Bisnis online merupakan kegiatan usaha yang dilakukan dengan menggunakan koneksi internet. Aktivitas bisnis baik produk maupun layanan jasa yang ditawarkan dilakukan melalui media internet, mulai dari negosiasi hingga kegiatan transaksi tanpa harus bertatap muka dengan pelanggan. Ada beberapa jenis bisnis yang masih banyak diminati, diantaranya adalah Affiliate Marketing, Blogger, Dropshiper, Jualan di Toko Online, Jasa SEO, Panduan Membuat Website atau Jasa Website, dan Email Marketing. Menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah. Ada banyak hal penting yang harus dipersiapkan dan tantangan bisnis online yang perlu diwaspadai dan harus dihadapi.

 

Tantangan Menjalankan Bisnis Online

Tantangan Bisnis Online Yang Wajib Diwaspadai Semakin banyak orang yang tertarik menjalankan bisnis online, misalnya membuka sebuah online shop. Pasalnya, membuka online shop memang tidak memerlukan modal yang besar. Walaupun menjalankan bisnis online terdengar mudah, tetap saja ada tantangan yang akan dihadapi saat menjalankan bisnis.

  1. Tantangan yang paling utama adalah memastikan website Anda dapat ditemukan oleh target market atau target pasar Anda. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mengenalkan store dan produk Anda pada khalayak ramai. Misalnya dengan Search Engine Optimization (SEO), memasang iklan di media-media online, menggunakan Google Ads, rajin memasarkan produk via social media, dan lain sebagainya.
  2. Selanjutnya, setelah ada visitor yang mengunjungi website, Anda harus mampu meyakinkan mereka untuk membeli produk, dan bukan sekadar melihat-lihat saja. Yang dapat dijadikan tolak ukur adalah conversion rate. Conversion rate akan mengukur berapa banyak visitor melakukan action tertentu dibandingkan dengan total visitor. Jika conversion rate online shop Anda rendah, maka sebaiknya Anda mulai melakukan revisi. Misalnya, memperbaiki desain pada situs, memperbaiki kualitas gambar produk yang ditampilkan, atau mempermudah site experience sehingga lebih user friendly.
  3. Ada beberapa pertanyaan dasar tentang berbelanja di online shop. Misalnya, apakah barang benar-benar akan dikirim setelah mereka membayar? Apakah barang yang akan diterima, sama dengan yang telah dipesan? Apakah barang akan diterima dalam keadaan yang baik? Ada beberapa trik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Misalnya, dengan mendapatkan sertifikasi untuk membuktikan bahwa situs Anda aman dan terpercaya. Atau Anda juga dapat menyediakan kolom produk review atau testimoni dari pelanggan.

 

Hambatan Menjalankan Bisnis Online

Tantangan Bisnis Online Yang Wajib DiwaspadaiSelain tantangan yang harus dihadapi dalam bisnis, Anda juga akan menemukan hambatan-hambatan dalam menjalani bisnis. Berikut adalah beberapa hambatan yang perlu diwaspadai pada saat menjalankan sebuah bisnis online.

  1. Bisnis tidak tepat sasaran. Minimnya pembelian bisa jadi dikarenakan strategi yang Anda buat tidak tepat. Misalnya, Anda mengirimkan newsletter berisi produk untuk keperluan mendaki gunung pada ibu-ibu yang mencari perlengkapan bayi. Atau Anda mengirimkan link berisi alat makeup kepada anak sekolah. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan riset. Misalnya dengan meminta subscribers mengisi kolom minat mereka. Setelah itu, mulailah untuk mengirimkan newsletter berisi produk seperti minat masing-masing pelanggan. Iklan yang Anda lakukan juga harus serba tepat. Iklan harus dipasang pada media yang tepat, menunjukkan pada target audience yang tepat dan dengan timing yang tepat pula.
  2. Loyalitas customer yang kurang. Trik yang bisa dilakukan untuk menambah loyalitas customer adalah dengan loyalti program, seperti memberikan rewards kepada pelanggan setia Anda. Sebagai contohnya, setiap kali ada yang berbelanja dengan pembelian tertentu, mereka akan mendapatkan point. Point tersebut nantinya akan diakumulasikan untuk mendapatkan voucher, potongan harga atau pun hadiah langsung.
  3. Dalam menjalankan bisnis online, Anda pasti akan menemukan banyak online shop lain yang menjual produk serupa seperti yang Anda jual. Walaupun Anda menjual produk yang serupa, namun Anda harus mencari cara yang berbeda untuk menarik pelanggan. Mulai dari memberikan harga yang lebih murah, sampai mengadakan promo, dan lain sebagainya.

 

Risiko Menjalankan Bisnis Online

Tantangan Bisnis Online Yang Wajib Diwaspadai

  1. Adanya kompetitor. Kemudahan dalam menjalankan bisnis online yang ditawarkan membuat banyak orang semakin tertarik untuk menjalankannya. Dengan bertambahnya pelaku bisnis online, maka persaingan yang terjadi juga akan semakin ketat. Oleh sebab itu, Anda harus dapat menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dibanding pesaingnya untuk menarik minat konsumen yang lebih banyak.
  2. Banyak terjadi penipuan. Penipuan menjadi ancaman besar bagi para pelaku bisnis online. Semakin banyak pelaku bisnis online yang tidak bertanggung jawab bermunculan, tentu saja akan membuat ragu para pembeli untuk membeli sebuah produk secara online. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus pintar dalam meyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda tepercaya dan aman.
  3. Adanya konsumen yang tidak bertanggung jawab. Biasanya dalam melakukan belanja online, ada saja konsumen yang menunjukkan ketertarikan untuk membeli sebuah barang atau jasa di online shop Anda, tapi ketika menemukan harga yang lebih murah di tempat lain, dia akan mengabaikan pesanan yang sebelumnya sudah dibuat dan memilih untuk membeli di tempat pesaing Anda. Untuk menyikapinya, sebaiknya Anda memberikan batasan waktu untuk pemesanan dan pembayaran agar terhindar dari ulah konsumen seperti ini.
  4. Banyaknya hacker yang mengincar bisnis online. Pada umumnya, hacker memang mengincar online shop yang telah memiliki banyak pengikut. Hacker akan berusaha mengambil alih online shop tersebut, kemudian mengambil keuntungan.

 

Tips Pemasaran Bisnis Online

Tantangan Bisnis Online Yang Wajib DiwaspadaiMeskipun ada banyak hambatan dan tantangan bisnis online yang harus dihadapi oleh seorang pelaku bisnis, tetapi kesuksesan tetap dapat diraih dengan kerja keras dan strategi yang tepat. Berikut ini ada beberapa tips pemasaran bisnis online yang efektif dan efisien.

  1. Menentukan target pasar dari produk atau layanan jasa yang akan Anda tawarkan.
  2. Membangun sebuah website khusus yang akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.
  3. Membuat rencana pemasaran yang tepat. Jika Anda tidak memiliki kemampuan dibidang ini, maka Anda dapat meminta bantuan dari marketing yang handal serta developer dan designer yang dapat memperbaiki tampilan dari website online shop Anda.
  4. Menggunakan jasa digital marketing agar proses iklan yang Anda lakukan semakin optimal.

Dalam mengelola sebuah bisnis, apapun jenisnya pasti membutuhkan ilmu dan strategi yang tepat agar bisnis dapat berkembang. Ketika Anda telah memiliki ilmu yang cukup, maka Anda akan lebih siap dalam menghadapi hambatan dan tantangan bisnis. Mempunyai bisnis online memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar target yang dicapai sesuai dengan rencana. Menjalankan bisnis online memang memiliki banyak tantangan dan pertimbangan yang harus dihadapi dan diputuskan secara bijak oleh pelaku bisnis demi kemajuan usahanya.

Itulah beberapa informasi tentang tantangan bisnis online yang perlu Anda waspadai. Jangan lupa untuk menggunakan software khusus untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda. Gunakan software akuntansi online Jurnal yang telah dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah Anda dalam mengatur keuangan bisnis.  Jurnal memiliki fitur mobile yang dapat menampilkan ringkasan bisnis Anda secara periodik. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda dalam memonitor keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Coba Jurnal sekarang juga!