Perhitungan Terbaru Diskon Pembelian di Jurnal, Efektif per Tanggal 1 Januari 2020

Terima kasih kami ucapkan kepada Anda pelanggan setia Jurnal. Perlu kami beritahukan bahwa mulai tanggal 1 Januari 2020, perhitungan untuk fitur diskon pembelian produk di Jurnal akan berubah sesuai dengan tanggal pembuatan dan pengubahan transaksi pembelian. Diskon akan dihitung langsung ke dalam Harga Pokok Penjualan atau Persediaan Barang dan tidak akan dipisahkan lagi ke akun Diskon Pembelian.

Sebagai contoh, transaksi pembelian Anda secara total adalah Rp 100.000 dengan diskon 10%.
Maka perubahan pada jurnal pembelian yang akan terbentuk adalah:

pic

Misalkan, pada tanggal 2 Januari 2020, Anda membuat transaksi pembelian dengan menggunakan diskon pembelian untuk transaksi mundur di tanggal 12 Desember 2019. Maka perhitungan diskon pembelian akan mengikuti perhitungan terbaru di Jurnal yang efektif berlaku per tanggal 1 Januari 2020.

Di sisi lain, misalkan pada tanggal 12 Desember 2019, Anda membuat transaksi pembelian dengan menggunakan diskon pembelian untuk transaksi di tanggal 12 Desember 2019. Kemudian, pada tanggal 2 Januari 2020 Anda memeriksa transaksi tersebut dan menemukan sedikit kesalahan dalam pencatatannya dan hendak melakukan perubahan, maka perhitungan diskon pembelian akan mengikuti perhitungan terbaru yang efektif berlaku di tahun 2020.

Silakan tanyakan kepada kami jika ada informasi yang kurang jelas. Sekali lagi, terima kasih atas kesetiaan Anda menggunakan produk kami. Jurnal adalah aplikasi akuntansi online, yang dapat memberikan kemudahan dalam mengatur keuangan bisnis perusahaan Anda. Jurnal memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam memonitor kelangsungan bisnis kapan saja dan di mana saja. Selain itu, Jurnal akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan yang lengkap dan akurat. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai promonya dapat Anda lihat di sini.


PUBLISHED20 Nov 2019
Jurnal
Jurnal

SHARE THIS ARTICLE: