Tujuan utama dalam mendirikan sebuah bisnis tentunya untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Menggunakan strategi marketing kreatif merupakan salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Tentunya Anda perlu membuat strategi marketing yang baik demi mendapatkan pelanggan.

Dengan zaman yang semakin berkembang, Anda juga harus menyesuaikan strategi marketing yang dibuat. Saat ini banyak sekali wadah yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk, mulai dari media cetak, televisi, billboard, hingga media sosial dan internet. Selain wadah, Anda juga perlu membuat strategi marketing yang kreatif dan berbobot agar produk Anda dilirik oleh calon pembeli. Berikut merupakan beberapa strategi marketing menurut Moneysmart yang bisa Anda aplikasikan.

1. Membuat Website yang Menarik

Strategi Marketing Kreatif Agar Bisnis SuksesKebanyakan bisnis sekarang sudah memiliki websitenya sendiri untuk memasarkan produknya. Di dalam website tersebut berisi katalog produk yang dijual, serta pembeli juga bisa langsung membeli lewat website. Hal ini memudahkan calon pembeli untuk melihat-lihat produk apa yang dijual, serta untuk mengenal bisnis Anda.

Agar lebih menarik, Anda juga bisa mencantumkan informasi promo menarik yang sedang berlangsung. Serta Anda juga bisa mencantumkan testimoni positif pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli produk Anda. Jangan lupa untuk mendesain website se-menarik mungkin agar calon pembeli merasa tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

2. Tempat Usaha Sebagai Tempat Nongkrong

Strategi Marketing Kreatif Agar Bisnis SuksesMungkin strategi marketing yang satu ini lebih cocok untuk jenis usaha kuliner. Jika Anda memiliki coffee shop atau restoran, Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk mengunjungi tempat usaha Anda. Jika sering melakukan ini, lama kelamaan teman-teman dan keluarga dengan sendirinya akan sering mengunjungi tempat usaha Anda.

Belum lagi, jika teman-teman atau keluarga menyukai tempat usaha Anda, mereka juga akan dengan senang hati mempromosikan tempat usaha Anda pada teman-teman mereka. Lewat strategi marketing ini, tempat usaha Anda bisa terlihat ramai dan akan menarik perhatian orang untuk berkunjung.

3. Mengadakan Open House

Strategi Marketing Kreatif Agar Bisnis SuksesStrategi marketing yang satu ini cocok dilakukan jika Anda memiliki bisnis kuliner atau fashion. Agar Open House yang Anda selenggarakan ramai, coba undang tokoh terkenal atau influencer serta beberapa media sebagai sarana promosi Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon atau promosi yang menarik bagi pengunjung.

4. Mengikuti Pameran atau Bazaar

Strategi Marketing Kreatif Agar Bisnis SuksesCara yang satu ini membuat bisnis Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dikenal oleh masyarakat. Cari tahu informasi pameran atau bazaar yang akan ada di kota Anda, dan segera daftarkan bisnis Anda untuk hadir dalam pameran tersebut.

Tentunya di dalam bazar nantinya akan ada banyak kompetitor yang mungkin saja sejenis dengan bisnis Anda. Maka dari itu, Anda harus mendekorasi stand se-menarik mungkin agar orang-orang tertarik untuk mengunjungi stand Anda.

5. Mengikuti Acara Amal

Strategi Marketing Kreatif Agar Bisnis SuksesAcara amal sangatlah cocok untuk segala jenis bisnis. Anda bisa berpartisipasi secara sukarela dalam acara-acara amal. Salah satu acara amal yang ramai yaitu penggalangan dana untuk bencana alam. Kamu bisa ikut membantu sebagai sponsor dalam membantu korban, atau bahkan kamu bisa menggalang dana sendiri, sambil mengajak pembeli untuk ikut menyumbang.

Saat ini banyak platform yang memungkinkan Anda untuk menggalang dana, atau kamu juga bisa menyumbangkan sekian persen dari transaksi penjualan sebagai amal kepada korban bencana alam. Dengan cara-cara ini, Anda bisa meningkatkan branding bisnis di mata masyarakat.

6. Memberikan Diskon atau Hadiah untuk Pelanggan

Strategi Marketing Kreatif Agar Bisnis SuksesSalah satu cara untuk mempertahankan pelanggan agar setia yaitu memberikan diskon khusus atau hadiah. Strategi marketing yang satu ini bisa Anda lakukan jika pelanggan Anda pernah membeli produk Anda selama berkali-kali. Biasanya, cara ini diterapkan lewat sistem membership, sehingga Anda bisa melihat riwayat transaksi si pelanggan untuk menentukan promosi atau hadiah apa yang akan diberikan.

7. Sertakan Ucapan Terima Kasih

Strategi Marketing Kreatif Agar Bisnis SuksesSebuah ucapan terima kasih yang bisa Anda selipkan setiap pelanggan membeli produk Anda bisa berarti banyak untuk mereka. Kebanyakan pelanggan menganggap sentuhan kecil seperti itu membuat mereka senang dan terasa eksklusif. Anda bisa menggunakan kartu ucapan yang sudah di-desain khas dengan brand Anda, dan jangan lupa untuk menyertakan nama pelanggan.

Berikut merupakan beberapa strategi marketing kreatif yang bisa Anda terapkan dalam bisnis. Tentunya strategi marketing tersebut harus diseimbangi dengan aspek-aspek lain dalam bisnis, seperti pengaturan keuangan yang baik.

Jurnal hadir sebagai software akuntansi berbasis cloud yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Lewat berbagai fitur seperti laporan keuangan, pembuat faktur, manajemen aset, hingga aplikasi mobile yang memungkinkan Anda untuk mengakses Jurnal dimana saja dan kapan saja. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan free trial selama 14 hari!