Pesatnya perkembangan zaman kini membuat tumbuhnya berbagai macam bisnis. Salah satunya adalah bisnis event organizer. Bisnis kreatif yang satu ini merupakan jasa yang menggelar atau menjalankan suatu acara. Biasanya, jasa event organizer digunakan pada acara musik, seminar, hingga pernikahan menggunakan jasa mereka.

Keberadaan event organizer tentu sangat membantu klien yang ingin mengadakan acara namun tidak mempunyai waktu serta sumber daya yang memadai. Event Organizer akan membuat acara Anda berjalan lebih baik dan lancar, karena mereka sudah memiliki pengalaman serta crew yang membantu berjalannya acara, sehingga acara akan berjalan lebih mudah dibanding jika Anda harus mengerjakan segalanya sendiri.

Mendirikan bisnis ini tentu tidaklah mudah. Anda harus memulai dari event kecil terlebih dahulu, agar kemudian bisa menangani event yang lebih besar. Sebelum menggunakan jasa bisnis Anda, klien pasti ingin melihat portofolio acara yang sudah pernah Anda selenggarakan sebelumnya. Jika acara sebelumnya sukses, kesempatan Anda untuk dipilih menjadi event organizer pun akan lebih besar.

Jika Anda ingin bergelut dalam bisnis kreatif yang satu ini, simak tips berikut dari Moneysmart yang bisa Anda ikuti untuk mendirikan bisnis event organizer yang sukses.

1. Menyebarkan Hal Positif Lewat Event

Tips Mendirikan Bisnis Event Organizer yang Perlu Anda Ketahui Saat menggelar sebuah acara, jangan hanya fokus pada keuntungan saja. Mungkin Anda bisa mengadakan penggalangan dana atau amal dalam acara Anda. Biasanya, acara yang mengadakan penggalangan dana akan ramai peminat. Namun, tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan di acara tertentu, seperti acara hiburan atau seminar.

Dengan begitu, selain sukses, acara yang Anda selenggarakan akan mendapat manfaat terhadap orang lain yang sedang membutuhkan. Bantuan ini bisa disalurkan ke komunitas yang membutuhkan, atau juga untuk korban bencana alam.

2. Bangun Relasi Dengan Klien

Tips Mendirikan Bisnis Event Organizer yang Perlu Anda Ketahui

Untuk menggelar acara dengan skala besar, pasti dibutuhkan biaya yang besar untuk mengundang figur dengan nama yang cukup dikenal oleh orang banyak. Disinilah Anda bisa memanfaatkan network yang Anda miliki. Lewat relasi yang dimiliki, Anda bisa mendapat dukungan dana seperti sponsor dari berbagai kalangan.

Maka dari itu, cobalah bangun relasi terhadap klien. Jika Anda menggelar acara yang sukses, tentu klien akan percaya dengan Anda. Dengan adanya kepercayaan, pasti klien tak segan untuk membantu Anda dalam menjalankan acara. Selain itu, jika klien puas dengan acara yang Anda selenggarakan, mereka juga pasti akan memberitahu relasinya yang lain tentang event organizer milik Anda, dan bisa menjadi peluang baru untuk Anda.

3. Mencari Sponsor Untuk Acara

Tips Mendirikan Bisnis Event Organizer yang Perlu Anda KetahuiSponsor berperan penting dalam acara Anda. Tanpa sponsor, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar agar acara berjalan dengan sukses. Sponsor bisa Anda cari lewat relasi yang Anda punya. Jika memiliki banyak relasi, biasanya mereka memiliki bisnis atau mengenal seseorang di perusahaan tertentu yang bisa memberikan anda sponsor. Dengan sumber daya yang terbatas, Anda pasti akan terbantu dengan adanya sponsor.

Tentu Anda perlu mengingat bahwa ini adalah hubungan sponsorship, sehingga Anda perlu memberikan profit untuk pemberi sponsor. Tanpa profit, pasti si pemberi sponsor merasa kurang yakin untuk menginvestasikan uangnya pada event organizer Anda.

Sistem sponsorship ini tidak hanya berlaku untuk pengusaha atau perusahaan. Anda juga bisa menjalin sponsorship dengan berbagai vendor, seperti vendor sound system, panggung, hingga lighting yang tentunya dibutuhkan untuk mensukseskan acara yang Anda gelar.

4. Tingkatkan Kesadaran Terhadap Keadaan Sosial

Tips Mendirikan Bisnis Event Organizer yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu kiat sukses yang perlu diterapkan yaitu event organizer harus peka terhadap keadaan sosial sekitar. Selain mencari keuntungan lewat menggelar event, Anda juga bisa memberikan dampak yang positif bagi orang sekitar. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan tentunya lewat penggalangan dana, seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Saat Anda melakukan penggalangan dana, pastikan uang amal yang sudah terkumpul disalurkan ke pihak yang memang membutuhkan. Dengan memiliki kesadaran sosial, secara tidak langsung Anda membuat orang lain percaya kepada bisnis event organizer Anda, dan tak segan untuk menggunakan jasa Anda.

5. Fokus Sebagai Event Organizer

Tips Mendirikan Bisnis Event Organizer yang Perlu Anda KetahuiTerakhir, agar bisnis event organizer Anda sukses dan bisa menyelenggarakan acara dengan skala yang besar, yaitu Anda harus fokus terhadap tujuan awal sebagai event organizer. Jika suatu saat Anda gagal dalam mengadakan acara, jangan mudah menyerah dan cobalah untuk fokus mengejar tujuan Anda. Terus cari ide-ide baru hingga berhasil. Dengan berinovasi, tentunya Anda akan semakin mengembangkan bisnis event organizer Anda. Memperluas jaringan dan memperbarui konsep acara akan membuat event organizer anda dikenal sebagai sesuatu yang berbeda. Maka pelangganpun akan selalu senang dengan jasa Anda.

Mendapat penolakan dari investor di awal-awal merupakan hal yang wajar. Dari penolakan tersebut, Anda bisa melakukan introspeksi terhadap konsep acara yang Anda buat, agar menjadi lebih baik.

Berikut merupakan tips untuk mendirikan bisnis event organizer. Selain 5 tips tersebut, Anda juga harus memastikan beberapa hal mendasar dalam bisnis yang harus dipenuhi. Diantaranya yaitu memiliki tim yang solid, berpengalaman, mencari ide ide baru, serta manajemen yang baik, maupun itu antar karyawan atau manajemen keuangan.

Untuk melakukan manajemen keuangan yang baik, Anda bisa menggunakan Jurnal sebagai software akuntansi yang bisa mempermudah urusan keuangan bisnis Anda. Dengan berbagai fitur yang mudah untuk digunakan, Anda bisa mengatur keuangan bisnis Anda dengan mudah. Lewat sistem berbasis cloud, Anda bisa mengakses Jurnal kapan saja dan dimana saja. Fitur-fitur lain seperti pembuatan laporan keuangan instan, pembuatan faktur, hingga pencatatan biaya bisa Anda lihat secara lengkap di sini.

Artikel telah diedit dan mendapat revisi.