Jurnal Enterpreneur

Seputar Pemberlakuan Amnesti Pajak di Indonesia

Istilah amnesti pajak atau pengampunan pajak belakangan ini sedang ramai diperbincangkan oleh orang-orang. Amnesti pajak sendiri merupakan penghapusan pajak yang seharusnya terutang dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan. Namun terjadi pro kontra mengenai penerapan aturan ini. Kubu yang pro mengatakan bahwa kebijakan amnesti pajak ini bisa menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan jumlah penerimaan pajak dan wajib pajak baru. Sedangkan yang kontra berargumen bahwa kebijakan ini merupakan langkah putus asa dari pemerintah.

Amnesti pajak sendiri bukan hal yang baru bagi Negara ini. Sebelumnya Indonesia pernah memberlakukan amnesti pajak pada tahun 1984, namun pelaksanaannya yang tidak efektif akibat respon wajib pajak yang sangat kurang serta tidak diikuti dengan reformasi sistem administrasi perpajakan secara menyeluruh. Oleh karena itu pelaksanaannya kali ini harus dipersiapkan dan dilaksanakan secara matang. Namun belum adanya payung hukum yang mengatur terkait amnesti pajak akan meningkatan potensi kecurangan serta mencederai keadilan dan melemahkan penegakan hukum.

Peraturan amnesti pajak ini juga didorong oleh skandal Panama Papers, tentang bagaimana orang-orang kaya dan berkuasa di dunia menyembunyikan harta atau kekayaan mereka. Sehingga peraturan pajak ini akan lebih menyasar pada para pengusaha tersebut. Undang-undang amnesti pajak ini menjadi relevan karena dana triliunan rupiah di luar negeri yang tidak bisa dijangkau pemerintah itu kini bisa didulang.

Terkait aturan penetapan amnesti pajak sendiri, apabila pembayaran melewati batas pengampunan pajak maka harta yang belum diungkapkan akan dianggap sebagai penghasilan, serta dikenai PPh dan ditambah dengan sanksi 200 persen. Untuk itu pemerintah harus gencar untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat seputar aturan dan ketentuan dari amnesti pajak. Agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari nanti terkait pelaksanaannya.

Di lain sisi pemberlakuan amnesti pajak ini menurut pemerintah akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi dengan ditunjuknya Sri Mulyani sebagai menteri keuangan yang baru dirasa akan memberikan dampak positif terkait pemberlakuan peraturan amnesti pajak ini. Isu amnesti pajak masih tergolong topik yang sering kali mengundang perdebatan panjang. Berbagai spekulasi terus berkembang terkait penerapan aturan ini. Untuk itu kita harus menanggapi permasalahan ini secara bijak.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo