Kegiatan bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P (product, price, place, promotion) saat ini dapat dibuat dalam format yang berbeda. Khususnya pada sisi place yang kini lebih sering dikenal dengan sebutan community marketing atau komunitas marketing. Hal tersebut sudah dilakukan beberapa merek dengan berbagai aktivitas yang dibarengi dengan aktivitas perusahaan atau brand social responsibility. Sebagai contohnya, kegiatan “AIA Village” dan “Kampung Indosat”. Keduanya telah melakukan aktivitas strategi community marketing dengan terjun langsung di satu wilayah terpilih. Untuk memberikan dukungan pada warga setempat, untuk berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Cara tersebut terbilang sangat efektif dalam menguatkan brand awareness. Dan merupakan jalan cepat untuk menciptakan brand loyalty yang pada akhirnya akan mempengaruhi penjualan. Salah satu cara yang dapat digunakan agar bisnis dapat tumbuh secara berkelanjutan adalah dengan menciptakan strategi community marketing. Konsep tersebut merupakan strategi pemasaran yang fokus pada kebutuhan pelanggan yang sudah ada, baik dengan aktif secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Viral Marketing, Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Online

Mengenal Istilah Community Marketing

Strategi pemasaran yang saat ini sedang populer dijalankan oleh para perusahaan atau pebisnis adalah community marketing. Saat ini sudah semakin banyak pebisnis yang menyadari bahwa komunitas merupakan faktor yang fundamen bagi perusahaan untuk menyampaikan pesan mereka secara efektif. Banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan ketika menjalankan strategi community marketing. Seperti bisa menyebarkan pesan perusahaan dengan lebih efektif dan memperluas cakupan penerimaan pesan, serta mempercepat penyampaian pesan kepada target pasar.

Community marketing merupakan sebuah taktik yang melibatkan merek atau bisnis untuk berinteraksi dengan sebuah komunitas yang berisikan individu yang memiliki kegemaran sama. Saat ini, banyak interaksi dengan komunitas yang dilakukan pada lingkungan online. Seperti grup media sosial, situs blog yang tertarget, atau online message board forum. Membangun komunitas pada lingkungan online pada akhirnya memang memberikan pebisnis atau perusahaan koneksi penting kepada para pelanggan sehingga memiliki hubungan yang panjang dan solid. Tetapi disisi lain, percakapan yang terjalin secara online terkadang mengundang risiko jika pelanggan akan kehilangan sentuhan personal dari bisnis atau perusahaan.

Tipe Community Marketing

Poin utama dari komunitas pemasaran adalah untuk mengidentifikasi komunitas yang secara alami tertarik dengan merek, filosofi, produk, atau layanan perusahaan. Setelah itu, fokuskan usaha dan sumber daya untuk memelihara pertumbuhan komunitas tersebut. Terdapat dua tipe komunitas pemasaran, yaitu:

  1. Komunitas pemasaran yang organik atau disebut earned marketing, tercipta tanpa bantuan dari merek. Komunitas ini akan bekerja untuk menghubungkan serta menguatkan relasi para anggota komunitas untuk menciptakan kesetiaan pelanggan.
  2. Perusahaan terlibat secara langsung dengan komunitas pemasaran sabagai sponsor. Perusahaan dapat mendukung untuk mempromosikan kesejahteraan komunitas tertentu dalam masyarakat. Yaitu dengan memberikan waktu atau uang. Aktivitas ini bisa menjadi bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan.

Strategi Community Marketing

Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan strategi community marketing, berikut ini ada beberapa tips untuk memastikan bahwa Anda dapat menerapkannya dengan tepat.

  1. Menentukan target yang ingin dicapai dan menjelaskannya pada para pelanggan yang bergabung di komunitas.
  2. Memanfaatkan peran media sosial untuk berinteraksi dengan para pelanggan.
  3. Memantau respon dari anggota komunitas menggunakan media sosial.
  4. Memastikan bahwa merek Anda memiliki citra yang konsisten di berbagai platform.
  5. Membangun hubungan yang dekat dan terpercaya dengan para pelanggan.
  6. Memahami bagaimana cara melacak bisnis yang sedang dijalankan.
  7. Mengevaluasi apakah cara melakukan strategi community marketing sudah tepat.
  8. Membiarkan komunitas pemasar berjalan secara mandiri.

Strategi community marketing hingga saat ini sudah semakin kreatif. Trennya kini sudah mengarah pada bentuk kemitraan yang dibarengi dengan program CSR, yang melibatkan suatu badan atau masyarakat setempat. Seperti melakukan branding kampung atau desa. Untuk masyarakat sendiri, hal tersebut akan memberikan nilai tambah, sedangkan untuk merek dapat meningkatkan consumer engagement. Bagaimana, Anda juga tertarik untuk menciptakan strategi community marketing untuk bisnis Anda?

Dengan strategi yang tepat dan dibarengi dengan pengelolaan bisnis yang tepat pula, tentu saja bisnis yang sedang Anda jalankan dapat berkembang lebih cepat. Gunakan aplikasi akuntansi seperti Jurnal untuk mengelola keuangan bisnis dengan praktis. Anda dapat menyelesaikan pembukuan dan membuat laporan keuangan bisnis yang lengkap dengan memanfaatkan fitur-fitur canggih Jurnal. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga!