Jurnal Enterpreneur

Soichiro Honda, dibalik suksesnya salah satu perusahaan otomotif dunia

Bisnis Otomotif memiliki beberapa tokoh yang telah berhasil .Salah satunya adalah Soichiro Honda yang merupakan pendiri pabrikan otomotif raksasa asal Negeri Sakura yaitu Honda. Pastinya kalian sudah tidak asing dengan brand Honda. Pada umur 16 tahun dia berhenti untuk melanjutkan sekolah. Soichiro menganggap duduk di bangku sekolah hanya membuang waktu. Akhirnya dia belajar mendalami tentang mesin mobil. Tanpa disangka, Ayah Soichiro mengenal teman di Tokyo bernama Kashiwabara, seorang direktur bengkel mobil. Pada Maret 1922, Soichiro diantar ayahnya ke Tokyo untuk bekerja di sana. Tapi bukan sebagai teknisi atau yang berhubungan dengan mesin, tetapi sebagai pengasuh bayi.

Namun dari sanalah pengetahuan Soichiro tentang mesin berkembang. Ia mencuri waktu pada saat bengkel tutup untuk sekedar melihat dan menganalisa mesin mobil. Apalagi ketika ia menemukan sebuah buku di perpustakaan, dan mengumpulkan uang gajinya hanya untuk menyewa buku tersebut. Buku yang pertama ia baca adalah ‘Sistem Pembakaran Dalam’.

Suatu hari dia diajak majikannya untuk membantu di bengkel. Pada saat itu, dia menunjukkan kemampuannya dalam membetulkan mesin mobil Ford model T keluaran 1908. Tidak lama kemudian majikannya buka bengkel cabang dan Honda, Soichiro dipercaya jadi kepala bengkel Hamamatsu.

Karier Soichiro Honda semakin meningkat. Pada 1934, Soichiro berencana membuat mesin mobil sendiri. Niat itu dimulai dengan membuat ring piston. Ring piston buatan Soichiro selalu gagal, karena sama sekali tidak mengerti masalah pencampuran logam.
Ring piston buatannya selalu patah atau menggores dinding slinder. Akhirnya dia datang ke Sekolah Tinggi Hamamatsu jurusan mesin, dan diberitahu bahwa ada campuran lain yang diperlukan untuk membuat ring piston, di antaranya silikon.

Karena itu, akhirnya Soichiro memiliki tekad bulat untuk melanjutkan sekolah, walaupun saat itu sudah berusia 28 tahun. Akhirnya pada 20 November 1937 dia berhasil membuat ring piston dan mendirikan pabrik. Namun perang dunia II Jepang. Bisnis Soichiro pun hancur.
Saat itu Soichiro tidak mau menyerah, kemudian ada salah satu temannya yang menawarkan 500 buah mesin pemancar radio sisa perang. Dia diminta memanfaatkan mesin tersebut.

Seketika itu dia melihat sepeda dan akhirnya memiliki ide membuat sepeda motor dengan mesin pemancar radio. Soichiro terus mengembangkan mesin sepeda motor, dan berhasil menciptakan sepeda motor yang dinamakan Dream D. Motor buatan Soichiro ini adalah mesin 2-tak dengan mesin 98 cc dan kecepatan maksimum hanya 50 km per jam.

Bersamaan dengan akan dipasarkannya Dream D, seorang marketer hebat bernama Fujisawa ikut menggabungkan diri dengan Soichiro dan membangun pabrik pembuatan sepeda motor. Kemudian selanjutnya, kehadiran Fujisawa membawa perubahan besar terhadap perusahaan bernama Honda.

Sebelum Dream D dipasarkan, Fujisawa menguju coba motor tersebut kepada masyarakat. Dan diketahui, karena Dream D adalah motor 2 tak, maka kebisingan yang dibuat menjadi masalah. Dan dengan demikian, Fujisawa memaksa Soichiro untuk membuat mesin 4 tak yang miskin suara kebisingan. Akhirnya mesin 4 tak dibuat dan berhasil menjadi nomor satu di Jepang. Dengan mesin 4 tak ini, kecepatan maksimum adalah 75 km/jam.

Sekarang perusahaan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar didunia bersaing dengan Yamaha, Toyota dan juga perusahaan otomotif lain. Produknya bukan saja motor melainnya mobil serta alat-alat teknologi lainnya seperti Robot. Dimana semua kunci kesuksesan perusahaan itu dimulai dari mimpi pendirinya Soichiro Honda.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo