Perbedaan Contoh Neraca di Sektor Usaha Dagang dan Jasa

Laporan Neraca atau yang disebut juga sebagai Balance sheet merupakan sebuah dokumen bagian dari laporan keuangan yang berisi tentang posisi keuangan organisasi atau entitas tersebut. Laporan ini dibuat dalam satu periode akuntansi perusahaan. Jadi dalam setiap laporan keuangan, selalu ada laporan neraca yang melengkapi.

Pemilik bisnis, baik UKM maupun korporasi, penting untuk mengetahui cara membaca laporan neraca perusahaan. Bahkan jika diperlukan, perlu juga untuk memahami komponen apa saja yang melengkapi laporan neraca. Jadi setiap laporan keuangan dibuat, pemilik bisnis bisa membaca laporan keuangan dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat.

Pemilik bisnis perlu mengetahui bagaimana cara membaca laporan neraca karena laporan tersebut memberikan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan. Tidak hanya berapa besar keuntungan yang didapat, tetapi juga berapa kerugian atau pengeluaran.

Laporan neraca menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan yang dipimpin oleh pemilik bisnis. Jadi, dengan adanya informasi posisi keuangan yang akurat, pemilik bisnis bisa mengambil langkah yang baik untuk perusahaan. Entah itu untuk kepentingan produksi selanjutnya ataupun kepentingan periklanan.

Perlu diketahui bahwa laporan neraca tiap perusahaan berbeda satu sama lain. Bukan hanya karena entitas yang berbeda tetapi bisa juga karena jenis bisnis yang berbeda. Misalnya untuk usaha dagang dan usaha jasa. Keduanya memiliki laporan neraca yang berbeda. Ada baiknya pemilik bisnis belajar untuk mengetahui perbedaannya.

neraca lajur

Contoh Laporan Neraca dalam Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang dalam kegiatan bisnisnya melakukan penjualan atau penawaran jasa atau pelayanan. Misalnya perusahaan ekspedisi yang melayani jasa pengiriman paket dan jasa katering yang melayani katering. Perusahaan jasa juga memerlukan laporan neraca sebagai laporan keuangannya.

Laporan neraca pada perusahaan jasa tidak memerlukan persediaan barang dagang layaknya laporan dari perusahaan dagang. Karena memang stok barang yang perlu dijual berbeda dengan perusahaan dagang. Jasa tidak bisa dihitung sebagai persediaan barang dagang, meskipun jasa tersebut adalah yang jual atau tawarkan.

 

Contoh Laporan Neraca Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah suatu perusahaan yang kegiatan bisnisnya adalah membeli barang dari pemasok dan kemudian menjualnya lagi kepada konsumen tanpa merubah bentuk produk. Ada banyak sekali contoh perusahaan dagang di Indonesia. Tidak hanya untuk produk sehari-hari tetapi juga produk transportasi.

Sama seperti perusahaan yang lain, perusahaan dagang memerlukan laporan neraca. Tetapi kali ini berbeda dari perusahaan jasa, laporan neraca perusahaan dagang memiliki stok persediaan barang. Fungsinya adalah untuk menghitung berapa banyak persediaan barang yang dimiliki perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan dan Fungsinya bagi Perusahaan

Akun – Akun yang Ada di Dalam Laporan Neraca

Dalam laporan neraca, terdapat beberapa komponen yang wajib untuk dimasukkan agar proses perhitungan laporan neraca bisa lebih akurat. Setiap akun atau komponen yang dimasukkan merupakan komponen penting. Berikut ini adalah akun-akun tersebut dan juga pengertiannya:

Kas (Uang Tunai)

Kas adalah uang tunai yang diterima selama terjadinya transaksi dalam bisnis. Misalnya seperti tiap pembayaran yang diterima saat terjadi transaksi, maka uang yang masuk dari transaksi tersebut akan dimasukkan ke dalam uang tunai atau kas.

Aset Tidak Berwujud

Yang dimaksud dengan aset tidak berwujud adalah aset non fisik. Contohnya adalah paten, hak cipta, hak siar, daftar data pelanggan, dan juga karya sastra.

Investasi Jangka Pendek

Yang dimaksud dengan investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang bisa dikonversi kedalam bentuk rupiah dalam jangka waktu satu tahun. Investasi jangka pendek bisa juga dicatat sebagai aset lancar dalam laporan neraca keuangan.

Piutang 

Piutang berisi tentang uang yang perlu dibayarkan pelanggan kepada Anda. biasanya ini berhubungan dengan transaksi yang telah dilakukan. Barang atau jasa telah diberikan kepada pelanggan tetapi pembayarannya belum lunas.

Biaya Dibayar di Muka

Merupakan transaksi bisnis yang pembayarannya telah dilakukan di muka. Contohnya adalah biaya sewa kantor yang harus dibayar di muka dalam waktu satu tahun. Biaya ini termasuk dalam akun biaya dibayar di muka.

Akun Utang

Akun hutang berisi tentang hutang perusahaan yang perlu dibayarkan kepada pemasok atau distributor. Akun hutang juga merupakan akun kewajiban lancar dalam laporan neraca.

Biaya Masih Harus Dibayar

Akun ini berisi tentang gaji, upah, tunjangan, bonus dan pajak yang perlu dibayarkan. Akun ini termasuk dalam akun kewajiban.

Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit dalam bisnis juga perlu dicatat dalam akun kartu kredit pada laporan neraca. Setiap pembelian atau transaksi perusahaan yang menggunakan kartu kredit perlu dicatat dalam akun kartu kredit.

Utang Jangka Pendek

Utang jangka pendek merupakan hutang yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun. Contohnya adalah pajak gaji karyawan yang perlu dibayarkan.

Utang Jangka Panjang

Utang jangka panjang adalah hutang yang jatuh tempo dalam waktu lebih dari satu tahun. Misalnya seperti hutang obligasi. Hutang jangka panjang merupakan akun kewajiban dalam laporan neraca.

Ekuitas Atau Modal

Ekuitas pemilik perusahaan adalah bagian yang terpisah dari laporan neraca. Di dalamnya termasuk nominal saham, jumlah yang dibayarkan dalam modal dan laba ditahan.

Kelola Keuangan Lebih Praktis dengan Software Akuntansi

Komponen-komponen laporan neraca adalah komponen yang membuat laporan neraca menjadi lebih akurat. Dalam perhitungannya kesalahan secara manual bisa saja memungkinkan untuk terjadi. Untuk itu, agar kesalahan tidak banyak terjadi dan perhitungan menjadi lebih akurat, gunakan software akuntansi.

Software akuntansi adalah sebuah software atau perangkat lunak yang memiliki fitur akuntansi untuk mempermudah perusahaan mengelola akuntansi keuangan mereka. Dalam penggunaannya, software akuntansi tidak menggantikan jasa akuntan sepenuhnya. Tetapi , penggunaan software akuntansi bisa mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan.

Salah satunya adalah Software Jurnal by Mekari. Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Pada November ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo