Perencanaan dan Komponen dalam Manajemen Bisnis

Rencana bisnis juga manajemen bisnis adalah? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus membaca tulisan di blog Jurnal By Mekari ini sampai selesai.

Perencanaan usaha sangat penting untuk memulai dan mengembangkan perusahaan agar sukses.

Rencana ini memberikan bisnis dengan visi untuk masa depan dan strategi yang jelas untuk berkembang.

Ada beberapa komponen penting dalam rencana bisnis yang efektif. Apa saja komponen perencanaan usaha yang harus Anda ketahui dan cara menyusunnya?

Apa itu Komponen Perencanaan Usaha dalam Manajemen Bisnis?

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Bisnis merupakan kegiatan yang dapat memberikan banyak keuntungan bagi siapa saja yang dapat melakukan manajemen bisnisnya dengan baik.

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus memahami tentang komponen perencanaan usaha.

Perencana usaha ini lah yang akan membantu Anda menjalankan bisnis dan mengelola bisnis Anda dengan cara yang tepat dan benar.

Perecanaan bisnis adalah suatu kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis yang mencakup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan, pengelolaan sampai cara mencapai suatu tujuan bisnis yang diinginkan.

Tujuan Komponen Perencanaan Usaha dalam Berbisnis Dan Manajemen Bisnis Adalah Berikut Ini

Komponen perencanaan usaha dalam rencana bisnis

Perencanaan usaha tentu menjadi poin penting yang sangat berperan dalam kesuksesan untuk para pebisnis.

Terlepas dari status sebagai pemula atau senior, manajemen yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik juga.

Selain itu, ketahanan akan segala jenis tantangan dan hambatan juga bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda.

Strategi dalam berbisnis pun harus disusun untuk dapat mengetahui tren di pasaran sehingga bisnis tetap bertahan.

Mengingat rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, maka semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun harus terencana secara sempurna.

Perencanaan usaha dapat memberikan kejelasan organisasi tentang seberapa layak perusahaan mereka dan apa yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Selain itu, dapat juga  membantu menetapkan langkah-langkah spesifik yang harus diambil perusahaan untuk memulai bisnis dan mempromosikan kesuksesan mereka.

Perencanaan usaha juga penting karena:

  1. Memberikan wawasan tentang sumber daya apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
  2. Menetapkan waktu yang jelas kapan perusahaan dapat berharap untuk mencapai tujuan
  3. Membantu perusahaan menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk melakukan ekspansi ke pasar baru
  4. Menawarkan cara yang jelas untuk melacak kemajuan seiring pertumbuhan perusahaan
  5. Memungkinkan pemilik bisnis untuk memprediksi dan merencanakan potensi risiko
  6. Sebagai alat bagi investor untuk menilai apakah perusahaan tersebut layak untuk diberikan dana investasi.

Perencanaan bisnis secara keseluruhan dengan detail yang matang akan membuat gambaran dari usaha dapat lebih tampak nyata dan membuat Anda lebih mudah dalam menjalankannya.

Hal-hal yang dapat direncanakan :

  • Menentukan arah tujuan perusahaan dan target bisnisnya.
  • Menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.
  • Menentukan apa saja sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi tersebut.
  • Menetapkan standar atau benchmark untuk menentukan upaya dalam mencapai tujuan tersebut.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : 6 Komponen Perencanaan Bisnis Penting untuk Perusahaan

10 Komponen Perencanaan Usaha yang Penting Dalam Manajemen Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Terdapat beberapa komponen penting dalam menyusun manajemen bisnis dalam perusahaan, diantaranya yaitu deskripsi bisnis yang jelas, analisis pesaing, strategi pemasaran, laporan keuangan dan menjaga kualitas produk serta layanan.

Berikut adalah beberapa komponen perencanaan usaha yang penting dan pengertian masing-masing:

Ringkasan Bisnis Anda

Ringkasan adalah bagian pertama dan salah satu bagian terpenting dari rencana bisnis.

Ringkasan ini memberikan gambaran umum tentang rencana bisnis secara keseluruhan dan menyoroti apa yang akan dicakup oleh rencana bisnis tersebut.

Ringkasan Anda harus mencakup pernyataan misi organisasi Anda dan produk serta layanan yang akan Anda jual ke konsumen.

Anda mungkin juga bisa memasukkan mengapa Anda memulai perusahaan jika rencana bisnis ini untuk perusahaan baru.

Deskripsi Bisnis yang Jelas

Apapun bisnis yang akan Anda jalankan, pastikan untuk memiliki deskripsi bisnis secara jelas dan mampu dipahami secara mudah oleh semua orang.

Deskripsi bisnis harus mencakup bentuk dan produk yang nantinya akan dijual atau ditawarkan, untung dan rugi, biaya operasional, harga yang dipatok hingga sistem kerja sebuah bisnis.

Jangan lupa deskripsikan juga terkait manajemen inti seperti lokasi bisnis, konsep, target pasar hingga keunggulan yang dimiliki.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Melakukan Analisis Pasar

Tujuan dari analisis pasar dari komponen perencanaan usaha adalah untuk meneliti dan mengidentifikasi target pasar.

Faktor-faktor yang akan dibahas di bagian ini meliputi:

  1. Lokasi pasar sasaran secara geografis
  2. Masalah utama yang dialami oleh target pelanggan
  3. Apa yang dibutuhkan dari target pasar dan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
  4. Demografi target pasar
  5. Di mana target pasar Anda menghabiskan sebagian besar waktunya, seperti platform media sosial dan lokasi fisik tertentu

Tujuan dari bagian ini adalah untuk menentukan dengan jelas target audiens Anda sehingga Anda dapat membuat perencanaa strategis untuk memasarkan produk atau jasa Anda.

Baca Juga : Sistem Informasi Manajemen dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Melakukan Analisis Pesaing

Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan analisis terhadap pesaing untuk bisnis Anda.

Hal ini ditujukan agar Anda dapat menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis.

Lakukan analisis serta pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari segi kelemahan dan kekuatan pesaing.

Dengan memahami siapa saja pesaing Anda dan strategi mereka, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari celah sukses bisnis Anda.

Memiliki Strategi Pemasaran

Bagian dari komponen perencanaan usaha ini harus mencakup bagaimana perusahaan Anda berencana untuk memasarkan dan menjual produk dan layanan Anda secara spesifik.

Bagian ini harus mencakup:

  1. Strategi pemasaran dan promosi produk yang sesuai
  2. Harga untuk produk dan layanan perusahaan Anda
  3. Strategi untuk melakukan penjualan
  4. Mengapa target audiens Anda harus membeli dari perusahaan Anda dibandingkan pesaing?
  5. Unique selling point dari produk yang Anda jual

Dengan strategi pemasaran yang baik, maka besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan di pasaran akan didapatkan.

Pastikan Anda merencanakan dengan tepat mulai dari biaya, promosi produk, tempat, target promosi hingga media untuk berpromosi.

Rencanakan seluruh anggaran secara rinci sehingga Anda bisa menghitung segala kemungkinan yang ada.

Kelola Bisnis Trading dan Distribusi Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manajemen dan organisasi

Bagian ini harus mencakup rincian manajemen bisnis dan strategi organisasi Anda.

Perkenalkan para pemimpin perusahaan, kualifikasi serta tanggung jawab mereka dalam bisnis. Anda juga dapat memasukkan struktur hukum perusahaan Anda.

Anda bisa memasukkan informasi ini jika ada:

  • Siapa saja orang yang menjadi manajemen utama dan apa latar belakang mereka?
  • Penambahan karyawan apa yang diperlukan untuk membuat bisnis sukses?
  • Siapa investor dan / atau pemegang saham lainnya, jika ada?
  • Siapa yang terdiri dari Dewan Direksi dan / atau Dewan Penasehat?
  • Siapa penasihat profesional (misalnya Pengacara, kantor akuntan)?

Baca Juga : Pengertian Manajemen Pemasaran dan Konsepnya di Era Digital

Deskripsi produk dan layanan

Gunakan bagian dari komponen perencanaan usaha ini untuk lebih memperluas rincian produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan Anda. Sertakan semua informasi yang relevan tentang produk dan layanan.

Contohnya seperti bagaimana Anda akan memproduksinya, berapa lama mereka akan bertahan, kebutuhan apa yang akan mereka penuhi dan berapa biaya untuk membuatnya.

Produk dan layanan yang Anda berikan menjadi poin penting.

Dengan memiliki produk yang berkualitas dan layanan yang membuat banyak konsumen puas, maka bisa dipastikan konsumen Anda bisa lebih loyal dan setia.

Namun jangan sampai karena loyalitas konsumen tersebut membuat Anda menjadi puas diri sehingga kualitas produk yang dijual menjadi semakin berkurang.

Pertahankan semua kualitasnya sehingga Anda bisa tetap dipercaya oleh konsumen.

Baca juga: Strategi Perencanaan Produksi Perusahaan Manufaktur

Rencana operasi

Anda bisa menjelaskan bagaimana Anda berencana untuk menjalankan operasional perusahaan Anda dalam komponen perencanaan usaha ini.

Berapa banyak karyawan yang akan dimiliki, dan semua detail terkait mengenai operasional bisnis Anda.

Rencana Keuangan Dalam Manajemen Bisnis

Rencana keuangan melibatkan pengembangan model pendapatan dan profitabilitas perusahaan. Laporan keuangan ini merinci bagaimana Anda menghasilkan pendapatan dan dibayar dari pelanggan.

Rencana keuangan mencakup penjelasan rinci tentang asumsi utama yang digunakan dalam membangun model rencana bisnis, analisis sensitivitas pada pendapatan utama dan variabel biaya, dan deskripsi penilaian yang sebanding untuk perusahaan yang ada dengan model bisnis serupa.

Salah satu tujuan utama dari komponen perencanaan bisnis ini adalah untuk menentukan jumlah modal yang dibutuhkan perusahaan.

Rencana keuangan melakukan ini bersama dengan menilai penggunaan yang diusulkan dari dana ini (misalnya, peralatan, modal kerja, biaya tenaga kerja, biaya asuransi, dll.)

Anda juga harus membuat laporan proyeksi pendapatan, laporan neraca, dan laporan arus kas.

Jangan sampai Anda menyepelekan perihal laporan keuangan perusahaan Anda karena hal ini merupakan hal yang sangat penting.

Pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Laporan keuangan tidak melulu rumit dan kompleks, namun Anda dapat membuatnya secara sederhana, asalkan mampu mencakup semuanya.

Pengelolaan anggaran juga menjadi faktor penting agar laporan keuangan senantiasa baik. Rencanakan anggaran secara teliti keseluruhannya sehingga Anda dapat mudah membuat laporan keuangannya.

Selalu jujur dan transparan ketika membuat laporan keuangan sehingga kemajuan dan perkembangan usaha bisa tampak.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Dokumen Lampiran

Bagian terakhir dari komponen perencanaan usaha adalah menyertakan informasi tambahan untuk mendukung lebih lanjut rincian yang diuraikan dalam rencana Anda.

Baca Juga : Pentingnya Perencanaan Bagi Bisnis Anda

Kesimpulan tentang Komponen Perencanaan Usaha Dalam Manajemen Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Pastinya dengan menjelaskan seluruh komponen perencanaan usaha yang baik, harus didukung oleh alat untuk membantu mengelola bisnis secara efisien seperti penggunaan software akuntansi online yang  akan membantu pengelolaan keuangan bisnis agar berjalan secara tertib, sehat dan terencana.

Percayakan dukungan pengelolaan keuangan bisnis Anda pada Jurnal software akuntansi online yang akan memudahkan dalam memantau arus kas, memperoleh laporan keuangan secara instan, mengirimkan tagihan, memperoleh perhitungan biaya dan masih banyak lagi.

Informasi selengkapnya tentang Jurnal bisa Anda dapatkan di sini, dan dapatkan kemudahan mengelola manajemen bisnis bersama kami.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Dalam merencanakan bisnis ada baiknya Anda terlebih dahulu membuat perencanaan usaha sesuai dengan komponen yang disebutkan di atas. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo