftar Lainnya > Pajak. Setelah itu pilih pajak pada invoice. 
    Baca lebih lanjut mengenai cara menambah daftar pajak  dan cara menggunakan pajak dalam transaksi.

     
  • Mengapa pada saat membuat Stok Opname, muncul eror “Mohon refresh atau ganti tanggal”?
    Untuk pengguna fitur multi gudang, hal ini akan terjadi jika:
    • Ketika impor produk, tidak memindahkan produk dari gudang “Unassigned” ke gudang yang dipilih. Baca lebih lanjut mengenai Cara Transfer Gudang.
    • Ketika menginput produk secara manual, tidak mencentang bagian Monitor Persediaan Barang. Baca lebih lanjut mengenai Cara Menambah Produk.
  • Apa metode akuntansi & laporan keuangan yang digunakan Jurnal?
    Metode akuntansi yang digunakan oleh Jurnal adalah metode akrual basis, di mana setiap transaksi yang terjadi dicatat berdasarkan konsep pengakuan yang sesungguhnya.

     
  • Bagaimana cara menggunakan fitur track inventory?
    Untuk menggunakan fitur tracked inventory, Anda harus mengupgrade paket Anda minimal ke Pro (Settings > Tab Tagihan > Klik Upgrade ke Pro (dari Starter)). Kemudian centang Monitor Persediaan Barang pada saat membuat produk baru. Baca lebih lanjut mengenai penggunaannya di Guide Book - Buat Produk.

     
  • Bisakah saya mengubah alamat email untuk login?
    Jika pada saat mendaftar pertama kali email yang Anda daftarkan salah atau tidak sesuai, Anda dapat mengubah alamat email untuk login dengan cara mengundang user baru. Kemudian, klik Jadi Pemilik. Ini akan mengganti Roles dari email baru tersebut sebagai pemilik akun Anda yang baru.

     
  • Saat migrasi awal, apakah yang harus saya lakukan?
    • Menyiapkan data perusahaan seperti Nama, Alamat, Email, Website, Nomor Telepon Perusahaan dan nomor rekening perusahaan.
    • Meyiapkan data laporan keuangan tahun sebelumnya berupa saldo akhir semua akun, dan isi di menu Daftar Akun > Tindakan > Atur Saldo Awal. Pastikan Anda memilih tanggal konversi atau tanggal migrasi awal Anda. Pelajari caranya lebih lanjut.
       
    • Jika Anda mengisi saldo awal piutang dan hutang, dan Anda ingin mengelompokkan saldo tersebut ke beberapa transaksi, maka Anda harus membuat transaksi penjualan (untuk piutang) dan pembelian (untuk hutang) dengan tanggal transaksi sebelum tanggal konversi atau migrasi.
       
    • Untuk saldo akun persediaan, tidak perlu Anda isi. Karena nilai persediaan diisi ketika memasukkan daftar produk lewati import, pastikan Anda mengisi kolom tanggal saldo awal dengan tanggal konversi. Kemudian, isikan juga nilai dan jumlah produk yang Anda miliki. 
      untuk lebih lengkapnya, pelajari di sini.
     

Integrasi


Back to Top