Perencanaan Usaha Lebih Mudah dengan Software Akuntansi Online!

Kebanyakan pemilik bisnis kecil, terutama pengusaha baru, belum menguasai kemampuan untuk secara efektif mengelola keuangan dan menggunakan penganggaran untuk merencanakan dan melacak aktivitas bisnis. Akibatnya, mereka kehilangan kesempatan untuk melakukan perubahan mendasar untuk strategi bisnis yang bisa menyelamatkan perusahaan mereka dalam jangka panjang.

Khususnya, akuntan biasanya memahami aspek keuangan dari bisnis yang lebih baik daripada pemiliknya. Mereka adalah orang yang paling memenuhi syarat untuk memberikan saran proaktif untuk perencanaan keuangan beserta manajemennya. Tetapi untuk menyediakan layanan ini, akuntan perlu mendapatkan fasilitas nyaman, seperti software akuntansi online dan pemanfaatan teknologi lainnya. Berikut adalah beberapa cara teknologi akuntansi mampu permudah akuntan menjadi penasihat strategis untuk usaha kecil dan benar-benar membuat perbedaan dalam aktivitasnya:

Masa Depan yang Lebih Baik

Jika Anda ingin tumbuh perusahaan dan menjaga klien yang sudah ada, Anda harus pindah ke layanan proaktif dan memberikan nilai yang lebih strategis untuk usaha Anda. Sebagai seorang akuntan, Anda dalam posisi yang baik untuk menawarkan layanan bernilai tinggi ini karena Anda sudah memiliki kepercayaan penuh dari pemilik usaha. Tidak ada yang akan menyewa akuntan untuk melakukan pembukuan mereka dan mengajukan pajak mereka jika tidak ada yang mempercayai. Menggunakan teknologi baru untuk memberi diri Anda kemampuan dalam menawarkan layanan strategis untuk klien Anda, dan akhirnya menggerakkan praktek akuntansi di masa depan.

Perencanaan Strategis

Akuntan sering mengatakan bahwa mereka tidak dapat membantu pebisnis dengan perencanaan strategis dan penganggaran. Mereka mungkin mengatakan “Saya bukan pakar bisnis, saya hanya seorang akuntan.”. Seorang akuntan bila kemampuannya diterapkan dengan benar, menjadi alat yang ampuh untuk membantu usaha Anda bisnis dan berkembang.

Langkah pertama adalah menggunakan layanan untuk membantu pebisnis menyusun perkiraannya. Lebih mudah daripada yang Anda pikirkan,

gunakan 12 bulan sejarah perusahaan sebagai titik awal. Kemudian pikirkan tujuan keuangan usaha untuk 12 sampai 24 bulan ke depan untuk menempatkan perkiraan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa dirundingkan oleh akuntan, bersama dengan pemilik bisnisnya:

  • Apakah mungkin untuk meningkatkan penjualan sebesar 5 persen?
  • Apakah pebisnis memiliki rencana keuangan seperti mempekerjakan seorang manajer, atau membeli peralatan di waktu mendatang?
  • Apakah biaya produksi dapat ditekan?

Setelah proses perencanaan strategis dengan pemilik bisnis dilakukan, persiapkan perkiraan keuangan. Perkiraan meliputi laporan laba rugi, neraca, dan yang paling penting laporan arus kas yang diproyeksikan. Ada banyak layanan online untuk membantu pebisnis, jadi jangan terperosok dalam spreadsheet Excel yang rumit. Gunakan alat perencanaan bisnis online yang mencakup perkiraan keuangan untuk merampingkan proses dan lebih baik berkolaborasi dengan tim dalam bisnis.

Cara terbaik untuk membantu pemilik bisnis dalam mengelolanya secara teratur adalah untuk menemukan solusi online yang akan mengotomatisasi keuangan bisnis. Ini membantu pemilik melihat angka-angka ini dan membandingkannya secara otomatis ke periode waktu yang tepat. Ini juga memudahkan penyusunan laporan keuangan lebih cepat, hemat waktu, dan biaya makin efisien.

Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengelola pembukuan dan akuntansi lebih mudah dan cepat. Dilengkapi dengan berbagai fitur keuangan, Jurnal mempermudah Anda mengelola bisnis, bukan hanya sekedar membuat pembukuan, tapi juga membantu Anda mengelola stok barang, aset perusahaan, hingga melakukan proses rekonsiliasi bank lebih mudah dan cepat. Jadi, kembangkan bisnis dengan memulai pembukuan yang benar dengan Jurnal sekarang!

[adrotate banner=”23″]


PUBLISHED22 Dec 2019
Hafidh Ichsan
Hafidh Ichsan

SHARE THIS ARTICLE: