Jurnal Enterpreneur

7 Pertimbangan Sebelum Melakukan Pinjaman untuk Pembiayaan Usaha

Pinjaman merupakan solusi bagi pemilik usaha yang membutuhkan dana lebih untuk pembiayaan usaha dan pengembangannya. Kini menemukan pihak yang memberi pinjaman cukup mudah. Ditambah dengan berkembangnya dunia digital yang memberikan wadah bagi kreditur online dalam melebarkan sayapnya. Serta kebijakan pinjaman yang juga semakin ringan.

Di balik kemudahan mengajukan pinjaman ini, seharusnya sebagai peminjam Anda lebih berhati-hati lagi untuk pembiayaan usaha Anda. Karena kemudahan ini pula yang membuat orang-orang tidak berpikir panjang dan akhirnya terlilit hutang hingga harus gali lubang tutup lubang. Oleh karena itu ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan melakukan pinjaman untuk pembiayaan usaha Anda, poin-poin pertimbangan tersebut antara lain di bawah ini.

Baca Juga: 8 Pinjaman Modal Usaha yang Tepat untuk Dimanfaatkan

 

Tujuan Meminjam yang Jelas

Tujuan meminjam uang adalah pertimbangan pertama yang harus diperhatikan. Meminjam uang bisa jadi keputusan finansial yang akan membantu keuangan usaha Anda atau justru malah memperburuk. Jika Anda telah menentukan tujuan yang jelas sejak awal, maka Anda dapat menghindari hal-hal yang bisa memperburuk usaha Anda.

Apabila uang pinjaman tersebut untuk membeli peralatan produksi, maka fokus dan gunakan uang tersebut untuk tujuan tersebut. Karena jika uang tersebut digunakan untuk tujuan berbeda, masalah akan berlanjut pada cara Anda membayar pinjaman tersebut dan dari mana mendapatkan uang untuk benar-benar membeli peralatan produksi.

Baca juga: 4 Tips Mudah Mendapat Pinjaman Modal untuk UKM

 

Jumlah Pinjaman

Tidak jarang seseorang sengaja meminjam uang dengan jumlah yang cukup banyak bahkan melebihi kebutuhannya. Dengan melakukan ini uang yang tersisa mungkin masih banyak dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa uang tersebut adalah pinjaman dan di waktu tertentu harus dikembalikan. Karenanya hindari meminjam uang melebihi apa yang dibutuhkan. Ingat kembali tujuan melakukan pinjaman dan lakukan perhitungan secara matang sebelum meminjam uang untuk pembiayaan usaha.

 

Sumber Pinjaman

Usahakan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai sumber pemberi pinjaman dan selektif dalam memilih. Ketahui bagaimana kebijakan pinjaman yang diberlakukan, suku bunga, struktur produk dan lain sebagainya. Sesuaikan kriteria-kriteria tersebut dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis Anda.

Contohnya saja suku bunga. Suku bunga akan berdampak terhadap angsuran yang harus dibayarkan perbulannya. Oleh karena itu lakukan perbandingan bunga dari berbagai sumber agar tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran.

 

Jenis Pinjaman

Ada beberapa jenis utang yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, yang antara lain:

1. Berdasarkan Pembayaran

Jenis ini dibagi atas dua yakni pelunasan sekaligus (single payment) dan cicilan (installment). Utang dengan pelunasan sekaligus biasanya dipilih jika masih dalam jumlah yang kecil. Jika pinjamannya cukup besar maka kerap diambil dengan pembayaran cicilan.

2. Berdasarkan Jaminan

Pinjaman berdasarkan jaminan dibagi atas dua yang antara lain utang dengan jaminan agunan (secured loan) dan utang tanpa jaminan agunan (unsecured loan).

3. Berdasarkan Bunga Utang

Untuk jenis ini dibagi atas tiga macam yaitu utang variable rate (effective rate), bunga fixed rate (flat rate) dan bunga anuitas.

4. Berdasarkan Jatuh Tempo

Ada dua jenis utang berdasarkan jatuh tempo yang dibagi menjadi utang jangka pendek (shot term loan) dan utang jangka panjang (long term loan). Utang jangka pendek biasanya memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun sementara utang jangka panjang memiliki waktu jatuh tempo lebih dari 1 tahun.

 

Agunan atau Jaminan

Apabila jenis pinjaman yang dapat memenuhi kebutuhan biaya Anda memerlukan agunan, sebaiknya Anda berpikir lebih dalam lagi sebelum mengambilnya. Karena agunan Anda akan dipegang oleh kreditur hingga utang lunas, maka selektif lagi memilih yang memberi kemudahan dalam pengembalian agunan. Bisa saja pinjaman yang diajukan akan macet di tengah jalan. Karena pada umumnya agunan yang diminta berupa asset real yang nilainya minimal sama dengan jumlah pinjaman atau bahkan lebih.

 

Rencana  Pembayaran

Sebelum melakukan peminjaman, Anda juga perlu berpikir jangka panjang hingga bagaimana rencana pembayaran utang. Ada sebaiknya menghitung jangka waktu yang tepat dan dari mana pokok pendapatan dalam menanggung ciciclan. Di awal pun kemungkinan besar Anda akan diminta untuk memberikan laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca dan laporan bank sehingga kreditur dapat menganalisis situasi bisnis Anda. Oleh karena itu lakukan juga perhitungan yang matang mengenai rencana perkembangan bisnis Anda.

Baca juga: 8 Pinjaman Modal Usaha yang Tepat untuk Dimanfaatkan

 

Risiko

Coba untuk lakukan analisis risiko apa yang kiranya akan terjadi dikaitkan dengan poin-poin sebelumnya. Risiko menjadi hal yang pasti ketika melakukan pinjaman namun pilihlah sumber atau jenis pinjaman yang memberikan risiko paling sedikit.

 

Dengan pertimbangan-pertimbangan ini diharapkan Anda dapat meminimalisir permasalahan yang mungkin terjadi di tengah jalan atau di akhir periode. Poin-poin yang telah disebutkan tadi dapat dilakukan jika Anda melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Sebaiknya lakukan pengelolaan keuangan yang baik sejak awal. Sehingga ketika Anda butuh melakukan pinjaman segera, Anda dapat memberi keputusan secara cepat.

Mewujudkan pengelolaan keuangan yang mudah dan baik dapat dilakukan dengan bantuan software akuntansi Jurnal. Jurnal dapat mengelola seluruh transaksi pinjaman modal yang telah dilakukan. Semuanya akan tercatat dengan rapi dan terperinci sehingga memudahkan Anda mendapatkan data-datanya ketika dibutuhkan. Selain itu, fitur monitor utang-piutang akan membebaskan Anda dari utang dan juga piutang yang tidak terbayarkan karena kemampuannya mengatur batas pembayaran utang. Untuk informasi selengkapnya tentang software laporan keuangan perusahaan tersebut dapat diakses di sini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo