Ada beberapa hal yang kadang mengganggu saat melakukan proses pembukuan secara manual, seperti dalam hal pemfakturan yang kadang sangat merugikan bisnis Anda. Jumlah bisnis yang telah berpindah ke pemrosesan faktur secara otomatis pun terus meningkat. Menurut laporan PayStream Advisors, pengelolaan faktur secara elektronik ini naik sebesar 3 persen dan otomatisasi alur kerja sebesar 2 persen pada 2011-2012. Account Payable News juga menunjukkan bahwa departemen AP biasanya menghabiskan 80 persen dari waktu mereka untuk pengelolaan faktur. Itu adalah hal yang sangat boros, lambat, dan tidak efisien. Mungkin permasalahan ini yang mungkin Anda alami:

  • Mengurus tumpukan kertas faktur. Departemen Anda mungkin saja menerima tumpukan faktur dengan berbagai format di setiap tahun yang mungkin saja jumlahnya bisa ratusan, bahkan ribuan. Data yang membutuhkan penginputan secara manual untuk dimasukkan kedalam sistem. Proses ini relatif lambat, kurang efisien, dan boros secara waktu, kemudian sangat rentan saat bisnis mengalami kehilangan atau kekeliruan dalam pengurusan dokumen. Mengotomatisasi mampu menghilangkan gunungan kertas ini. Faktur yang masuk dapat dipindai dan data secara otomatis dapat diambil melalui teknologi seperti Optical Character Recognition. Dokumen elektronik mampu disimpan dan dikelola secara terpusat.
  • Duplikasi Faktur. Duplikasi faktur dapat menjadi masalah yang sangat besar untuk sebuah bisnis, duplikasi pembayaran dapat muncul melalui suap (penyelewengan dana), atau melalui kesalahan oleh pihak penyuplai. Kesalahan ini dapat berujung pada biaya yang lebih besar dalam departemen dan keuntungan yang menurun untuk perusahaan secara keseluruhan. Tetapi dengan manajemen faktur yang otomatis akan mengurangi tingkat manualisasi pada pengelolaannya.

Pada intinya, semua masalah diatas hanya akan membuang waktu dan pikiran Anda yang sebenarnya dapat dilakukan oleh mesin (ataupun hal lain) secara otomatis. Mengotomatisasi beberapa alur kerja memungkinkan tim untuk lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis. Fokuskan tenaga dan pemikiran pada hal yang lebih strategis untuk pengembangan bisnis. Dan serahkan urusan yang merepotkan, membuang waktu, lambat, dan kurang efisien ini pada proses otomatisasi.

Manfaat Akuntansi Online

Sebagai pemilik bisnis, mungkin Anda telah menggunakan berbagai macam teknologi cloud untuk menjalankan usaha Anda, seperti Dropbox, Goggle Drive, dan lain sebagainya. Alasannya beragam, entah untuk fleksibilitas yang lebih besar, membantu perkembangan kolaborasi dalam tim, efisiensi manajemen pengelolaan data, beragam manfaat ditawarkan ketika Anda menggunakan cloud sebagai basis aset bisnis Anda. Akuntansi berbasis cloud adalah salah satu teknologi yang mendorong pebisnis untuk menggunakannya, diantaranya:

  • Aksesibilitas. Kemampuan untuk mengawasi keadaan finansial dan pekerjaan lainnya dari manapun hanya dengan menggunakan koneksi Wi-Fi atau internet, bahkan melalui mobile device ataupun tablet. Sederhananya, Anda dapat melakukan transisi dari komputer kantor ke sistem cloud dan menumbuhkan integrasi serta kerjasama dalam perusahaan yang efektif dan efisien.
  • Keamanan. Hari-hari stres dan melelahkan saat melakukan backup secara manual file/data atau saat komputer yang (mungkin) rusak sudah berakhir. Dengan akuntansi berbasis cloud data Anda akan selalu dilindungi, update keamanan dilakukan secara otomatis dan tidak ada lagi khawatir tentang kehilangan data Anda pada PC.
  • Biaya. Software as a Service (SaaS) biasanya menggunakan sistem berlangganan, yang memungkinkan Anda menyimpan sejumlah uang yang sebelumnya digunakan untuk membeli perangkat lunak yang dipasang pada desktop, untuk kebutuhan lainnya. Beralih ke akuntansi cloud mampu meningkatkan arus kas perusahaan, terutama jika Anda memiliki banyak pengguna (kolaborator) dalam tim Anda. Misalnya, Jurnal menawarkan user terbatas untuk harga bulanan yang sama.
  • Kolaborasi. Di sinilah hal yang menarik akan terjadi – anggota tim dapat memiliki akses yang berbeda berdasarkan kebutuhan masing-masing untuk mengakses data bisnis Anda. Staf dan akuntan Anda akan memiliki kemampuan untuk melihat data yang sama secara real-time, baik jarak jauh atau pun di ruangan yang sama. Keputusan bisa lebih cepat diambil dan pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat.

Selain itu, fleksibilitas memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah , atau di mana saja. Anda akan memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada. Dengan software akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia. Dan ketika data Anda sangat mudah untuk diakses, segala kemungkinan bisa terjadi.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.
Author