Seberapa Perlukah Menggunakan Aplikasi Keuangan Perusahaan?

Saat ini semua yang sebelumnya dilakukan dengan cara manual, bisa diselesaikan secara digital, seperti pencatatan keuangan dengan aplikasi keuangan perusahaan. Apabila ditanyakan apakah aplikasi keuangan untuk perusahaan itu diperlukan? Jawabannya adalah perlu karena berbagai manfaat yang akan didapatkan perusahaan dari aplikasi ini.

Administrasi keuangan yang baik dapat mengontrol transaksi secara detail sehingga meminimalkan defisit anggaran perusahaan, mempercepat pembuatan laporan keuangan, memudahkan pengecekan, dan tentu akan memudahkan proses analisis laba rugi perusahaan. Manfaat tersebut tentu saja sangat berkaitan dengan keunggulan dari aplikasi keuangan untuk perusahaan. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa diberikan aplikasi tersebut untuk menunjang perusahaan.

 

Simpel dan Aman

Beberapa aplikasi keuangan memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses aplikasi tersebut di mana pun dan kapan pun karena data yang berbasis cloud, hal ini akan sangat memudahkan Anda untuk memperbarui data arus kas secara real time. Karena data Anda bisa diperbarui segera setelah transaksi dilakukan jadi Anda dapat meminimalkan kesalahan penginputan data yang mungkin terjadi.

Meskipun Anda bisa mengakses aplikasi ini di mana pun, bukan berarti data keuangan perusahaan Anda menjadi tidak aman. Keamanan adalah salah satu fitur unggulan dari aplikasi keuangan, karena dapat dipahami bahwa keuangan adalah unsur penting dalam sebuah perusahaan dan informasi keuangan itu sendiri merupakan aset perusahaan yang harus dilindungi. Untuk itulah beberapa aplikasi keuangan sudah tersertifikasi ISO/IEC/ 27001.

Baca juga: Pentingnya Memahami Aplikasi Akuntansi untuk Pengusaha

 

Laporan Lengkap

Karena Anda dapat mengakses data keuangan perusahaan di mana pun dan kapan pun, berarti data keuangan yang Anda miliki akan sangat detail. Data yang detail tentu saja akan menghasilkan laporan keuangan yang juga lengkap dan transparan. 

Aplikasi keuangan akan menunjukkan informasi lengkap mengenai aset yang Anda miliki, berapa utang yang harus dibayar, dan apa yang Anda investasikan dalam perusahaan. Selain itu laporan keuangan yang dihasilkan juga akan memuat transaksi individu baik itu pemasukan atau pengeluaran dalam jangka waktu tertentu yang dapat membantu Anda menghitung laba dan rugi perusahaan.

Fitur lainnya yang ditawarkan pada aplikasi keuangan adalah filter by period dan pilihan jenis file yang diinginkan. Sehingga Anda dapat dengan mudah mencetak laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Strategi Manajemen Keuangan Praktis bagi UMKM

 

Efektivitas Waktu

Hal lain yang tidak kalah penting dari keunggulan sebuah aplikasi keuangan adalah efektivitas waktu. Di mana waktu yang biasanya Anda gunakan untuk administrasi keuangan seperti membuat laporan keuangan bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bidang lain di perusahaan Anda. Karena laporan keuangan dikerjakan secara otomatis oleh sistem dari aplikasi keuangan itu sendiri.

Atau bahkan mengirimkan faktur profesional dengan mudah, karena ada aplikasi keuangan yang menyediakan template faktur profesional yang bisa anda personalisasikan dengan logo dan merek perusahaan Anda sendiri.

 

Tentu beberapa keunggulan dari aplikasi keuangan yang telah disebutkan di atas akan sangat membantu dan memberikan manfaat langsung kepada perusahaan agar dapat mengembangkan sistem yang ada khususnya dalam hal keuangan. Salah satu aplikasi keuangan yang bisa memberikan Anda manfaat seperti di atas adalah Jurnal.

Bukan hanya sekedar aplikasi, Jurnal merupakan solusi yang membantu Anda mengelola seluruh masalah keuangan bisnis dengan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dilengkapi dengan berbagai fitur keuangan dan bisnis, Anda kini tidak perlu lagi mengelola keuangan perusahaan dengan cara manual. Pelajari Jurnal di sini.

 


PUBLISHED23 Oct 2019
Sely
Sely

SHARE THIS ARTICLE: