Tips Meraih Profit Dalam Bisnis Investasi Saham

Saham merupakan salah satu dari sekian banyak instrumen bisnis atau investasi yang bisa memberikan hasil pertumbuhan yang cukup besar serta sangat menguntungkan. Selain memiliki keuntungan yang besar, bermain investasi saham pun bisa menimbulkan kerugian yang besar jika Anda tidak bisa menerapkan strategi dengan baik. Oleh karenanya sebelum memutuskan untuk bermain saham sangatlah penting untuk mengetahui cara bermain saham dan mengevaluasi apakah Anda bersedia mengambil risiko yang sepadan untuk keuntungan yang sepadan.

Saham bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang terbaik saat ini. Dalam berinvestasi saham memang diperlukan keahlian dan juga analisa yang baik, hal tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Agar investasi Anda dapat memberikan hasil yang memuaskan, Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mulai untuk berinvestasi saham:

1. Amati Perkembangan Ekonomi

Saham merupakan sebuah produk investasi yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi. Saat ekonomi tumbuh dengan baik maka inilah waktu yang tepat untuk berinvetasi sebaliknya bila pertumbuhan ekonomi sedang menurun maka itu adalah saatnya Anda untuk keluar dari pasar, kecuali Anda sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Oleh karena itu Anda harus selalu update terhadap berita-berita ekonomi. Ini juga akan bermanfaat untuk Anda ketika ada perkembangan ekonomi yang signifikan.

2. Pelajari Dasar Investasi Saham

Perdalam terlebih dahulu pengetahuan Anda tentang investasi saham. Tanpa memahami dasar-dasar investasi saham, bisa menyebabkan Anda mengalami kerugian besar. Jika pengetahuan terkait dasar-dasar investasi pasar saham Anda masih terbatas, maka jangan ragu untuk membeli buku-buku untuk pemula yang ditulis oleh Investor-Investor terkemuka. Memahami dasar dari investasi saham akan memudahkan Anda mengambil langkah dalam bisnis saham.

3. Pelajari Kondisi Perusahaan

Sebelum Anda membeli saham, Anda harus pelajari analisa fundamental sederhana tentang kondisi perusahaan saham yang akan Anda pilih. Lakukan monitoring pada berita-berita terkait perusahaan tersebut. Tujuan memonitoring disini adalah untuk melihat kondisi perusahaan tersebut apakah perusahaan itu berkembang dengan sehat dan menuai untung atau sebaliknya. Jadi Anda tidak akan rugi ketika akan mulai berinvestasi saham.

4. Lakukan Analisa Sendiri

Jangan mengandalkan saham-saham yang dipilihkan oleh orang lain tanpa Anda analisa sendiri terkait kondisi pasar saham terkini. Anda dapat Lakukan sendiri analisa teknikal dan penilaian performa saham untuk memastikan saham-saham yang Anda beli memenuhi kriteria dan akan mendukung pencapaian target Anda. karena saham pilihan Investor atau Analis terkemuka bisa jadi cocok untuk mereka, tetapi belum tentu cocok untuk Anda. Dengan melakukan analisa sendiri, Anda juga akan lebih paham saham Anda dan tempat Anda berinvestasi. Sehingga Anda akan lebih berhati-hati mengelola saham tersebut.

5. Belajar Menahan Diri

Jangan tergesa-gesa dalam berinvestasi karena peluang investasi terbaik adalah ketika Anda bisa menahan diri untuk hasil yang maksimal. Strategi ini digunakan ketika anda memiliki saham dan menyimpannya hingga waktu yang tepat untuk menjual saham tersebut. Anda dapat menyimpan saham yang dimiliki dan dijual ketika saham tersebut mengalami peningkatan harga. Di saat yang tepat, saham Anda bisa bernilai lebih jika Anda menahan diri.

Apabila Anda serius ingin terjun menjadi Investor saham, Anda harus jeli, tekun dan bersabar. Banyak beberapa investor tidak bijak dan menganggap remeh sehingga gagal ketika berinvestasi saham. Walaupun keuntungan yang didapatkan tergolong sangat besar namun seperti halnya investasi lain, tidak ada jaminan apapun bahwa seseorang bisa menangguk untung. Untuk itulah sebelum mulai berinvestasi saham ada baiknya Anda memperhatikan 5 tips di atas, semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel telah diedit dan mendapat revisi.


PUBLISHED20 Dec 2019
Simon Iqbal Fahlevi
Simon Iqbal Fahlevi


Kategori : Investasi