Pembukuan memungkinkan pengusaha untuk melacak status keuangan dan mengikuti pada kewajiban pajak. Proses ini memakan waktu yang banyak dan juga mahal. Biaya yang terkait dengan pembukuan harus diukur berdasarkan saat kewajiban timbul dan kemudian dicatat dalam akun yang tepat dan diverifikasi oleh dokumentasi yang relevan. Bagaimana langkah yang tepat?

Langkah 1

Menilai bagaimana Anda mempertahankan catatan keuangan Anda dan menentukan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan dengan metode ini. Pada umumnya pengusaha mengandalkan karyawan atau konsultan luar untuk menjaga dan menganalisa pembukuan bisnis mereka. Beberapa bisnis sekarang menggunakan teknologi berupa program komputer yang menawarkan berbagai kemudahan. Misalnya, jika Anda menyewa akuntan mungkin harus membayar sekitar 5 juta perbulan. Namun jika menggunakan layanan online, Anda dapat membayar sekitar 500 ribu per bulan untuk melacak pembukuan bisnis.

Langkah 2

Menentukan jumlah yang harus dibebankan untuk periode akuntansi yang diberikan. Biaya pembukuan harus dialokasikan secara rasional, berdasarkan bagaimana pembukuan dilakukan dan bagaimana Anda membayar untuk layanan tersebut. Misalnya, jika Anda menyewa seorang pemegang buku untuk satu tahun dengan biaya 60 juta per tahun dan Anda ingin menentukan biaya pembukuan selama satu bulan, Anda bisa membaginya dengan 12 untuk menentukan biaya per bulan. Jika Anda menggunakan layanan online untuk pembukuan, biaya per bulan akan sama dengan pengeluaran bulanan.

Langkah 3

Mencatat beban/pengeluaran dalam akun yang sesuai. Biaya pembukuan dapat terdaftar sebagai akun terpisah pada buku bisnis Anda atau termasuk sebagai “beban hukum dan profesional.” Pembukuan adalah biaya administrasi karena terkait dengan pengendalian dan mempertahankan organisasi serta tidak berhubungan dengan produk bisnis atau pemasaran produk tersebut. Untuk tujuan laporan laba rugi, biaya administrasi termasuk dalam biaya operasi.

Langkah 4

Memelihara catatan yang menunjukkan berapa banyak Anda dibayar untuk pembukuan selama periode yang bersangkutan. Laporan keuangan atau catatan pajak dapat diaudit, dan dalam situasi berbeda Anda mungkin diminta untuk memberikan dokumen untuk mendukung klaim Anda. Contoh dokumentasi yang sesuai termasuk faktur penerimaan dan pesanan pembelian.

Namun perlu diingatkan bahwa ketika memelihara catatan keuangan Anda, konsultasikan dengan akuntan publik bersertifikat, bahkan jika Anda menggunakan sebuah program komputer untuk tetap terorganisir. Konsultan menyediakan layanan yang berharga dengan memastikan bahwa bisnis telah memasukkan semua informasi dengan benar ke dalam perangkat lunak dan semua laporan keuangan.

Saldo kas Anda akan terupdate secara otomatis berikut pelunasan penjualan dan pembelian.Mengetahui perkiraan saldo kas yang akan dipegans dalam 30 hari ke depan dari jumlah hutang/piutang. Kegunaan lainnya ialah mengontrol setiap kategori pengeluaran sesuai limit
anggaran yang sudah Anda tentukan, serta rekonsiliasi bank yang lebih mudah karena saldo kas tercatat akan selalu sama dengan rekening koran bank Anda.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang! Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author