Para pelaku pemasaran di abad ini mengerti bahwa konten video adalah salah satu komponen penting dari usaha branding dan pemasaran produk bisnis. Hal ini dikuatkan dengan hasil dari berbagai penelitian yang meneliti terkait hal tersebut. Rata-rata suatu bisnis menerbitkan delapan belas konten video pemasaran setiap bulan. Dan konten tersebut disambut baik oleh konsumen atau pelanggan. Sekitar 85% konsumen mengatakan mereka lebih tertarik melihat suatu brand dari suatu konten video.

Sekarang ini, berbagai saluran atau kanal yang tersedia untuk pemasaran konten video terus berkembang. Sehingga pembuatan dan publikasi video untuk kegiatan branding akan semakin efektif. Hal ini juga berpengaruh secara signifikan jika Anda merancang visi dan misi terkait usaha branding  video dan pemasaran bisnis secara jelas. Tidak cukup hanya memilih dan membuat satu konsep konten video sebagai media pemasaran bisnis. Anda perlu membuat berbagai konsep video yang akan berkontribusi pada target pemasaran bisnis Anda dengan cara yang berbeda.

Salah satu pertimbangan terpenting saat membuat konten video adalah gaya video yang Anda pilih untuk diproduksi. Kemudian hal tersebutkan diintegrasikan dengan strategi dan tujuan pemasaran Anda. Misalnya, sebagai langkah awal Anda memerlukan video yang menghibur untuk menarik pelanggan. Kemudian mungkin Anda bisa membuat konten video yang lebih berat untuk mengedukasi pelanggan. Hal ini dilakukan dengan tujuan  menarik minat mereka lebih dalam untuk mengenal dan membeli produk bisnis Anda.

Jika Anda tidak yakin dengan bentuk konten video seperti apa yang cocok dan membantu mencapai target pemasaran bisnis Anda, berikut adalah empat jenis gaya atau bentuk video yang bisa Anda pilih:

Video Tutorial

Saat pertama kali menampilkan brand, Anda perlu menjelaskan fungsi utama dan bagaimana Anda memberikan nilai pada produk dalam konten video. Misalnya, ketika menjelaskan fitur produk baru, jelaskan hal tersebut secara simpel dan informatif. Dengan durasi video sekitar 1-2 menit, itu bisa membuat pelanggan mudah untuk menerima informasi yang disampaikan.

Video tutorial menjadi alat pemasaran yang efektif. Ini dikarenakan video tutorial lebih terlihat sederhana, informatif, dan edukatif. Bentuk video ini juga terkesan ramah-SEO (Search Engine Optimization) sehingga diharapkan bisa lebih menjaring pelanggan lebih luas lagi. Poin penting dalam membuat video tutorial adalah cukup fokuskan maksimal 1-3 poin penjelasan per video tutorial. Jangan sampai video tutorial Anda memberikan informasi yang terlalu melebar sehingga membuat konsumen atau pelanggan tidak tertarik untuk menonton video Anda.

Video Wawancara

Sebagai alternatif konten video lain, video wawancara dapat berfungsi sebagai alat branding yang efektif. Video wawancara tidak memberikan kesan kaku seperti yang Anda kira. Karena Anda dapat menggabungkan variasi dengan mengajak beberapa narasumber yang relevan seperti pakar industri, anggota tim bisnis Anda sendiri, CEO, atau influencer yang dapat menawarkan rekomendasi, saran, dan hal atraktif lainnya mengenai brand produk bisnis Anda.

Seperti video tutorial, format video wawancara juga cukup populer dan mudah dipahami. Video wawancara akan menghasilkan konten yang dioptimalkan secara organik. Sehingga ini akan meningkatkan traffic di situs web atau kanal video Anda ketika didistribusikan dengan baik. Trik untuk membuat video wawancara yang bagus adalah dengan menampilkan judul video yang mengundang pertanyaan dan perhatian publik. Dan usahakan Anda atau moderator dalam video wawancara mengajukan pertanyaan terbuka yang akan memicu minat dan perhatian audiens Anda.

Video Animasi

Meskipun penyajian dalam bentuk animasi sering membangkitkan bentuk imajinasi kartun yang bersifat “kekanak-kanakan”, pemasar kreatif dapat mengembangkan konten video animasi ini secara efektif, informatif, dan bahkan mungkin lebih atraktif daripada kedua bentuk video yang dijelaskan sebelumnya. Video animasi memfasilitasi peluang branding yang tidak didapatkan dari pengemasan video yang menggunakan peraga atau talent secara riil.  Anda dapat membuat video animasi pendek yang menghibur dan mudah diingat sembari memberi informasi brand produk kepada konsumen. Keunggulan lain dari membuat video animasi adalah potensi untuk menggambarkan apa saja, tidak terbatas pada format yang terkesan formal.

Video Budaya (Cultural Video)

Sepertinya setiap perusahaan besar memiliki setidaknya satu video budaya. Kemas video budaya dengan berbagai aktivitas dan budaya karyawan dan informasikan kepada konsumen atau klien dengan sentuhan pribadi dan terkesan lebih “santai”. Ini bertujuan untuk melepaskan diri dari stereotip yang di mana video budaya bisnis atau perusahaan tidak melulu memamerkan aktivitas kerja sama tim secara kaku.  Bagaimanapun jenis perusahaan atau bisnis Anda, pastikan video budaya Anda merepresentasikan brand bisnis secara otentik. Karena jika tidak, hasilnya akan terasa palsu dan terkesan dipaksakan yang pada akhirnya menimbulkan keraguan dan ketidakpercayaan konsumen atau pelanggan bisnis Anda.

Tidak dipungkiri, branding produk dengan menggunakan konten video memegang peranan penting terutama pada dekade kedua abad ke-21 ini. Anda bisa memilih salah satu atau dua dari keempat alternatif gaya atau bentuk video tersebut sesuai dengan anggaran dan target pemasaran bisnis Anda. Menyangkut masalah anggaran, tentunya bisnis Anda membutuhkan alat untuk menghitung dan membuat perencanaannya secara terperinci. Dengan Jurnal, hal itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Jurnal adalah Software Akuntansi Online berbasis cloud yang memiliki berbagai fitur akuntansi secara lengkap. Tidak hanya Laporan Anggaran, Laporan Keuangan lain seperti Laporan Laba Rugi sampai Laporan Arus Kas diolah oleh Jurnal secara otomatis dan aman. Informasi lebih lengkap mengenai produk Jurnal bisa Anda lihat di sini.