Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen

Konsumen merupakan orang yang sangat penting bagi seorang pengusaha karena mereka  yang mampu mengembangkan sebuah bisnis. Seperti apapun perilaku yang dimiliki oleh seorang konsumen, seorang pengusaha biasanya akan mengalah dan melayani konsumen tersebut agar terjadi sebuah proses pembelian yang memuaskan. Perilaku setiap konsumen dapat berbeda-beda karena adanya berbagai hal yang memengaruhi. Baik pengaruh dari dalam konsumen itu sendiri maupun pengaruh dari luar. Lalu, seberapa penting faktor ini dalam memengaruhi perilaku konsumen ketika membeli suatu produk?

Untuk mendapat jawabannya, berikut ini merupakan penjelasan yang dapat Anda pahami.

1. Faktor Internal

Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Mengambil Keputusan

Faktor ini biasa menjadi bahan pertimbangan dari seorang konsumen untuk mengambil keputusan kepada produk yang Anda jual. Berikut ini beberapa faktor internal yang menjadi alasannya:

  • Motivasi

Motivasi adalah kegiatan dalam diri seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu yang berguna untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini sangat berpengaruh dalam pertimbangan berperilaku seseorang karena memberikan suatu dorongan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Konsumen dengan kebutuhan mendesak biasanya akan lebih cepat menentukan pembelian suatu produk atau jasa dibandingkan dengan keinginan saja.

  • Ekonomi

Keadaan ekonomi seseorang juga berpengaruh terhadap perilaku pengambilan keputusan dalam pembelian sebuah produk. Jika orang tersebut sedang memiliki uang yang lebih, secara otomatis Ia akan memilih produk berkualitas yang harganya lebih mahal. Jika sedang tidak memiliki uang lebih, konsumen akan memilih produk yang harganya cenderung lebih murah atau bahkan akan mencari produk yang berdiskon.

  • Sikap

Sikap adalah predisposisi (keadaan mudah terpengaruh) untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan lingkungan yang dapat memulai atau membimbing tingkah laku orang tersebut. Bagaimana sikap seseorang terhadap produk atau merek memengaruhi tindakan membeli atau menggunakan produk atau merek tersebut.

  • Persepsi

Persepsi merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut. Ketika seseorang menerima persepsi mengenai suatu produk dengan baik, maka Ia akan memiliki persepsi bahwa produk tersebut baik dan akan mencoba produk tersebut.

  • Integrasi

Integrasi merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Dengan maksud respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membuat seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kepercayaan Konsumen Demi Perkembangan Bisnis

2. Faktor Eksternal

Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Mengambil Keputusan

  • Kebudayaan

Kebudayaan adalah simbol dan fakta yang kompleks yang diciptakan oleh manusia, diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur perilaku manusia dalam masyarakat yang ada. Faktor budaya terdiri dari kultur, sub-kultur dan kelas sosial. Faktor-faktor budaya mempunyai pengaruh yang paling luas dan mendalam terhadap perilaku konsumen karena seseorang cenderung akan mengikuti budaya di daerah tempat tinggalnya.

  • Kelompok Sosial dan Kelompok Referensi

Kelompok sosial adalah kesatuan sosial yang menjadi tempat individu berinteraksi satu sama lain karena adanya hubungan di antara mereka. Sedangkan kelompok referensi adalah kelompok sosial yang menjadi ukuran seseorang untuk membentuk kepribadian dan perilaku. Kedua jenis kelompok tersebut berpengaruh dalam penentuan pembelian barang karena seseorang akan mencari referensi dari produk yang dimiliki anggota kelompok lainnya.

  • Keluarga

Keluarga inti menunjukkan lingkungan keluarga yang meliputi ayah, ibu dan anak-anak yang hidup bersama. Dengan arti lain, kelompok paling kecil di dalam kehidupan masyarakat tetapi mempunyai peranan terbesar dalam pembentukan sikap dan perilaku seseorang terutama pada pembelian sebuah produk. Seseorang yang sudah memiliki anak pasti memiliki pemikiran yang berbeda dalam menentukan sebuah produk yang akan dibeli karena pada umumnya akan menuruti keinginan anak tersebut.

Baca juga : 10 Hal ini Ternyata Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Dengan adanya definisi dari perilaku konsumen di atas beserta faktor-faktor yang memengaruhinya, maka sebagai pengusaha tentunya Anda dapat mulai menyesuaikan kebutuhan produk terhadap kecenderungan seseorang maupun kelompok yang memiliki perilaku konsumtif tertentu sehingga dapat memperoleh tingkat penjualan yang diinginkan.

Jika penjualan sudah berjalan lancar dan sesuai harapan, maka jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik. Untuk urusan hitung menghitung, Anda dapat menyerahkan pengelolaan keuangan dengan menggunakan bantuan aplikasi software akuntansi online yang memudahkan setiap prosesnya.

Salah satu software akuntansi yang dapat Anda gunakan yaitu Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memiliki beberapa fitur untuk memudahkan proses menghitung dan pengelolaan keuangan bisnis. Dengan menggunakan Jurnal, kemudahan mengelola keuangan, pajak dan pembiayaan tanpa harus kehilangan banyak waktu Anda yang berharga dapat diwujudkan.

Sudah waktunya bagi Anda untuk beralih dengan mendaftarkan bisnis yang sedang dibangun dan dapatkan free trial selama 14 hari ketika menggunakan Jurnal sebagai software akuntansi online. Ketahui lebih banyak tentang informasi penting mengenai Jurnal di sini.


PUBLISHED06 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: