Market Segmentation atau Segmentasi pasar merupakan pembagian kelompok konsumen atau pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda di dalam pasar tertentu. Sehingga nantinya konsumen atau pembeli tersebut menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing tersendiri. Dengan kata lain, pasar yang tadinya hanya satu dan luas, dijadikan beberapa pasar yang bersifat homogen setelah mengalami sebuah segmentasi. Segmentasi ini bertujuan untuk membuat proses pemasaran lebih terarah sehingga sumber daya yang ada dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Tujuan dan Manfaat Melakukan Market Segmentation

Tujuan utama pengelompokan pasar adalah untuk membagi pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa tujuan dilakukannya pengelompokan pasar:

  1. Untuk memudahkan dalam membedakan pasar, dimana minat dan selera konsumen sangat beragam dan akan terus berkembang. Dengan mengelompokkan konsumen yang bersifat homogen, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya adalah suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar yang lainnya.
  2. Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Dengan melakukan market segmentation, maka suatu bisnis akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
  3. Strategi pemasaran menjadi lebih terarah, termasuk dalam menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi. Dengan adanya pengelompokan pasar, maka suatu bisnis dapat mengarahkan dana dan usahanya ke dalam market yang potensial dan lebih menguntungkan.
  4. Lebih mudah dalam mengenal kompetitor dengan segmen yang sama. Dengan begitu, suatu bisnis dapat mempelajari dan meniru strategi pemasaran kompetitor sehingga dapat merebut perhatian konsumen.
  5. Lebih mudah dalam mengevaluasi target dan rencana bisnis.

Segmentasi pasar dilakukan bukan tanpa alasan, tetapi ada beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh suatu bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.
  2. Akan lebih terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
  3. Untuk mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
  4. Dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan efisien.
  5. Akan lebih terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  6. Akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.

Dasar dan Syarat-syarat Segmentasi Pasar

Dalam melakukan pengelompokan pasar, para pebisnis dapat merujuk pada beberapa dasar pelaksanaannya. Diantaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Demografis, yaitu dasar pengelompokan pasar yang didasarkan pada kondisi demografis yang meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, dan lain sebagainya.
  2. Geografis, yaitu dasar pengelompokan pasar yang didasarkan aspek geografis yang meliputi lokasi atau daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk, dan lain sebagainya.
  3. Psikografis, yaitu dasar pengelompokan pasar yang didasarkan pada ciri-ciri kepribadian, yang meliputi kepribadian, kelas sosial, dan gaya hidup.

Berikut ini adalah beberapa syarat segmentasi pasar yang efektif dan dapat dilakukan oleh para pebisnis:

  1. Pengelompokan pasar harus terukur, baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut (Measurable).
  2. Pengelompokan pasar juga harus dapat dilaksanakan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik (Accessible).
  3. Segmentasi pasar harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan (Substantial).
  4. Segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas (Differentiable).
  5. Pengelompokan pasar harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan (Actionable).

Pentingnya Melakukan Market Segmentation

Dengan adanya segmentasi, maka para pebisnis dapat mengenal target konsumen secara lebih mudah. Karena lebih mengenal pasar, maka para pebisnis akan lebih fokus dalam merancang strategi pemasaran, termasuk menentukan media komunikasi yang sesuai dengan segmentasinya. Selain itu, para pebisnis juga dapat lebih mudah dalam mempersonalisasi usaha pemasaran agar lebih sesuai dengan masing-masing segmentasi. Segmentasi tersebut juga dapat memecahkan satu masalah utama dalam pemasaran, yaitu untuk menciptakan lebih banyak konversi. Konversi pada dasarnya adalah ketika audience pemasaran melakukan sesuatu sesuai call-to-action yang ditawarkan. Contohnya, Anda mengirimkan e-mail newsletter kepada para pelanggan. Ketika pelanggan tersebut membuka e-mail, maka hal tersebut sudah termasuk bentuk dari konversi.

Basis-basis segmentasi pasar seperti yang telah dijelaskan di atas dapat digunakan menjadi bagian dari strategi bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan menentukan segmentasi bagi target pasar Anda, maka Anda pasti akan lebih efisien dan fokus dalam menyusun rencana bisnis, pengembangan produk serta strategi pemasaran yang Anda lakukan bisa jauh lebih baik dan tepat sasaran. Kesuksesan sebuah bisnis juga dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan yang baik tepat. Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan pembukuan secara akurat, Anda dapat memanfaatkan kemudahan software akuntansi online seperti Jurnal. Jurnal hadir dengan berbagai fitur yang lengkap dan terpercaya bagi para pelaku UKM di Indonesia. Anda dapat mencoba Jurnal secara GRATIS selama 14 hari jika melakukan pendaftaran sekarang juga! Lihatlah bagaimana software akuntansi online Jurnal akan memberikan Anda kemudahan dan keuntungan dalam menjalankan bisnis.