Banyak pebisnis yang gagal karena memulai usaha tampa perencanaan dan ide bisnis yang matang. Sehingga usaha yang sedang dikembangkan akhirnya harus gulung tikar lebih cepat. Bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan rencana bisnis yang lebih komplit lebih memiliki peluang keberhasilan yang lebih besar. Menilik bisnis kreatif ternyata tidak sulit asal mau belajar, banyak entrepreneur yang masih berusia muda namun sudah sukses menjalankan bisnisnya.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu Anda lakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Semakin jeli Anda bisa membaca situasi akan semakin mudah untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Berikut beberapa tips bagi anak muda yang ingin mendirikan bisnis yang kreatif dan inovatif.

1. melakukan riset produk dan bisnis

Pastikan produk atau bisnis yang akan Anda kembangkan mendapat ‘tempat’ di pasaran. Untuk itu Ada harus melakukan riset produk yang akan dijual terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasinya melalui media internet. Anda juga bisa memadukan beberapa produk atau bisnis yang sudah ada serta mengembangkannya kembali menjadi sebuah bisnis baru yang lebih inovatif. Selain dari internet, Anda juga bisa mencoba metode lain dengan melakukan kuisioner langsung ke pasar. Atau bahkan melakukan perbandingan antara produk Anda dan produk kompetitor.

2. Belajar Dari kesuksesan Bisnis Orang Lain

Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Dengan mengetahui keunggulannya, anda bisa membangun bisnis baru yang serupa namun dengan beberapa nilai lebih dengan bisnis aslinya. Mempelajari trik dari bisnis orang lain yang sudah sukses akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah bisnis Anda. Selain itu, belajar dari kegagalan bisnis orang lain juga bisa dilakukan agar terhindar dari masalah.

3. Memunculkan Ide Kreatif

Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak (out of the box thinking). Jadi Anda harus memikirkan sebuah ide baru yang belum terpikirkan oleh orang lain. Contoh dari hal ini kadang bisa muncul dari hal sepele seperti keseharian kita atau bahkan hal yang sering terjadi di dalam hidup kita sehari-hari.

4. Belajar dari permasalahan bisnis orang lain

Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang didapat oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan. komplain bisa dianalisa dengan tepat, tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran.

“Every problem has a solution. you just have to be creative enough to find it.” -Travis Kalanick, Co-Founder of Uber-

Banyak pengusaha muda sekarang yang memilih usaha dengan menggunakan kreatifitasnya yaitu dengan menggunakan barang yang sudah tidak digunakan sehingga tidak harus mengeluarkan banyak modal. Mungkin beberapa tips diatas dapat memberikan masukan kepada Anda, khususnya anak muda yang ingin mengembangkan kreatifitasnya ke dalam bidang bisnis.

Artikel telah diedit dan mendapat revisi.