Melakukan pengaturan keuangan yang efektif untuk usaha Anda akan tampak mudah pada awalnya. Tantangan sebenarnya adakah ketika bisnis mulai bertumbuh dan klien baru mulai berdatangan. Mengevaluasi struktur bisnis adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan untuk mempertahankan pengeluaran tetap terorganisir lalu diperlukan untuk membuat rekening yang berbeda untuk keuangan pribadi dan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diambil untuk mengatur keuangan usaha Anda secara efisien:

  1. Pertimbangkan bentuk bisnis
    Saat awal membuka bisnis, mungkin hanya dalam bentuk pendiri tunggal atau partnership dengan seorang rekan. Saat bisnis mulai bertumbuh dan menghasilkan keuntungan, pertimbangkan untuk membuat usaha Anda memiliki badan hukum. Memiliki badan hukum akan memudahkan Anda dalam membuka rekening bank, menghemat uang melalui perlindungan pajak dan dari risiko finasial lainnnya.

  2. Pisahkan Rekening Pribadi dan Rekening Perusahaan
    Memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnisadalah suatu hal wajib jika ingin bisnis Anda bebadan hukum. Pemisahan rekening akan membantu keuangan Anda tetap teratur, memudahkan perhitungan pajak dan membantu Anda melacak catatan keuangan secara lebih akurat, dan hal ini juga akan bermanfaat saat Anda ingin melakukan valuasi nilai bisnis Anda.

  3. Buat Janji dengan Akuntan Professional
    Apapun jenis Bisnis anda, pajak dapat menjadi tricky untuk siapapun. Mintalah bantuan pada akuntan professional untuk menilai bagaimana situasi pajak Anda di tahun kemarin dan perkiraan untuk pajak yang harus dikeluarkan di tahun berikutnya sehingga Anda dapat bebas dari denda. Akuntan professional juga dapat membantu Anda untuk menghindari membayar pajak secara berlebihan. Sebelum bertemu dengan seorang akuntan, pastikan Anda telah mengumpulkan segala catatan pengeluaran dan pemasukan Anda.

  4. Berinvestasi di Software Akuntansi
    Pertimbangkan untuk berinvestasi pada software akuntansi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda sebagai pengusaha. Menggunakan software dapat membantu Anda menghemat waktu dengan fungsi untuk melacak informasi penting terkait pendapatan, pengeluaran , pembuatan invoice, dan detail catatan profil bisnis baik dengan customer maupun vendor. Pertimbangkan untuk memilih software yang mobile friendly dan berbasiskan cloud, sehingga bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun.

Pengaturan keuangan yang efektif untuk bisnis anda relatif sederhana jika Anda dapat melacak setiap arus transaksi, terutama pada tahap awal bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda merencanakan strategi bisnis, membuat kesempatan baru untuk investasi, menambah pendapatan potential bisnis serta memastikan kelangsungan hidup bisnis Anda.

Read More: Kesalahan Finansial Yang Harus Dihindari Entrepreneur

Salah satu penyedia layanan akuntansi cloud di Indonesia adalah Jurnal.id. Untuk membantu para pengusaha, Jurnal telah menciptakan platform akuntansi online berbasiskan cloud yang dapat dicoba gratis selama 30 hari di sini. Platform akuntansi Jurnal.id dapat membantu para pengusaha untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Jurnal antara lain:

  1. Menjalani bisnis kapanpun dan dimanapun
  2. Membuat faktur penjualan,pesanan pembelian, dan surat Jalan secara otomatis
  3. Menyiapkan laporan keuangan instan hanya dengan 1-klik.