Masalah keuangan atau kebangkrutan usaha adalah suatu momok yang menakutkan yang tentu sangat tidak diharapkan oleh semua orang terutama oleh pelaku usaha.Namun dalam dunia usaha, hal ini wajar terjadi. Hal ini bisa terjadi tidak hanya pada pengusaha kecil saja namun juga pada pengusaha yang sudah sangat besar sekalipun. Untuk itu hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan cara untuk menghadapi situasi sulit ini. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda praktekkan untuk mencegah kebangkrutan dalam berbisnis.

1. Tinjau keuangan perusahaan secara teratur

Buatlah laporan berkala yang bersifat objektif tentang keuangan perusahaan Anda. Yang terbaik adalah membuat laporan keuangan sekali per-kuartal. Perhatikan keuangan Anda dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan untuk jangka waktu yang sama dari tahun ke tahun. Dengan memperhatikan bagaimana penjualan, marjin keuntungan, dan perubahan pertumbuhan dalam jangka waktu tertentu akan memberikan gambaran ke mana arah bisnis Anda.

2. Waspadai perputaran piutang yang rendah

Dalam bisnis, rendahnya perputaran piutang usaha dapat membunuh bisnis karena mengikat uang tunai dalam faktur yang belum dibayar oleh debitur. Untuk menghitung perputaran piutang usaha lakukan dengan membagi total penjualan kredit neto dengan piutang rata-rata. Kemudian bandingkan hasilnya dengan kuartal sebelumnya. Jika piutang tersebut lebih rendah dari sebelumnya, maka itu pertanda keuntungan perusahaan Anda kurang sehat.

3. Membuat Penyimpanan Pemasukkan yang Berbeda

Pisahkanlah uang pribadi dengan uang hasil bisnis anda. Hal ini memang terasa sangat sepele apalagi jika para pebisnis memulainya usahanya sendiri dan langsung menggantungkan seluruh kebutuhannya dari keuntungan usahanya sehingga secara tidak sadar uang yang seharunya bisa berputar ternyata habis tidak jelas karena digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Gunakan Aplikasi Pembukuan

Untuk mempermudah dalam melakukan proses pembukuan, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan seperti Jurnal. Software akuntansi Jurnal memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan secara akurat dan tepat. Tidak ada lagi kesalahan dalam penghitungan keuangan bisnis yang dapat merugikan perusahaan, karena hilangnya uang yang tidak terinput secara benar.

5. Perekrutan Sumber Daya Manusia yang Tepat

Anda harus mengenal siapa saja karyawan yang Anda pekerjakan. Ketahui keahliannya dan tempatkan sesuai dengan kemampuannya. Sehingga tak ada penempatan yang salah. Anda harus bisa mengarahkan dan membimbing karyawan sehingga kondisi kerja menjadi terkontrol dengan baik agar terhindar dari kebangkrutan dan kegagalan pada usaha Anda.

Kebangkrutan bukanlah takdir, melainkan sebuah tanda yang mengisyaratkan bahwa Anda harus selalu menerapkan inovasi dan teknik manajemen perusahaan yang terorganisir dan tertata dengan cara yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat!