Jurnal merupakan salah satu produk Mekari yang fokus memberikan solusi untuk masalah keuangan dan bisnis. Dilengkapi dengan berbagai fitur keuangan yang lengkap, mulai dari pembuatan laporan keuangan lebih lengkap, mengelola stok barang, membuat dan mengirim invoice, hingga melakukan rekonsiliasi lebih cepat, membuat pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien.

 

Transformasi Jurnal

transformasi logo jurnal

Setelah menjadi satu kesatuan di dalam Mekari, Jurnal melakukan rebranding dalam segi logo. Di mana, logo Jurnal diambil dari salah satu sisi logo Mekari, yaitu sisi atas. Logo ini dipilih karena sesuai visi misi Jurnal yaitu membantu Anda dan perusahaan di Indonesia untuk berkembang bersama untuk memajukan bisnis di Indonesia. Warna biru yang dipilih Jurnal juga memiliki simbol ketenangan, keyakinan, keseriusan, dan kepercayaan.

Jurnal mendorong Anda tetap tenang menjalani bisnis, namun tetap serius untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jurnal juga memberikan sifat yang aman, di mana Anda tidak perlu khawatir data keuangan Anda dapat dilihat orang lain yang tidak memiliki wewenang. Karena Jurnal telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin data Anda tersimpan dengan aman di dalam Jurnal.

 

Tentang Mekari

Mekari sendiri diambil dari dua kata yaitu Meraki dan Mekar. Dalam Bahasa Yunani, Meraki memiliki arti melakukan sesuatu dengan jiwa, kreativitas, dan cinta. Sedangkan Mekar dalam Bahasa Indonesia memiliki arti tumbuh dan berkembang.

Warna ungu pada logo Mekari dipilih dengan tujuan untuk membangkitkan emosional secara spesifik. Bukan hanya itu, warna ungu dalam psikologi warna biasanya memiliki arti hal-hal yang bersifat keunikan dan inovasi.

Logo Mekari melambangkan bunga yang sedang Mekar dan bintang (stars). Bintang pada logo Mekari sendiri memiliki 6 sudut, sama seperti Mekari yang memiliki 6 values (nilai) di dalam 2 pilar utama, yaitu Respect for People dan Continuous Improvement.

1. Respect for People

Merupakan satu pilar utama Mekari yang menjunjung tinggi rasa hormat terhadap orang lain (rekan kerja, klien, mitra). Di mana, Mekari terus berupaya memberikan yang terbaik, saling menghargai, mencoba memahami, dan juga berempati. Pilar ini merupakan dasar bagi Leadership. Terdapat 3 values di dalam pilar Respect for People yaitu Customer First, Teamwork, dan Think Win-Win.

2. Continuous Improvement

Pilar berikutnya yang sama penting, di mana Mekari hari ini harus lebih baik dari kemarin, besok harus lebih baik daripada hari ini. Ini terkait 3 hal yaitu dalam pola pikir, pengembangan diri, dan hasil pekerjaan kami. Pilar ini merupakan dasar bagi Ownership. Terdapat 3 values di dalam pilar ini, yaitu Highest Standard, Learn & Be Curious, dan Deliver Better.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Mekari beserta nilai-nilai yang ditanamkan di dalam perusahaan. Selain Jurnal, Mekari juga memiliki 3 platform lainnya yaitu Talenta, Sleekr, dan Klikpajak. Lihat transformasi ketiganya di sini dan temukan penjelasan lengkap tentang Mekari di video berikut ini:

Author