Perkembangan teknologi di masa sekarang, membuat banyak orang ingin terjun di dunia bisnis, khususnya bisnis online. Hal ini dimulai karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang mulai berpindah, yang dulunya membeli dengan datang ke toko, saat ini mereka bisa membeli barang yang diinginkan kapan dan di mana saja melalui smartphone.

Persaingan di bisnis online juga tidak main-main. Di mana, pada Tahun 2017 lalu, jumlah transaksi melalui online bisa mencapai angka Rp113,7 triliun. Maka tidak heran banyak pengusaha baru bermunculan dan memanfaatkan peluang ini. Lalu bagaimana mereka memulai bisnis online? Berikut beberapa strategi bisnis online yang bisa Anda terapkan.

Ketahui Calon Konsumen

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online AndaSebelum memulai menjual produk di toko online, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan konsumen yang sesuai dengan produk Anda. Lakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan aktif di media sosial dan perhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan dan barang apa saja yang paling banyak dicari. Biasanya orang memilih belanja online karena cepat dan mudah. Barang-barang yang cepat laku adalah barang yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Seperti fashion, peralatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, hingga produk teknologi.

Tawarkan Produk yang Berkaitan dengan Hobi

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online AndaDalam bisnis online, terdapat dua jenis barang yang diperdagangkan. Pertama adalah commoditized product, yaitu produk populer dan paling banyak dibeli konsumen. Mengingat pentingnya barang tersebut dalam kehidupan sehari-hari seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya. Kedua adalah niche product, produk yang tersegmen pada konsumen tertentu seperti pecinta hobi. Namun jangan salah, justru produk inilah yang mulai banyak dilirik pebisnis online. Contohnya saja jual beli kamera atau perlengkapan fotografi untuk para fotografer. Jelas, ini merupakan kesempatan bagi bisnis online yang bisa Anda manfaatkan.

Sesuaikan dengan Passion

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online AndaPassion juga berperan penting bagi perkembangan bisnis online Anda. Jadi, sebelum memulai bisnis, cobalah pilih bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Jika Anda tertarik di dunia anak, mungkin Anda bisa memulai bisnis baju anak. Dengan menjalankan bisnis sesuai passion, Anda akan lebih memahami produk Anda dan juga konsumen. Sehingga, ketika mereka bertanya, Anda bisa menjawab dan memberikan solusi yang tentunya memuaskan bagi mereka.

Belajarlah dari Ahlinya

Strategi yang Bisa Diterapkan pada Awal Perjalanan Bisnis Online AndaStrategi lainnya ketika Anda baru pertama kali membuka toko online adalah jangan segan-segan belajar kepada para ahli yang sudah berpengalaman atau mereka yang sudah lebih dulu sukses. Hal ini dikarenakan persaingan bisnis online tidak dapat diprediksi. Dari para ahli inilah Anda memperoleh gambaran apa yang harus Anda lakukan untuk kemajuan bisnis Anda.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online. Hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis online adalah masalah pembayaran. Midtrans merupakan salah satu payment gateway yang bisa Anda coba untuk pembayaran bisnis Anda. Dengan Midtrans, Anda juga bisa memonitor penjualan Anda secara realtime. Pelajari lebih lanjut mengenai Midtrans di sini.

Setelah bisnis Anda berjalan, hal lainnya yang harus Anda lakukan adalah mengelola keuangan dengan membuat pembukuan bisnis. Untuk masalah ini, Jurnal adalah solusinya. Software akuntansi online yang memiliki fitur lengkap, mulai dari membuat laporan keuangan hingga mengelola stok barang Anda bisa dilakukan dalan satu aplikasi. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari.