Jurnal Enterpreneur

Tips Peluang Bisnis Batik dengan Paduan Unsur Modern

Batik merupakan ciri khas budaya bangsa kita. Kehadirannya tidak hanya sebatas kain tradisional tapi menjadi simbol kekayaan adat dan budaya Indonesia yang diakui dunia internasional. Baju Batik sendiri kini tak dipandang lagi sebagai pakaian yang hanya cocok dikenakan oleh orang tua. Karena batik kini telah sangat merakyat dan dipakai oleh segala usia, bahkan menjadi tren anak muda saat ini. Belakangan para Desainer mengembangan rancangan batik dengan bahan dan motif batik yang modern dan unik. Inilah yang membuka celah pasar untuk Anda turut mengambil peluang bisnis baju batik dengan konsep yang berbeda.

Dengan adanya batik khas dari daerah masing-masing, maka ini merupakan kesempatan besar untuk Anda mengangkatnya sebagai objek bisnis yang cukup menarik. Apa lagi kini baju batik modern juga telah merambah ke berbagai ranah daerah. Mengoptimalkan potensi batik, tentu merupakan sebuah langkah untuk mengenalkan daerah sendiri di mata dunia dengan mencari pasaran yang lebih luas Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin menjalani bisnis batik dengan konsep yang modern.

1. Padukan unsur desain klasik batik

Perpaduan desain klasik batik dan unsur modern mampu menciptakan tatanan busana yang cantik dan elegan. Apalagi pilihan motif batik kini lebih variatif. Begitu pula dengan model dan ukurannya. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera sendiri.

2. Kembangkan budaya batik daerah

Varian baju batik modern yang cukup banyak seolah memberikan harapan besar untuk menguasai luasnya pasar di dunia maya. Batik sarimbit, batik motif bola, rok batik, dan lain-lain, tentunya punya pangsa pasar yang cukup bagus dengan menyasar mereka para jiwa muda yang bangga dengan budaya negara sendiri. Anda dapat mengembangkan budaya batik dari setiap daerah masing-masing.

3. Ikuti tren busana batik

Bila Anda perhatikan tren fashion batik, Anda akan temukan kalau busana batik yg ada sekarang ini jauh sekali dari kesan kaku, tua, & kolot. Batik sebenarnya baju resmi, akan tetapi dari tangan beberapa perancang baju, baju etnik ini juga bisa menjadi begitu modis, trendi dan semakin modern.

4. Gabungkan budaya batik tiap daerah

Banyak berjumpa dengan karakter perajin dan artisan batik yang berbeda-beda di setiap daerah. Banyak belajar dari perajin daerah lain, seperti perajin dari Pekalongan dan Madura. Anda bisa kolaborasikan dua budaya batik tersebut untuk menciptakan motif-motif batik yang baru.

Memutuskan untuk memasuki dunia bisnis mewajibkan Anda untuk memiliki ide yang kreatif, aktif dan selalu mampu berinovasi. Setiap jenis-jenis bisnis tentunya setiap zamannya selalu berkembang. Begitu juga dengan bisnis batik. Peluang bisnis batik dengan mengusung konsep modern dapat menjadi hal yang baru.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo