Pengertian Penawaran dan Faktor yang Memengaruhinya

Ilmu ekonomi menjelaskan, bahwa dalam setiap transaksi perdagangan ada yang namanya permintaan (demand) dan penawaran (supply). Harga dan kuantitas suatu barang atau jasa akan saling memengaruhi satu sama lain. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa itu penawaran dan permintaan agar dapat memprediksi fenomena ekonomi di masa mendatang. 

Sebelum memprediksi penawaran, Anda perlu mengetahui apa itu penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya penawaran.

Pengertian Penawaran

Pengertian Penawaran

Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang yang tersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.

Jika harga naik, jumlah barang yang ditawarkan bertambah. Begitu juga ketika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga turun atau semakin sedikit.

Peran penawaran sangat penting dalam dunia ekonomi, karena dapat digunakan sebagai analisa ekonomi mikro. Penawaran juga dapat digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ilmu ekonomi lainnya. Dari penawaran akan dapat digunakan sebagai perkiraan harga yang berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta dan kuantitas yang ditawarkan dalam pasar yang kompetitif.

Jenis-jenis Penawaran

Jenis-jenis Penawaran

Penawaran secara harafiah adalah perilaku seseorang untuk menawarkan barang atau jasa kepada orang lainnya. Namun pada ilmu ekonomi, penawaran terbagi menjadi dua.

  1. Penawaran mikro, penawaran jenis ini adalah penawaran perorarangan, dimana produsen menawarkan barang/jasa kepada konsumen.
  2. Penawaran makro, pada jenis ini lebih memfokuskan pada kondisi pasar secara menyeluruh.

Baca juga: Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran 

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran 

Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat kegiatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran. Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi penawaran:

1. Harga Barang

Harga barang menjadi faktor utama besar kecilnya penawaran. Semakin tinggi harga barang, maka semakin tinggi pula penawaran yang dilakukan oleh konsumen.

2. Jumlah Penjual atau Produsen

Jika jumlah produsen suatu barang tertentu tinggi, maka jumlah penawaran terhadap barang tersebut juga akan tetap tinggi. Misalnya, jika suatu daerah menjadi sentra penghasil sepatu. Maka penawaran sepatu di daerah tersebut akan tinggi.

3. Bencana Alam

Jika terjadi bencana alam pada suatu daerah penghasil suatu produk. Maka bisa dipastikan bahwa jumlah produksi barang tersebut akan menurun dan mempengaruhi tingkat penawarannya.

4. Harga Barang Pengganti

Apabila harga suatu barang meningkat maka penawaran terhadap barang  pengganti akan mengalami peningkatan karena penjual akan menawarkan barang pengganti sebagai alternatif barang utama yang mengalami kenaikan. Contohnya harga kopi meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh terlihat lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh.

5. Biaya Produksi

Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya.

Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barang barang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit.

6. Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak. Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek, yaitu produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah sehingga keuntungan bertambah tinggi.

7. Pajak

Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika pajak suatu barang menjadi tinggi, maka permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.

8. Perkiraan Harga di Masa Depan

Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya pada saat krisis ekonomi, harga-harga barang dan jasa naik, sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa, karena takut tidak laku. 

9. Kebijakan Pemerintah dan Situasi Politik

Kebijakan pemerintah juga memengaruhi komoditas pasar. Misalnya kebijakan kenaikan bea cukai atau penghapusan bea cukai. Selain kebijakan pemerintah, situasi politik dalam suatu negara juga memengaruhi penawaran. Jika suatu negara dalam situasi politik yang kritis, maka semakin tinggi penawaran pasar.

Baca juga : Panduan Lengkap Evaluasi dan Rencana Bisnis

Mengetahui faktor penyebab tinggi rendahnya penawaran akan ikut memengaruhi sebuah perencanaan dalam proses produksi di masa depan. Untuk mengetahui perhitungan secara akurat terhadap kemungkinan tersebut, pihak perusahaan juga bisa melihat dari  laporan keuangan perusahaan.

Jurnal software akuntansi online, membantu setiap perusahaan untuk memiliki laporan keuangan yang akurat disertai fitur-fitur pendukung seperti neraca saldo otomatis, perubahan ekuitas dan ringkasan rekonsiliasi bank. Dengan Jurnal, Anda bisa memiliki perencanaan yang baik dan waktu yang lebih efisien untuk fokus pada pengembangan usaha. Informasi lebih lanjut tentang Jurnal bisa Anda dapatkan di sini atau coba Jurnal secara gratis sekarang juga!


PUBLISHED27 Dec 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: