Untuk mengetahui data pelanggan, maka setiap perusahaan harus mengumpulkan informasi dan menyimpannya dalam database yang dapat digunakan untuk melaksanakan pemasaran database. Database pelanggan biasanya berisikan semua nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi, dan bahkan data demografis dan psikografis (seperti kegiatan, minat, dan pendapat). Jika dimanfaatkan secara maksimal, informasi tersebut dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan dapat menentukan peringkat pelanggannya menurut pembelian terakhir, frekuensi, dan nilai moneter seperti Recency, Monetary Value, dan Frequency serta hanya mengirimkan penawaran kepada pelanggan yang memiliki nilai transaksi tertinggi. Pemasaran database merupakan sebuah proses membangun, memelihara, serta menggunakan database pelanggan untuk bertransaksi dan membangun hubungan dengan para pelanggan. Itu merupakan salah satu pentingnya database pelanggan untuk kesuksesan sebuah bisnis.

Manfaat Database Pelanggan

Saat memulai sebuah bisnis atau usaha, seringkali para pebisnis merasa kebingungan harus mendistribusikan produknya kemana. Hal ini biasanya disebabkan karena ketidaksiapan mereka dalam menetapkan area atau pasar yang akan dituju. Kemungkinan lainnya adalah para pebisnis tersebut sudah memiliki database yang besar, tetapi tidak diolah secara maksimal karena mereka hanya fokus pada mencari konsumen baru dan melupakan pelanggan yang sudah ada atau pelanggan lama. Database pelanggan yang akurat dan lengkap dapat diibaratkan sebagai senjata yang ampuh bagi para pebisnis. Karena database pelanggan memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1.Database pelanggan sebagai petunjuk arah penjualan

Database pelanggan dapat digunakan sebagai salah satu penunjuk arah penjualan agar produk dapat memasuki pasar yang tepat. Aktivitas penjualan akan berjalan secara cepat dan efisien jika tenaga penjual telah dilengkapi dengan database pelanggan yang prospektif dan menjadi target pasar bisnis Anda.

2.Database pelanggan sebagai gambaran potensi pasar

Database yang lengkap dan akurat akan sangat membantu para pebisnis dalam menentukan potensi pasar berdasarkan area atau kelompok umur. Dengan demikian, para pebisnis dapat menganalisa produk yang tepat untuk pembeli yang tepat. Jika potensi penjualan di area yang dituju masih cukup rendah, maka strategi promosi yang dapat mendongkrak penjualan bisnis dapat segera ditentukan.

3.Dapat digunakan untuk merekam customer blacklist

Sebagai seorang pebisnis, jangan sampai membuang waktu Anda untuk menjual produk ke orang yang salah. Dengan database yang Anda miliki, maka Anda akan mengetahui pelanggan mana saja yang bermasalah dalam melakukan transaksi jual beli. Seorang pelanggan dapat Anda masukkan ke dalam kategori blacklist dikarenakan alasan tertentu, seperti fake customer atau pelanggan yang bermasalah pada saat melakukan pembayaran.

4.Untuk menganalisa penjualan

Database yang baik akan membantu para pebisnis dalam menawarkan produk baru kepada pelanggan baru dan pelanggan lama. Selain itu, dengan menggunakan database pelanggan Anda juga dapat menganalisa penyebab penurunan atau peningkatan penjualan. Dengan demikian, maka Anda dapat segera menentukan strategi yang dibutuhkan saat penjualan mengalami penurunan.

5.Sebagai sarana untuk berkomunikasi

Jika seorang pebisnis sudah memiliki database pelanggan, maka tugas yang selanjutnya adalah menjalin komunikasi dengan pelanggan secara personal. Sehingga akan timbul kedekatan antara pelanggan dengan produk Anda. Inilah yang menjadi salah satu kunci agar para pelanggan lebih loyal terhadap produk yang Anda tawarkan.

Mengelola Database Pelanggan

Database pelanggan mempunyai peran yang vital. Dengan database yang dimiliki, setiap bisnis atau perusahaan dapat melakukan analisis untuk menggali informasi mengenai pelanggan. Misalnya untuk mencari minat dan preferensi pelanggan. Kemudian untuk mengurangi jarak antara bisnis atau perusahaan dan konsumen, perusahaan dapat memberikan informasi-informasi terbaru seputar produk yang dijual, baik melalui email, telepon, dan lain sebagainya.

Mengingat pentingnya database pelanggan, mengelola database untuk kepentingan tersebut sebaiknya tidak dilakukan sendiri. Sebagai seorang pebisnis, Anda dapat merekrut staf khusus untuk mengelola database pelanggan dan membuat event atau program untuk menjaga kedekatan dengan para pelanggan. Misalnya dengan memberikan ucapan selamat di hari ulang tahun konsumen, menyediakan produk limited edition untuk pelanggan VIP atau membentuk komunitas. Cara-cara tersebut dapat Anda terapkan untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan. Dengan memberikan personal touch dalam berkomunikasi, maka akan membuat pelanggan merasa dihargai dan menjadi bagian penting dari bisnis Anda.

Itulah beberapa informasi tentang pentingnya database pelanggan yang perlu diketahui oleh para pebisnis. Pentingnya database pelanggan jika dimanfaatkan secara maksimal dapat memberikan banyak keuntungan. Seperti dapat menghemat biaya, memberikan layanan khusus bagi para pelanggan, serta mendorong penjualan. Untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda, gunakan bantuan aplikasi akuntansi online. Jurnal hadir sebagai simple online accounting software yang sangat cocok untuk digunakan para pebisnis di Indonesia. Jurnal menyediakan layanan software akuntansi online yang aman, andal, dan memiliki fitur lengkap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan menggunakan Jurnal, Anda akan lebih mudah dan leluasa dalam mengakses data laporan penjualan dan mengerjakan pembukuan kapan dan di mana saja.