6 Strategi Bisnis Untuk Membuat Bisnis Anda Lebih Efisien

Untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah perusahaan harus memiliki strategi bisnis.  Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar. Mencapai tujuan bisnis harus dibarengi dengan strategi yang efisien karena tujuan tanpa strategi hanyalah mimpi.

Usaha yang Anda bangun tidak akan bertahan lama tanpa strategi yang terencana dengan baik dan tepat sasaran. Dengan meningkatnya persaingan, strategi dalam bisnis menjadi sangat penting untuk perencanaan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Namun, sebesar apapun skala bisnis Anda, efisiensi dalam mencapai target perusahaan atau bisnis tetap harus diperhatikan. Dengan kata lain, buatlah strategi bisnis yang memperhatikan efisiensi. Sebuah perusahaan yang memiliki efisiensi tinggi artinya perusahaan tersebut berkemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target.

Identifikasi Masalah dalam Bisnis6 Strategi Bisnis Untuk Membuat Bisnis Anda Lebih Efisien

Agar bisnis Anda berjalan dengan efisien maka sebaiknya identifikasi permasalahan yang ada di bisnis Anda. Untuk mencari permasalahan,  Anda dapat memulainya dengan menilai apa saja yang dianggap kurang efisien. Jika Anda merasa kesulitan mengidentifikasi masalah karena bias, maka Anda dapat meminta pendapatan dari orang lain yang juga terlibat dalam bisnis Anda seperti karyawan atau konsumen. Hal tersebut dapat mengurangi bias dalam penilaian.

Jika Anda sudah menemukan masalah yang membuat bisnis Anda berjalan kurang efisien, maka telusuri penyebab dari masalah tersebut. Selanjutnya, Anda dapat memutuskan untuk membuat strategi bisnis dengan melakukan perubahan pada sistem dalam bisnis Anda. Mengingat dampak efisiensi sendiri akan membuat bisnis Anda lebih kompetitif dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, maka segeralah lakukan perubahan agar pendapatan usaha Anda meningkat.

Namun, meskipun Anda sudah membuat strategi bisnis yang efisien, tetaplah membuat rencana cadangan lain. Hal ini dikarenakan perubahan sistem atau strategi bisnis yang baru mungkin ada bagian lain yang tidak cocok dengan perubahan yang baru. Membuat bisnis menjadi lebih efisien memang tidak mudah, tetapi memperbaiki sekarang akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca juga : 6 Strategi Pemasaran Tepat Sasaran Yang Harus Dicoba

Libatkan Semua Pihak

6 Strategi Bisnis Untuk Membuat Bisnis Anda Lebih Efisien

Cara kedua untuk membuat bisnis Anda lebih efisien yakni dengan membuat strategi bisnis yang melibatkan semua pihak. Ingat pepatah ‘dua lebih baik dari satu, tiga lebih baik dari dua dan seterusnya’? Pada cara kedua ini, Anda dapat mengikuti pepatah tersebut. Coba bayangkan jika Anda harus mengangkat karung seberat 1 ton, pasti Anda akan merasa kewalahan. Berbeda jika Anda mengangkatnya bersama teman-teman, beban yang ada tentu menjadi berkurang.

Seperti hal tersebut, membuat strategi bisnis juga harus melibatkan semua pihak. Anda tidak mungkin mengetahui secara mendalam semua bagian di perusahaan. Tentunya ada pihak lain yang lebih profesional dalam bidangnya masing-masing. Sehingga saat akan membuat strategi bisnis yang efisien, bertanyalah kepada semua pihak yang terlibat. Bahkan masyarakat selaku konsumen pun perlu Anda dengarkan sarannya. Namun, semua masukkan yang ada jangan ditelan mentah-mentah. Identifikasi mana yang sesuai dan masuk akal untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih efisien. Mengutip publikasi Arbedeen Group yang menyatakan bahwa perusahaan atau entitas yang menggunakan sistem demokratisasi memiliki retensi pelanggan sebanyak 30% dan pendapatannya dapat meningkat sebanyak 55%.

Gunakan Integrasi Digital

6 Strategi Bisnis Untuk Membuat Bisnis Anda Lebih Efisien

Seperti yang diketahui, perkembangan dunia digital sangat maju. Anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk membuat bisnis menjadi lebih efisien. Jika Anda sudah mempunyai masalah atas sistem atau bagian yang tidak efektif dan efisien, maka gunakanlah integrasi digital. Teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, maka manfaatkan ini untuk perkembangan bisnis Anda.

Melalui integrasi digital yang benar, harapannya akan meningkatkan efisiensi dengan berbagai macam cara. Dengan teknologi, Anda akan lebih menghemat waktu. Lihat saja, kini mengirimkan pesan dapat dihitung dalam hitungan detik. Zaman dulu? Anda perlu mengirim surat dan menunggu sampai berhari-hari agar surat dapat sampai dan mendapat balasan. Dengan adanya teknologi, kini semua dapat diakses secara real time dan akurat. Dengan begitu, masalah akan cepat terdeteksi dan dapat diatasi dengan segera.

Membangun Komunitas

content marketing 9

Membangun komunitas yang dimaksud adalah membuat sebuah kelompok atau forum khusus konsumen dari produk atau jasa perusahaan Anda. Maksud atau tujuan dari membangun komunitas ini yakni menciptakan komunikasi antara perusahaan sebagai pembuat produk atau jasa dan konsumen sebagai pemakai produk atau jasa tersebut. Mengingat kini era bisnis berfokus pada konsumen sentris, maka mendapatkan masukan dari konsumen merupakan sebuah aset. Dengan membangun komunitas dalam strategi bisnis, Anda juga akan membuat konsumen merasa dihargai. Akan tetapi, membangun komunitas seperti itu tidaklah mudah. Terlebih komunitas ini merupakan pihak dari luar perusahaan. Maka pikirkanlah dengan bijak dan matang untuk membangun sebuah komunitas.

Berani Mengambil Risiko

berani ambil resiko

Setiap usaha pasti memiliki risiko. Risiko dalam sebuah usaha ini ada yang sifatnya bawaan dan ada yang tidak. Anda tidak mungkin menghilangkan risiko, maka hal yang dapat dilakukan yaitu tekan risiko yang mungkin terjadi dengan baik. Salah satu cara membuat strategi agar lebih efisien yaitu Anda harus siap untuk menghadapi kejadian-kejadian yang tidak terduga. Tahukah Anda, bahwa mengambil risiko merupakan bagian dari menemukan ketidakefisienan (inefisiensi)? Oleh karena itu, Anda harus berani untuk mengambil risiko. Dengan begitu, Anda dan perusahaan akan maju dan sukses.

Membagi Pekerjaan dengan Benar

Bagi tipe pekerjaan dari besar ke kecil maupun sebaliknya. Pekerjaan besar akan membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Pekerjaan kecil membutuhkan ahli untuk diselesaikan. Dengan pembagian tersebut, tentu pekerjaan akan menjadi lebih ringan.

Anda juga harus menganalis setiap pembagian pekerjaan yang diberikan kepada karyawan. Lakukan analisis setidaknya minimal sebulan sekali kepada karyawan untuk mengetahui bagaimana proses atas pembagian kerja yang mereka dapatkan. Setelah itu, Anda dapat melakukan evaluasi dan jika terdapat kekurangan, Anda dapat membagi ulang beberapa pekerjaan.

Baca juga : Strategi Bisnis, Kunci Sukses Para Pebisnis

Manfaatkan Teknologi

strategi bisnis teknologi

Keberadaan teknologi yang semakin hari semakin berkembang membuat para pengguna menjadi sangat terbantu. Salah satunya yaitu membuat segala hal yang berkaitan dengan bisnis dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan tidak hanya caranya yang mudah, biayanya pun murah. Oleh karena itu, manfaatkan teknologi dalam membuat strategi bisnis yang efisien. Terdapat banyak aplikasi yang membantu Anda untuk membuat bisnis lebih efisien. Salah satu aplikasi penunjang bisnis adalah aplikasi akuntansi. Aplikasi akuntansi dapat membantu Anda mencatat transaksi keuangan pada sebuah bisnis dan menyediakan berbagai jenis laporan keuangan. Salah satu contoh aplikasi akuntansi yaitu Jurnal.

Jurnal adalah layanan aplikasi akuntansi online yang aman dan dapat diandalkan untuk usaha kecil dan menengah. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan Jurnal:

  • Pengelolaan data yang lebih cepat.
  • Lebih akurat dan teliti.
  • Dapat di-review setiap saat.
  • Mudah digunakan.


Jurnal merupakan software akuntansi online bersetifikat ISO / IEC 27001 yang memenuhi standar keamanan sistem manajemen informasi yang berlaku. Jurnal juga memiliki garansi keamanan setara dengan proteksi keamanan bank sehingga data keuangan klien aman. Selain itu, fitur Jurnal juga sangat lengkap mulai dari laporan keuangan, faktur, cash link, pengelolaan biaya, stok barang dan kegiatan akuntansi lainnya.

Harganya pun terjangkau, Anda dapat menggunakannya mulai dari Rp 149.000 per bulan. Dengan menggunakan sistem berbasis Cloud, data Anda akan secara otomatis tersimpan sehingga dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Saat ini Jurnal memberikan penawaran free trial selama 14 hari untuk Anda yang ingin mencoba. Dapatkan semua informasi produk dan promo dari Jurnal di sini. 


PUBLISHED02 Dec 2019
Witdya Pangestika
Witdya Pangestika

SHARE THIS ARTICLE: