Kota Medan mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan yang ramai mengunjungi setiap destinasi tersebut merupakan wisatawan lokal dan mancanegara. Selain terkenal dengan destinasi wisata yang menarik, kota Medan juga mempunyai berbagai jenis oleh-oleh khas yang cocok dijadikan sebagai buah tangan. Mulai dari kain tradisional, kue, hingga buah-buahan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota Medan membuat peluang usaha oleh-oleh di sana semakin terbuka lebar. Membuka usaha oleh-oleh khas Medan memang merupakan ide yang menarik, namun Anda juga perlu tahu bahwa sudah sudah banyak aneka oleh-oleh khas Medan yang tersebar di pasaran. Jika Anda ingin membuka usaha oleh-oleh khas Medan, buatlah sesuatu yang berbeda dan menarik perhatian calon pembeli.

Ide Menarik Oleh-oleh Khas Medan

Inspirasi Peluang Usaha Kuliner Oleh-oleh Khas Kota Medan

Ada beberapa inspirasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai usaha oleh-oleh khas Medan, khususnya di bidang kuliner. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bika Ambon

Siapa yang tidak kenal dengan Bika Ambon? Ternyata, sebagian besar orang menganggap bahwa Bika Ambon berasal dari Ambon karena namanya. Padahal, makanan yang banyak digemari ini berasal dari Kota Medan. Bika Ambon memiliki tekstur berserat dengan rasa legit yang terbuat dari tepung tapioka, gula, santan, telur dan air nira. Bagi Anda yang tertarik untuk merintis usaha oleh-oleh jenis ini, Anda bisa menambahkan kreasi dan inovasi baru agar lebih menarik. Seperti membuat Bika Ambon dengan variasi rasa yang berbeda, atau membuat packing yang terlihat lebih eye catching.

2. Pancake Durian Medan

Buah Durian yang disukai banyak orang bisa menjadi peluang usaha oleh-oleh yang cukup menjanjikan, apalagi Kota Medan memang khas dengan buah Durian. Namun kali ini buah Durian disajikan dengan cara yang berbeda, yaitu dalam bentuk pancake. Pancake Durian Medan ini berbentuk seperti dadar gulung yang terbuat dari kulit adonan tepung. Lalu diisi dengan daging durian yang rasanya luar biasa. Pancake Durian memang sudah cukup terkenal di kota Medan, dan menjadi salah satu oleh-oleh favorit para pecinta durian. Dengan berbagai varian rasa seperti mocca, coklat, pandan, dan lainnya, Pancake Durian sangatlah digemari.

3. Teri Medan

Teri Medan memiliki cita rasa yang berbeda dengan teri yang ada di daerah lain pada umumnya. Oleh-oleh khas Medan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Meskipun bentuknya kecil, teri medan yang satu ini biasanya dimasak dengan sambal kacang. Rasanya sangat menggugah selera apalagi jika dinikmati bersama nasi putih hangat. Oleh-oleh teri medan tidak hanya dijual dalam bentuk siap saji, tetapi juga  dijual mentah serta dikemas dalam berbagai ukuran dengan harga mulai dari Rp70.000 per kg. Mudahnya mendapatkan teri ini membuat para pebisnis semakin ramai membuat olahan teri medan sebagai oleh-oleh.

4. Manisan Jambu Bangkok

Makanan khas Medan lain yang juga menjadi andalan banyak orang yaitu manisan jambu. Jambu biji yang biasa dimakan secara langsung atau dengan cara di jus, ternyata bisa dibuat manisan yang rasanya nikmat. Jenis jambu yang digunakan untuk membuat manisan ini adalah jambu bangkok yang berukuran besar. Oleh-oleh yang satu ini dapat bertahan hingga 3 hari jika disimpan di dalam kulkas.

5. Sirup Buah Markisa

Jenis oleh-oleh khas Medan yang bisa bertahan lama adalah Sirup Buah Markisa. Sirup Buah Markisa sangat cocok diminum di siang hari, di tengah udara kota Medan yang panas. Sirup ini dipercaya mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang berkhasiat baik untuk tubuh.

6. Tempe Medan

Tempe Medan yang terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Medan ini ternyata berbeda dengan tempe pada umumnya. Makanan khas Medan ini terbuat dari olahan kacang kedelai dan berbentuk lebih tebal dengan kedelai yang lebih besar serta warnanya yang kuning. Karena sudah cukup populer, makanan yang satu ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda. Anda bisa memproduksi Tempe Medan dan langsung menjualnya atau membuat olahan yang enak dan menarik berbahan dasar tempe ini.

7. Ikan Sale

Sebagian orang pasti mengira bahwa istilah sale biasanya berbahan dasar pisang. Namun di Medan, ikan dapat diolah menjadi ikan sale. Ikan Sale Medan adalah ikan yang dimasak dengan cara diasapi atau dijemur. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan lele limbat. Ikan sale Medan bisa diolah menjadi makanan gulai khas Mandailing. Selain itu, ikan sale juga dapat digoreng dengan irisan bawang dan cabai.

8. Lemang

Lemang merupakan salah satu makanan khas kota Medan yang bentuknya seperti lontong. Makanan ini terbuat dari dari santan, ketan putih, garam, serta daun pisang untuk membungkus, kemudian dibakar. Lemang merupakan makanan tradisional khas Medan yang bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan hangat. Di kota Medan, Lemang menjadi santapan wajib saat berbuka puasa dan sahur. Karena, ketan yang menjadi bahan utamanya mengandung karboidrat sehingga sangat cocok untuk mengganjal perut. Biasanya Lemang dihargai sekitar Rp25.000 per porsi dengan porsi yang cukup banyak.

Cara Mudah Melihat Peluang Usaha

Inspirasi Peluang Usaha Kuliner Oleh-oleh Khas Kota Medan

Untuk memulai sebuah usaha, kebanyakan orang merasa kesulitan untuk menemukan peluang usaha yang menjanjikan. Sebenarnya sebuah peluang tidak akan datang dengan sendirinya, tetapi Anda harus mencari atau menciptakannya sendiri. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mencari peluang usaha, maka Anda dapat mencari beberapa ide usaha dari lingkungan sekitar. Ada banyak ide usaha yang dapat Anda temukan hanya dengan menganalisa pasar lingkungan sekitar. Dengan menjalankan peluang usaha yang berasal dari lingkungan sekitar, maka Anda dapat melakukan analisa pasar dengan lebih praktis. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk melihat peluang usaha di sekitar dengan mudah:

1. Melihat potensi daerah sekitar

Jika Anda sedang mencari potensi usaha, maka Anda dapat memulainya dengan mengamati dan menganalisa potensi usaha di lingkungan sekitar. Dimulai dari beberapa jenis usaha yang sukses di daerah sekitar. Cari tahu kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh beberapa jenis usaha yang sukses tersebut. Dengan demikian, Anda akan memperoleh data tentang potensi jenis usaha tersebut di lingkungan Anda. Selanjutnya, berdasarkan dari data yang telah Anda peroleh, Anda dapat membuat usaha tersebut dengan konsep yang berbeda dan memperbaiki kelemahannya.

2. Mencari tahu kebutuhan masyarakat sekitar

Cara lain untuk melihat peluang usaha adalah dengan mencari dan mengamati kebutuhan masyarakat di sekitar Anda. Cara ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk melihat peluang usaha. Misalnya daerah Anda merupakan daerah pertanian yang memerlukan berbagai kebutuhan seperti pupuk, bibit atau alat pertanian. Maka kebutuhan para petani ini dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha dengan memenuhi kebutuhan para petani tersebut. Dengan membuat usaha yang berdasarkan pada kebutuhan lingkungan sekitar, tentunya Anda akan lebih mudah dalam menjalankan usaha tersebut. Hal ini dikarenakan Anda sudah memiliki target pasar dan juga konsumen.

3. Melakukan kerjasama dengan usaha lainnya

Jika Anda tidak memiliki lokasi strategis untuk tempat usaha, tidak ada salahnya untuk melakukan kerjasama dengan pemilik usaha lainnya. Bekerjasamalah dengan pemilik usaha sekitar dengan cara menitipkan barang dagangan Anda. Carilah jenis usaha yang cocok dengan barang dagangan Anda. Selain itu, Anda juga harus memilih tempat usaha yang ramai pengunjung agar barang dagangan Anda laris.

4. Memulai usaha dari hobi atau mencari bakat sendiri

Memulai usaha dari hobi merupakan salah satu cara yang paling tepat. Dengan memanfaatkan hobi Anda untuk membuka sebuah usaha, tentunya akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Karena pada saat menjalankan hobi, Anda juga dapat memperoleh penghasilan. Selain hobi, cara paling efektif untuk mencari peluang usaha adalah dengan mencari bakat yang Anda miliki. Terkadang, sebagian orang tidak menyadari bahwa sebenarnya potensi yang dimiliki dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Sebelum memulai sebuah usaha, Anda dituntut untuk mempertimbangkan beberapa hal penting. Di antaranya adalah jenis usaha, jenis produk, modal, target pasar, lingkungan, resiko, hingga legalitas. Temukan peluang usaha yang paling cocok bagi Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti usaha di bidang kuliner, khususnya oleh-oleh khas Medan, pastikan bahwa produk Anda berkualitas dan menarik. Dengan begitu, usaha oleh-oleh yang Anda jalankan mampu bersaing di pasaran dan dapat berkembang.

Untuk mendukung keberhasilan Anda dalam menjalankan sebuah usaha, kini Anda dapat memanfaatkan layanan software akuntansi online dengan mudah. Jurnal menyediakan software akuntansi online yang aman dan handal. Layanan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjalankan usaha secara baik, benar, dan profesional.

Jurnal memiliki fitur Mobile yang bisa Anda nikmati secara mudah dan gratis. Fitur tersebut akan menampilkan ringkasan bisnis Anda secara periodik dari data penjualan, pembelian, biaya, dan laba-rugi. Coba sekarang, dan rasakan keuntungannya!