Jurnal Enterpreneur

UKM Didesak Pertanyaan THR Kapan Cair, Begini Solusinya!

Para pemilik usaha di Indonesia sedang dihadapkan dengan masalah bisnis yang cukup serius. Banyak sektor usaha yang mengeluhkan penurunan omzet sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Berbagai cara ditempuh oleh pemilik bisnis agar tetap bisa bertahan di tengah gempuran Covid-19. Belum selesai dengan penurunan omzet akibat pandemi, pemilik usaha atau UKM harus berhadapan dengan pertanyaan dari karyawan: THR kapan cair?

Tunjangan Hari Raya (THR) sendiri adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja menjelang hari raya keagamaan. THR dibayarkan dalam bentuk uang yang nominalnya telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Bagi sebagian besar karyawan atau pekerja, THR adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Kekhawatiran akan pertanyaan THR kapan cair menjadi sangat wajar di tengah terpuruknya kondisi ekonomi pemilik bisnis saat ini. Apalagi tidak mudah menghadapi krisis bagi kebanyakan UKM saat ini. Berikut ini beberapa pilihan solusi yang dapat Anda ambil saat dihadapkan pada situasi bisnis yang sulit.

1. Mengetahui Kondisi Keuangan Bisnis Saat Ini

Hal yang paling utama dalam pertimbangan pemberian THR karyawan adalah dengan mengetahui kondisi keuangan usaha Anda. Apakah keuangan bisnis Anda saat ini sedang stabil?

Salah satu tanda kestabilan bisnis adalah memiliki dana cadangan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Jika memang sekarang omzet penjualan sedang mengalami penurunan, adakah dana cadangan yang bisa digunakan sementara untuk membayarkan THR karyawan? Jika ada, Anda dapat menggunakan dana cadangan bisnis sebagai solusi pembayaran THR karyawan. Namun, jangan lupa untuk jujur dalam menuliskannya pada laporan keuangan bisnis. 

Saat ini adalah kesempatan untuk melihat kembali laporan keuangan bisnis untuk mengetahui kondisi bisnis Anda. Dengan bantuan teknologi, evaluasi laporan keuangan menjadi lebih mudah dilakukan. Apakah Anda sudah pernah mencoba software akuntansi online Jurnal? Fitur yang ada pada Jurnal dapat membantu Anda untuk memantau kondisi keuangan bisnis secara real time kapan saja dan di mana saja. 

Baca juga : Panduan Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal untuk UKM

2. Ketahui Ketentuan Waktu Pencairan THR

Ketahui Ketentuan Waktu Pencairan THR

Jika bisnis Anda mampu untuk membayarkan THR karyawan secara tepat waktu, segera lakukan kewajiban tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kapan waktu pembayaran THR dilakukan? Waktu bayar THR menurut peraturan yang telah ditetapkan adalah paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum lebaran. Waktu ini dipilih dengan pertimbangan agar bisa memberikan waktu kepada karyawan untuk menikmati THRnya bersama keluarga. 

Jika perusahaan mengalami keterlambatan pembayaran THR, akan dikenakan sanksi yaitu denda sebesar 5% dari jumlah THR yang harus dibayarkan. Sedangkan bagi pengusaha yang tidak membayar THR dapat dikenai sanksi administratif hingga penghentian sebagian usaha. Pembayaran denda ini tidak menghapus kewajiban bayar THR karyawan. Perusahaan Anda tetap dibebani kewajiban yang sama, ditambah kewajiban membayar denda.

Yang perlu diingat adalah THR wajib diberikan dalam bentuk uang. Jika perusahaan Anda ingin memberikan kado lebaran atau parcel makanan boleh-boleh saja. Parcel atau kado tersebut tidak boleh mengurangi nilai THR yang berhak diterima oleh karyawan yang bersangkutan. 

3. Bagaimana Jika Tidak Mampu? Bisa Cicil atau Tunda

Pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan telah memberikan kelonggaran bagi perusahaan atau pemilik bisnis yang kesulitan dalam melakukan pembayaran THR. Terbitnya Surat edaran (SE) Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan dalam Masa Pandemi Covid-19 adalah salah satu buktinya. 

Pemerintah telah membagi perusahaan menjadi 3 kategori, yaitu mampu membayar THR, mampu membayar sebagian, dan tidak mampu sama sekali. Bagi pemilik bisnis yang mampu dipersilakan untuk segera menyelesaikan kewajiban pembayaran THR karyawan. Kemudian bagi yang mampu membayar sebagian, terdapat opsi pembayaran THR secara bertahap. Bagi yang tidak mampu sama sekali, dapat dilakukan penundaan sampai jangka waktu yang disepakati. 

Opsi ini bisa dilakukan melalui proses dialog dan pertemuan antara pemilik bisnis UKM dan karyawan yang bersangkutan. Meskipun ada opsi THR dapat dicicil atau ditunda, Kemenaker tetap menegaskan bahwa pemilik bisnis wajib membayarkan THR sesuai peraturan yang berlaku. Jadi dengan begitu, solusi atas pertanyaan THR kapan cair dapat terjawab sesuai dengan kondisi keuangan bisnis UKM Anda saat ini. 

Baca juga : Tips Kelola Arus Kas Perusahaan secara Efisien saat Krisis

Ketahui kondisi keuangan perusahaan secara real-time dengan aplikasi Jurnal. Fitur-fitur yang ada pada Jurnal membantu Anda untuk membuat keputusan dan strategi bisnis yang bertanggung jawab pada data keuangan. Kini, Jurnal bisa dapat diakses melalui smartphone Anda sehingga kapan saja dan di mana saja laporan perkembangan bisnis Anda dapat dipantau dengan mudah. Ketahui tentang produk-produk Jurnal di sini.  Anda juga dapat mencoba gratis Jurnal selama 14 hari. 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo