Manfaat dan Resiko Sistem Perdagangan Bebas

Sistem perdagangan bebas sekarang ini menjadi suatu hal yang tak asing lagi terlebih lagi di zaman modernisasi yang terjadi saat ini.

Perdagangan bebas sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu kebijakan yang berkaitan dengan tidak adanya diskriminasi dari pemerintah terhadap kegiatan ekspor dan impor.

Umumnya berbagai negara yang melakukan perdagangan bebas ini adalah merupakan anggota dari WTO atau Organisasi Perdagangan Dunia.

Dengan adanya perdagangan bebas ini maka perdagangan semakin berkembang dengan lebih mudah.

perdagangan bebas

Manfaat Sistem Perdagangan Bebas

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari sistem yang satu ini. Beberapa manfaat dari adanya sistem perdagangan bebas antara lain yaitu sebagai berikut.

Meningkatnya kegiatan ekspor

Kegiatan ekspor pada dasarnya menjadi hal yang bisa menguntungkan banyak pihak. Mulai dari pihak pengusaha sampai dengan pihak negara dan bahkan untuk seluruh masyarakat.

Jika kegiatan ekspor bisa berkembang dengan baik maka bukan tidak mungkin pendapatan suatu negara bisa meningkat. Pada akhirnya bisa tercapai kesejahteraan hidup masyarakat di negara tersebut.

Oleh karena itu kegiatan ekspor menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh suatu negara agar negara tersebut bisa terus mengekspor berbagai produk yang dihasilkannya hingga keuntungan atau profit bisa meningkat.

Tentu saja ekspor dapat meningkat jika memang perdagangan bebas bisa terus berlangsung tanpa adanya hambatan atau kendala apapun.

Ditambah saat ini tersedianya software akuntansi perusahaan dagang yang membuat bisnis menjadi semakin cepat berkembang.

Menambah jumlah investor

Banyaknya investor yang melakukan penanaman modal untuk suatu perusahaan di suatu negara juga dipandang sebagai salah satu manfaat dari adanya perdagangan bebas.

Adanya perdagangan bebas yang terus berlangsung di dunia ini dapat memudahkan adanya penanaman modal atau investasi oleh investor asing.

Bisa saja investor asing dari negara maju turut menanamkan modal atau investasinya pada perusahaan yang berada di negara berkembang.

Hal ini tentu akan memberikan keuntungan baik bagi kelangsungan perusahaan itu sendiri maupun bagi para investor. Maka perekonomian negara juga akan mengalami peningkatan jika hal ini bisa terus terjadi.

Penanaman modal ini sangat penting dicatatkan secara akurat. Maka dari itu umumnya penggunaan aplikasi untuk akuntansi dapat membantu jalannya hal tersebut secara optimal.

Memperbanyak jumlah produk

Adanya perdagangan bebas juga dapat memberikan manfaat terhadap suatu produk yaitu produk semakin bertambah jumlahnya.

Hal ini dikarenakan kegiatan produksi yang dilakukan oleh suatu industri mendorong adanya peningkatan jumlah produk yang dihasilkannya. Peningkatan jumlah produk dalam aktivitas produksi ini biasanya terjadi karena semakin banyak dan tingginya jumlah permintaan.

Bahkan permintaan akan suatu produk bisa saja datang dari negara lain sehingga kegiatan menghasilkan produk semakin giat dengan menambah jumlah produk yang dihasilkan.

Semakin banyak produk yang dihasilkan maka sudah pasti semakin banyak pula profit atau laba yang didapat oleh perusahaan.

Mengembangkan kualitas produk

Bukan hanya kuantitas atau jumlah unit produk saja yang dapat meningkat karena adanya perdagangan bebas.

Namun tidak menutup kemungkinan kualitas produk juga akan semakin meningkat atau bertambah demi meningkatkan kepuasan konsumen terhadap penggunaan produk.

Suatu produk memang sudah tentu akan banyak dikonsumsi oleh masyarakat umum jika kualitasnya baik. Setidaknya kualitas barang tidak mengecewakan sehingga setiap konsumen bisa memanfaatkan daya guna produk tersebut secara maksimal.

Kualitas produk sendiri bisa saja meningkat dan berkembang karena adanya perdagangan bebas yang mendorong terjadinya penanaman modal pada suatu perusahaan sehingga perusahaan dapat membuat produk dengan kualitas tinggi.

Di samping itu tenaga kerja asing juga bisa saja turut mendukung kegiatan produksi di suatu perusahaan sehingga kualitas produk bisa ditingkatkan dengan penuh inovasi.

Memperbanyak lapangan kerja

Di masa sekarang ini tak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak tumbuh dan berkembang berbagai perusahaan termasuk di negara berkembang.

Pesatnya perkembangan berbagai perusahaan ini turut dipengaruhi oleh adanya perdagangan bebas yang membuka pandangan seseorang mengenai usaha atau bisnis.

Pada akhirnya berkembanglah banyak usaha atau bisnis yang kemudian terus dirintis hingga menjadi cukup besar. Jika perusahaan terus berkembang maka sudah pasti perusahaan tersebut membutuhkan bantuan dari banyak tenaga kerja.

Tak ayal banyak tenaga kerja baru yang diserap oleh perusahaan dan bersama-sama membantu perusahaan untuk bisa mencapai target.

Menambah devisa negara

Perdagangan bebas yang menjadi suatu sistem dalam perekonomian negara juga memberikan manfaat lainnya yaitu menambah devisa negara.

Perdagangan bebas yang diwarnai oleh adanya kegiatan ekspor dan impor serta investasi oleh investor asing dapat meningkatkan devisa negara. Devisa sendiri merupakan alat untuk melakukan pembayaran yang diberlakukan dalam dunia perdagangan internasional.

Jadi dengan adanya devisa maka suatu negara bisa melakukan proses jual beli antarnegara. Semakin banyak devisa negara maka akan semakin besar kemampuan negara untuk melakukan jual-beli barang antarnegara.

Dengan adanya berbagai produk yang dibeli dari luar negeri maka pemerintah setidaknya bisa mencukupi kebutuhan masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat bisa dijamin.

Resiko Sistem Perdagangan Bebas

Tidak hanya memberikan manfaat, namun pada dasarnya ada beberapa resiko yang mungkin untuk terjadi. Resiko yang akan dihadapi saat terjadi sistem perdagangan bebas di sebuah wilayah umumnya seperti berikut ini.

Mendorong terjadinya urbanisasi

Bukan hanya manfaat saja yang bisa didapatkan dari adanya perdagangan bebas. Namun perdagangan bebas pada prakteknya juga bisa menimbulkan resiko tertentu. Salah satu resiko yang bisa ditimbulkan oleh adanya perdagangan bebas yaitu terjadinya urbanisasi.

Jika terjadi urbanisasi secara besar-besaran maka bisa saja terjadi permasalahan yang serius terutama di wilayah perkotaan.

Masalah sosial akan terjadi terutama di kota-kota besar mulai dari kriminalitas yang tinggi hingga kehidupan masyarakat di wilayah kota yang tidak dapat mencapai tingkat kesejahteraan tertentu.

Masalah sosial yang timbul sebagai dampak dari urbanisasi ini bisa saja semakin meningkat seiring dengan semakin berkembangnya zaman yang diwarnai dengan adanya perdagangan bebas. Terlebih lagi jika masyarakat masih belum siap menerima kondisi globalisasi yang berkembang pesat.

Meminimalkan perlindungan lingkungan

Resiko lainnya yang juga perlu dihadapi karena adanya perdagangan bebas adalah berkurangnya perlindungan lingkungan. Apa yang terjadi selama perdagangan bebas berlangsung mungkin menyisakan dampak buruk terhadap lingkungan.

Seperti misalnya proses eksplorasi barang tambang yang kemudian merusak struktur tanah.

Selanjutnya masalah lingkungan juga bisa terjadi karena adanya pembangunan pabrik baru yang pada akhirnya berdampak adanya limbah penuh zat kimia.

Kerusakan lingkungan menjadi hal yang tak dapat dihindari lagi seiring dengan berkembangnya zaman menuju modernisasi. Hal ini juga membuat masyarakat tidak dapat memanfaatkan SDA dengan baik.

Sistem perdagangan bebas yang bukan hanya memiliki manfaat melainkan juga dapat menimbulkan risiko memang tidak dapat dihindari. Sebab sistem perdagangan bebas ini telah terjadi dengan adanya dukungan dari pemerintah berbagai negara.

Untuk itu diharapkan agar perdagangan bebas ini dapat selalu berjalan dengan baik dan tidak sampai menimbulkan hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Maka perdagangan bebas yang terjadi lintas negara akan berjalan dengan lancar dan tetap sesuai prosedur.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo