Sistem pembukuan double-entry umumnya digunakan dalam akuntansi dan dunia bisnis untuk membantu perusahaan melacak transaksi keuangan dan inventory/persediaan mereka. Akuntansi double-entry menggunakan dua input data (entry) untuk setiap transaksi yang terjadi, sehingga satu akun akan dikreditkan sementara akun yang sama akan didebit untuk jumlah yang sama. Sistem double-entry memiliki banyak keuntungan, tetapi juga memiliki beberapa masalah, diantaranya:

  • Kompleksitas. Salah satu masalah utama dengan metode pembukuan double-entry adalah kerumitan dalam prosesnya. Untuk pemilik usaha yang tidak memiliki latar belakang akuntansi, sistem double-entry akan tampak seperti belajar bahasa baru. Terminologi seperti “debit” dan “kredit” menggantikan kata-kata sederhana seperti “mengurangi” dan “menambahkan,” akan menyebabkan kebingungan. Mengetahui kapan harus mendebet rekening dan apa akun yang sesuai untuk kredit bisa saja terdengar sulit. Dan mampu membuat pembukuan pemula untuk sedikit bergeming dengan pekerjaannya.

  • Biaya. Biaya pembukuan saat menggunakan sistem double-entry secara langsung berhubungan dengan kompleksitas sistem. Karena catatan disimpan di lebih dari satu tempat, perusahaan akan memiliki banyak buku diseluruh tempat yang harus dilacak. Dalam beberapa kasus, bahkan menjadi perlu untuk mempekerjakan karyawan tambahan untuk melacak buku untuk masing-masing departemen. Jika Anda menggunakan akuntan, biaya pembukuan Anda akan lebih tinggi dan kompleks. Secara keseluruhan, biaya sistem double-entry bisa dibilang tinggi.

  • Waktu. Jumlah waktu yang dihabiskan untuk melakukan verifikasi buku Anda adalah masalah lain terkait langsung dengan kompleksitas metode double-entry. Karena entri harus dilakukan dan diverifikasi dua kali, sistem double-entry akan memakan menit waktu berharga yang Anda bisa menghabiskan dalam hal produktif lainnya. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin merasa menguntungkan untuk menyewa seorang akuntan. Pada kenyataannya, meskipun fakta mengatakan bahwa sistem double-entry dapat menyebabkan buku yang lebih akurat, bisa dibilang tidak praktis.

  • Ketepatan. Secara keseluruhan, sistem akuntansi double-entry penting bagi pemilik usaha karena biasanya akan memberikan mereka dengan catatan lebih akurat dibandingkan metode lain. Hal ini tentunya menguntungkan dalam banyak kasus, tetapi jika Anda tidak memiliki banyak latar belakang dalam pembukuan, dan Anda mencoba untuk mengerjakan semua itu sendiri menggunakan metode double-entry, Anda mungkin akan mengalami kebingungan. Masalah utama dengan sistem ini adalah bahwa jika Anda membuat satu kesalahan sepanjang jalan, maka keakuratan sisa buku Anda akan sangat berkurang.

Apa yang Dapat Kami Bantu?

Dengan berbagai kerumitan metode seperti yang dipaparkan diatas, dirasa perlu bagi pebisnis untuk mengadopsi sistem guna menyelesaikan masalah diatas. Online accounting software menjadi salah satu pilihan tepat melalui kemudahannya dalam proses otomatisasi. Sehingga proses double-entry dapat dipermudah untuk mendukung kinerja bisnis Anda. Selain itu, fleksibilitas memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja. Anda akan memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada. Dengan software akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia. Dan ketika data Anda sangat mudah untuk diakses, segala kemungkinan bisa terjadi.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang! Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
    2.Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  2. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  3. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  4. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author