Sebuah bisnis memang dapat dijalankan jika melakukan penjualan dan menghasilkan keuntungan. Namun bisnis bukanlah sekadar proses menghasilkan uang. Bisnis juga berbicara mengenai manajemen dan pengelolaan sumber pendapatan tersebut agar menghasilkan keberlanjutan.

Memang terlihat sederhana, akan tetapi didalamnya membutuhkan proses akuntansi yang kompleks. Setidaknya ada 11 tahap akuntansi yang harus dijalankan dalam tiap transaksi dengan data yang tidak sederhana. Terdapat proses analisis, proses pencatatan dan pembuatan neraca saldo, serta pembuatan laporan keuangan lainnya. Tentu saja ini akan menyulitkan dan menyita banyak waktu. Belum lagi dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi, karena kesalahan perhitungan dapat menjalar pada strategi bisnis selanjutnya. 

Sebagai solusi, kini telah tersedia software akuntansi online dengan banyak kemudahan dari proses yang simpel hingga hasil yang lengkap dan memuaskan. Bukan hanya masalah keuntungan, software akuntansi juga berfungsi untuk mengelola utang dan piutang, buku besar, faktur, stok barang, aset perusahaan, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, software akuntansi merupakan perangkat lunak yang krusial bagi jenis bisnis apapun. Karena pembuatan berbagai laporan keuangan dapat dilakukan secara instan. Saat ini banyak sekali vendor yang bermunculan dengan bermacam paket software yang siap digunakan. Oleh karenanya perusahaan harus lebih cermat dalam memilih apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan yang terbaik. Jangan sampai, software yang dibeli malah menimbulkan penyesalan. Biaya pembelian sudah besar, namun software tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Agar tidak terjebak dengan software akuntansi yang salah, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

 

Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Anda

 

1. Pilih Software dengan Fitur Lengkap

Kebutuhan setiap perusahaan untuk software akuntansi tentu berbeda-beda, baik itu perusahaan yang berskala kecil, menengah, hingga besar. Mulai dari perhitungan sederhana hingga yang sangat kompleks.

Fitur Wajib yang Harus Dimiliki Software Akuntansi

Laporan keuangan lengkapLaporan Keuangan Lengkap
mulai dari Neraca, Laba-Rugi, Perubahan Modal, Arus Kas, dan sebagainya.
Invoice gratis jurnalInvoicing
membuat faktur, mengirim, dan membuat faktur berulang atau terjadwal.
hitung pajak otomatis di jurnalPerhitungan Pajak
mencatat transaksi beserta pajak yang akan dikenakan, seperti PPh 23, PPh 4(2), dan sebagainya.
stok barang di jurnalStok Barang
memonitor dan mengelola stok barang, hingga mengingatkan ketika stok akan segera habis.
Jurnal berbasis cloudBerbasis Cloud
yang membantu memonitor laporan keuangan secara real-time dan akurat.
kelola aset perusahaan di jurnalAset Perusahaan
mencatat aset dan menghitung nilai penyusutan aset perusahaan.
rekonsiliasi otomatis di JurnalRekonsilasi Otomatis
tidak perlu lagi menyamakan transaksi bisnis dan bank secara manual.
kelola biaya dan pengeluaran di jurnalManajemen Biaya
membantu mengontrol pengeluaran dan membuat anggaran keuangan.
Proses penjualan dengan JurnalProses Penjualan
membantu proses penjualan mulai dari penawaran, pemesanan, penagihan, hingga pengiriman barang.

 

2. Customize Sesuai Keinginan

Rata-rata software akuntansi memang memiliki berbagai fitur yang terbilang lengkap. Tentu saja dengan harga yang disesuaikan, dan itu cukup mahal. Padahal tidak semua fitur akan cocok digunakan pada bisnis Anda. Jenis bisnis yang berbeda membutuhkan fitur yang berbeda pula. Jangan samakan software akuntansi di perusahaan jasa dengan perusahaan manufaktur, dan lain sebagainya. Namun, jangan pula membeli software yang sangat murah. Karena kelengkapannya tidak dijamin dan tidak mengakomodasi kebutuhan bisnis secara menyeluruh. Pilihlah software akuntansi yang benar-benar bisa di-customize sesuai dengan atau bisnis Anda.

3. Sistem Terintegrasi

Integrasi membantu Anda untuk menghubungkan software akuntansi yang digunakan dengan aplikasi lain yang berkaitan. Integrasi akan menggabungkan banyak fungsi bisnis ke dalam satu sistem sehingga proses pengelolaan lebih simpel dan mudah. Selain itu, tentu masih ada keuntungan lainnya yang bisa didapatkan, antara lain:

Keuntungan Memilih Software yang Terintegrasi

 

4. Keamanan Data

Data keuangan merupakan informasi paling krusial yang mengendalikan seluruh aktivitas finansial perusahaan dan merupakan sasaran empuk para peretas. Pelanggaran yang melibatkan data keuangan membuat dampak yang sangat serius. Kerugiannya bukan main-main. Tidak hanya akan merusak reputasi Anda, kehilangan pihak yang bekerja sama dengan Anda tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan hukum terhadap Anda. Itulah mengapa software akuntansi dengan keamanan data yang terbaik dan terjamin menjadi prioritas pilihan. Karena ini yang akan membantu untuk menjalin kepercayaan dan membuktikan bahwa Anda menjaga data pihak-pihak yang bekerja sama dengan Anda. 

5. Customer Support

Mengapa customer support menjadi sesuatu yang sangat penting? Karena urusan tidak serta merta selesai setelah Anda berhasil menentukan software akuntansi yang sesuai dan membelinya. Sewaktu-waktu Anda pun membutuhkan bantuan, terutama saat pengimplementasian atau saat terjadi sebuah masalah. Dan customer support selalu berada pada garda terdepan saat konsumen membutuhkan. Customer support akan memberikan bantuan berupa:

  • Memberi informasi lengkap seputar software.
  • Membantu ketika terjadi error atau kesulitan.
  • Menjawab berbagai pertanyaan dan memberikan solusi.
  • Wadah konsultasi yang menampung segala keluhan konsumen

Pastikan untuk memilih software dengan customer support terbaik yang setidaknya mempunyai layanan live chat, telepon, e-mail dan memberikan tutorial penggunaan lengkap. 

6. Perhatikan Biaya Tambahan

Jangan sampai terjebak software dengan harga murah. Vendor seringkali menggunakan strategi harga murah untuk menjaring konsumen. Namun ternyata fitur yang diberikan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain itu ada biaya tambahan tersembunyi untuk melakukan update software dan perawatan lainnya seperti biaya implementasi, biaya training, biaya tambahan per user, dan masih banyak lagi.

 

Itulah beberapa tips dan hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin memilih software akuntansi terbaik yang dapat membantu bisnis Anda lebih produktif. Jurnal adalah salah satu software akuntansi yang memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengelola keuangan dan membuat pembukuan bisnis lebih mudah dan akurat. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa Jurnal bisa menjadi software akuntansi pilihan Anda.

 

6 Alasan Jurnal Menjadi Software Akuntansi Online Terbaik

Memiliki fitur lengkapJurnal memiliki fitur lengkap

Jurnal memiliki seluruh fitur penting dalam software akuntansi, juga dilengkapi fitur tambahan seperti template invoice, rekonsiliasi, pembayaran, dan lainnya. Dapat disimpulkan Jurnal merupakan software dengan fitur terlengkap dan cocok digunakan bisnis apapun.

Customize sesuai kebutuhanJurnal dapat di custom sesuai kebutuhan bisnis

Anda dapat memilih berbagai paket sesuai kebutuhan dengan harga yang dapat disesuaikan. Anda dapat meng-upgrade paket yang digunakan tanpa perlu mengganti aplikasi kapan pun dibutuhkan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang memang tidak diperlukan.

Terintegrasi dengan software lainJurnal terintegrasi dengan software

Perusahaan dapat mengintegrasikan software milik sendiri atau software yang lainnya secara langsung untuk mengimplementasikan fungsi dan fitur yang ada pada Jurnal, setidaknya ada 14 software  yang terintegrasi dengan Jurnal. 

Sistem keamanan setara bankJurnal tersertifikasi ISO 27001

Jurnal telah tersertifikasi ISO/IEC 27001 yang menjamin keamanan dan kerahasiaan semua data di dalam sistem yang sesuai standar internasional. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir data bisnis dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Customer Support yang Siap Melayani support dari Jurnal

Jurnal menyediakan pilihan support yang dapat dimanfaatkan, mulai dari guidebook yang menyediakan cara penggunaan secara detail dan spesifik. Dibantu dengan online support, e-mail, dan phone support yang siap memberikan solusi kapan saja dan di mana saja.

Tanpa Biaya TambahanTanpa Biaya Tambahan

Selain memberikan fitur lengkap dan dapat disesuaikan kebutuhan, Jurnal juga memberikan training secara gratis tiap minggunya, juga implementasi software secara gratis. Sehingga, Anda tidak perlu bingung lagi melakukan migrasi data Anda dari sistem lama ke Jurnal.

Tertarik menggunakan Jurnal dan siap bertransformasi ke sistem pembukuan online? Segera daftarkan perusahaan Anda di Jurnal sekarang dan dapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis Anda kapan dan di mana saja! Coba gratis Jurnal sekarang!