Jurnal Enterpreneur

Bisnis Tanaman Hias berkonsep Terrarium Tumbuh Subur

Semakin sempitnya lahan terbuka membuat masyarakat mencari sesuatu yang dapat menghijaukan halaman rumah dan lahan sekitarnya. Konsep tanaman hias dalam media transparan yang disebut Terrarium menawarkan alternatif tanaman hias yang berbeda. Terarrium sendiri merupakan seni tanaman hias di dalam media yang terbuat dari kaca atau plastik transparan. Keunikan dari Terrarium terletak pada bahan yang digunakan dan fungsinya sebagai taman mini. Selain itu, ukurannya-pun bisa disesuaikan dengan ketersediaan tempat.

Di luar negeri, khususnya kalangan pecinta tanaman hias, terrarium sangatlah populer, bahkan merupakan salah satu hobi yang digemari. Lebih dari itu, harga jualnya pun yang lumayan tinggi. Untuk membuat Terrarium sendiri, Anda tidak harus memiliki keterampilan khusus dan modal yang besar. Sebab peralatan dan bahan yang digunakan bukanlah barang yang mahal ataupun sulit untuk dicari. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan apabila ingin memulai bisnis tanaman hias Terranium ini.

1. Pemilihan Tanaman

Karena Terrarium ditempatkan di dalam ruangan, maka tanaman hias yang harus Anda pilih pun adalah tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari terlalu banyak. Seperti tanaman paku, kaktus, sukulen, dan lumut, dan juga yang tetap berukuran kecil meski telah dirawat. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak tumbuh keluar dari wadahnya.

Selain itu, ketika memilih tanaman, perhatikan juga kebutuhan air dan cahaya tiap tanaman. Beberapa air memang tidak membutuhkan cahaya matahari yang terlalu banyak. Tapi ada juga tanaman yang memerlukan air cukup banyak.

2. Tentukan Wadah

Anda dapat menggunakan wadah, seperti bohlam lampu, botol, dan akuarium yang tak lagi terpakai. Jika wadahnya tertutup, sebaiknya ingat untuk sesekali membuka tutupnya agar tanaman bisa merasakan udara yang segar. Wadah terarium juga bisa di lengkapi dengan berbagai hiasan yang menarik. Dengan diisi paduan pasir, batu, kerikil kecil atau elemen kayu akan menciptakan kesan seperti hutan atau kebun mini. Wadah yang transparan biasanya bisa dijadikan sebagai hiasan juga.

3. Target Pasar

Daerah perkotaan merupakan kawasan yang identik dengan minimnya penghijauan. Dimana masyarakat berusaha mencari-cari tempat untuk dapat menikmati pemandangan hijau yang jarang ditemui. Terranium dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti kebutuhan mereka tersebut. Dari segi bisnis-pun, terrarium mempunyai prospek sangat bagus karena belum banyak yang menekuni usaha ini sebagaimana budidaya tanaman hias dalam pot.

Walaupun memiliki prospek yang cerah, bagi Anda pelaku usaha yang ingin terjun ke bisnis ini juga harus memiliki pengetahuan tentang tanaman dan estetika. Selain cermat memilih tanaman yang cocok dibudidayakan di dalam wadah kaca, Anda juga harus bisa menata aneka tanaman dan media tanaman agar terlihat indah dilihat. karena semakin unik produk yang Anda tawarkan, semakin besar juga keuntungan yang didapat. Selamat mencoba!

Artikel telah diedit dan mendapat revisi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo