Cara Terbaik agar Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula

Saat ini peluang bisnis ekspor masih terbuka lebar, mengingat bahwa ada beberapa bisnis yang pasarnya tidak hanya berkembang pada lokal saja. Banyak produk-produk lokal yang justru banyak diminati di skala global. Contohnya adalah bisnis furnitur atau tekstil dari Indonesia yang punya target pasar di luar negeri. 

Bisnis UKM juga memiliki peluang besar untuk dikembangkan menyasar pasar luar negeri. Namun, semua membutuhkan proses dan perencanaan yang matang agar bisnis berjalan dengan baik. Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin membangun bisnis ekspor. 

Memilih dan Menetapkan Produk untuk Negara Tujuan

Pertama kali yang harus Anda lakukan ketika akan membangun bisnis ekspor adalah dengan melakukan penetapan produk dan negara tujuan ekspor. Dengan cara ini, selanjutnya Anda dapat lebih fokus mengembangkan teknik penjualan dan pemasaran. Informasi tentang tren bisnis ekspor hingga kebutuhan masyarakat luar negeri bisa didapatkan dengan melakukan survey di internet atau forum bisnis. 

Melengkapi Legalitas Usaha

Dalam kegiatan bisnis ekspor sangat penting untuk memiliki legalitas usaha. Persiapkan mulai dari SIUP, NPWP, Nomor Induk Kepabeanan, TDP, dan sejenisnya. Dokumen ini sangat penting karena menyangkut proses administrasi bisnis antar negara. Sebagus apapun produk Anda tidak akan diterima secara resmi di suatu negara jika tidak memiliki legalitas usaha. Nomor Induk Kepabeanan bisa Anda dapatkan dengan mendatangi Kantor Bea Cukai. 

Baca juga: 10 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Membuat Business Plan

Menyiapkan Dokumen Ekspor

Ketika legalitas usaha sudah lengkap, selanjutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen ekspor. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses administrasi ketika produk Anda akan masuk ke negara tujuan. Dokumen ekspor yang harus Anda siapkan di antaranya adala invoice, packing list, dan  bill of landing.

Membuat dan Mendaftarkan Website Bisnis ke Portal Internasional

Guna memudahkan pembeli untuk mengakses produk Anda, sebaiknya buat website bisnis dan katalog online. Anda bisa mencantumkan semua informasi produk mulai dari deskripsi, harga, hingga contact person. Beberapa platform bisnis dapat Anda kunjungi untuk mempromosikan bisnis, seperti www.alibaba.com atau www.portal.co.id. Anda dituntut untuk cekatan menemukan forum online bertemunya para eksportir dan importir.

Manfaatkan Fasilitas Pemerintah

Dalam rangka mendukung bisnis lokal bisa go to internasional, pemerintah Indonesia dan pihak swasta telah menyediakan berbagai fasilitas bisnis. Khususnya bisa digunakan oleh eksportir pemula. Melalui www.djpen.kemendag.go.id, Anda bisa melihat perwakilan perdagangan dari Direktorat Pengembangnan Ekspor Nasional yang ada di lima benua. Jangan lupa untuk memanfaatkan pameran-pameran internasional yang difasilitasi oleh pemerintah Indonesia. Contohnya adalah Trade Expo Indonesia. 

Manfaatkan Media Sosial sebagai Pemasaran Online Berkelanjutan

Sebagai bisnis yang berjalan tingkat internasional, Anda dapat memantau hubungan dengan konsumen melalui media sosial. Dengan akses internet yang tidak terbatas, bisnis Anda dapat dikenal lebih luas lagi oleh konsumen di belahan bumi lainnya. Buat konsumen lebih percaya pada bisnis Anda dengan melakukan komunikasi dan pemasaran lewat sosial media bisnis. Contohnya adalah instagram, LinkedIn, Facebook, dan beberapa media sosial lainnya yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. 

Baca Juga: Ketahui Aturan Dasar Dalam Strategi Penjualan Melalui Media Sosial

Andalkan Software Akuntansi Online untuk Mengelola Keuangan

Dalam menjalankan bisnis ekspor, Anda akan berhubungan dengan berbagai pihak. Para supplier dan pelanggan adalah orang yang berada di luar negeri. Dibutuhkan software akuntansi yang memiliki fitur multi uang atau multi currency yang terintegrasi dengan nilai kurs online dari Bank Indonesia. Dalam mencatat transaksi keuangan bisnis, Anda tidak perlu lagi melakukan penghitungan kurs manual. 

Jurnal adalah software akuntansi online yang memiliki fitur lengkap. Anda dapat membuat faktur yang dapat dikustomisasi dan juga melakukan manajemen aset atau inventaris bisnis Anda. Selain itu, Jurnal juga memiliki fitur cashlink yang memungkinkan Anda melakukan rekonsiliasi bank dengan mudah. Dapatkan informasi lengkap tentang produk Jurnal di sini.

Dapatkan juga free trial selama 14 hari untuk dapatkan pengalaman mudahnya kelola keuangan menggunakan Jurnal melalui link banner di bawah ini.

 

CTA


PUBLISHED04 Jun 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: