Tidak tersedianya atau terbatasnya persediaan barang di gudang akan membuat penjualan produk menjadi terhambat. Namun menyimpan persediaan barang di gudang yang terlalu banyak juga membutuhkan banyak modal. Itulah mengapa setiap pebisnis dituntut untuk menguasai strategi manajemen persediaan dengan baik. Tujuannya adalah agar persediaan barang dapat dikelola secara tepat, sehingga penjualan produk dapat berlangsung dengan lancar.

Fakta tentang Manajemen Persediaan

Strategi Mengelola Manajemen Persediaan yang Baik

Persediaan muncul karena unsur kesengajaan atau sebaliknya. Artinya, suatu bisnis memang merencanakan adanya persediaan karena ingin memproduksi lebih awal atau lebih banyak dalam satuan waktu tertentu. Namun sayangnya, ada banyak bisnis yang mengalami penimbunan persediaan akibat ketidakpastian.

Ketidakpastian yang dimaksud bisa jadi berasal dari permintaan yang terlalu sedikit dibandingkan dengan perkiraan awal. Tidak hanya dari permintaan, arah pasokan dan operasi internal juga dapat menyebabkan ketidakpastian tersebut. Misalnya saja ketidakpastian atas pengiriman dan harga dari pabrik yang membuat suatu bisnis menimbun persediaan. Selain itu, mesin yang kurang mutakhir juga akan membuat pabrik menimbun persediaan setengah jadi.

 

Masalah Manajemen Persediaan yang Buruk

Apabila manajemen persediaan atau poor management inventory terjadi tentu saja dapat merugikan bisnis itu sendiri. Menurut situs Micro Channel, kondisi pengendalian persediaan yang buruk dapat mengakibatkan beberapa hal seperti hilangnya konsumen. Pengendalian persediaan yang buruk juga akan membuat suatu bisnis gagal dalam memenuhi permintaan konsumen. Akibatnya, para konsumen akan mencari bisnis lainnya yang dapat memenuhi permintaannya. Selain itu, para pebisnis juga akan merugi secara finansial. 

“Itulah mengapa, setiap pebisnis dituntut untuk menguasai strategi manajemen persediaan dengan baik”.

 

Manfaat Melakukan Manajemen Persediaan Dengan Efektif

Melakukan pengendalian terhadap persediaan barang akan mempermudah atau memperlancar jalannya operasi bisnis yang harus dilakukan secara berturut-turut untuk memproduksi produk serta menyampaikan kepada konsumen. Adapun manfaat manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Memenuhi kebutuhan konsumen dengan sebaik-baiknya sesuai permintaan pasar pada saat itu.
  2. Meminimalkan risiko keterlambatan datangnya barang atau bahan yang dibutuhkan, sehingga tidak akan mengganggu jalannya operasi bisnis.
  3. Mengontrol stok persediaan di gudang sebaik mungkin dengan memperhatikan permintaan pasar. 
  4. Mempertahankan stabilitas atau kelancaran kegiatan operasi bisnis.

 

Tips Melakukan Manajemen Persediaan

  1. Mengategorikan produk
  2. Gunakan sistem ERP
  3. Tingkatkan sistem pengiriman
  4. Gunakan software cloud
  5. Review supplier secara rutin

Berikut ini adalah 5 metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan manajemen persediaan.

  1. Mengategorian produk. Diperlukan penentuan kategori produk yang ringkas dan user friendly. Beberapa gaya dalam penentuan kategori produk yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan metode ABC, di mana persediaan akan dikategorikan menurut nilainya.
  2. Dalam mengelola gudang, tidak lengkap jika tanpa Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang ramah pengguna. Sistem ERP yang paling dasar akan memiliki sistem multi lokasi, hak akses user yang fleksibel dan disesuaikan dengan pengguna serta terintegrasi dengan bagian lain yang terkait, misalnya Sales dan Accounting. Penggunaan Sistem ERP akan meningkatkan akurasi persediaan dan biasanya juga akan menawarkan opsi penjadwalan persediaan yang sangat baik.
  3. Meningkatkan sistem pengiriman. Anda dapat menggunakan sistem ERP yang telah memiliki fungsi pengiriman untuk mengatasi jumlah proses pengiriman. Dengan memanfaatkan sistem ERP yang memiliki sistem pengiriman, maka dapat meningkatkan manajemen persediaan dan efisiensi gudang secara keseluruhan.
  4. Menggunakan teknologi cloud yang dapat memungkinkan akses mudah ke data dan informasi persediaan secara real-time dan akurat.
  5. Melakukan review terhadap supplier. Pertimbangkan untuk menggunakan sistem ERP untuk mengaudit kinerja para supplier secara periodik. Hal tersebut akan membantu untuk mengidentifikasi supplier yang tidak dapat diandalkan dan memberikan peluang untuk perbaikan. Pertimbangkan juga untuk memberikan insentif kepada supplier yang memiliki kinerja bagus dengan menjual lebih banyak produk mereka, dan lakukan pembayaran tepat waktu sambil mengurangi jumlah supplier yang berkinerja buruk.

Solusi Manajemen Persediaan yang Praktis

Agar dapat tercipta persediaan yang efektif dan efisien yang mampu memenuhi permintaan pasar saat keadaan biasa ataupun permintaan disaat berfluktuasi, maka sangat diperlukan perencanaan dan pengendalian persediaan itu sendiri. Dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini yang sangat bervariatif, untuk dapat mengontrol bisnis dengan baik, bukan hanya pada persediaan saja melainkan semua unsur yang ada dalam bisnis dapat dikontrol dengan baik. Apabila perusahaan menerapkan teknologi sistem informasi persediaan yang berbasiskan komputer, maka keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh antara lain:

  1. Para pebisnis mendapatkan informasi yang akurat mengenai nilai dan posisi sistem informasi persediaan, dengan adanya sistem pencatatan dan pelaporan persediaan. Hal tersebut merupakan informasi dasar dalam pengambilan keputusan mengenai waktu dan jumlah persediaan yang harus segera dipesan, sehingga kebutuhan operasi bisnis dapat dipenuhi.
  2. Keamanan persediaan akan lebih terjamin dari kemungkinan kesalahan nilai stok, pencurian, penyelewengan, kerusakan, dan lainnya untuk mempertahankan kontinuitas dari kegiatan produksi bisnis.
  3. Permintaan konsumen dapat dilayani dengan baik dikarenakan sistem persediaan dikelola dengan sistem yang baik.

Mampu mengelola manajemen persediaan dengan efektif dan efisien sangat penting untuk menjaga arus kas bisnis. Selain itu, manajemen persediaan juga sangat berguna bagi para pengecer untuk menghemat biaya. Penggunaan aplikasi atau software khusus akan memudahkan Anda dalam memonitor kelangsungan bisnis kapan dan dimana saja. Selain memiliki fitur khusus untuk manajemen stok barang, Jurnal juga akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat. Jangan ragu untuk mendaftarkan bisnis Anda sekarang dan bergabung dengan ribuan pengguna Jurnal lainnya.