Remote worker atau pekerja work from home jadi tren hiring perusahaan untuk memaksimalkan produktivitas bisnis dengan menekan biaya beban perusahaan. Adanya remote worker juga disebabkan karena perusahaan menyewa freelancer, penggunaan virtual office, atau memiliki tempat kerja lain pada divisi tertentu.

Pekerjaan Remote worker biasanya meliputi pekerjaan-pekerjaan praktis seperti: desainer grafis, desainer pakaian, teknisi, penulis, pembuat konten, video editor, atau event. Meskipun dalam mempekerjakan remote worker melampirkan surat kontrak kerja, tentu harus ada kontrol di dalamnya agar tidak ada misleading atau miskomunikasi yang berujung kurangnya kualitas kerja.

Aplikasi absensi karyawan sebenarnya dapat menjadi solusi untuk memantau kinerja remote worker. Aplikasi absensi karyawan juga menjadi jawaban bagi Anda yang memiliki virtual office atau lokasi kantor yang nomaden. Selain aplikasi absensi mudah diakses dan dibawa kemana-mana berikut keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan.

Baca juga: Simak Kelebihan dan Kekurangan jadi Freelancer

Atur Jadwal Kerja Hanya dengan Smartphone

Mengatur jadwal dengan aplikasi pengolah data yang bikin pusing, atau perlu mencetaknya dan dibagikan ke karyawan bukan ide yang bagus saat ini. Kehilangan data, kertas yang tercecer atau terbakar bisa saja terjadi. Dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan, semua data tersimpan dalam cloud sehingga aman dan mudah diakses dimana saja.

Mengatur jadwal juga dapat dilakukan hanya dengan  aplikasi smartphone. Jadwal dapat diatur dengan mudah secara real-time dan dapat diakses oleh seluruh karyawan di berbagai tempat. Anda juga dapat mengatur jadwal untuk berbagai outlet atau workplace hanya dengan satu akun. Misalnya, divisi video editing bekerja di virtual office A, desainer grafis di virtual office B. Semua dapat terakses dan termonitor dengan baik.

Fitur GPS untuk Pantau Absensi

Fitur GPS untuk memantau lokasi karyawan merupakan terobosan. Pada umumnya aplikasi absensi karyawan hanya mengandalkan koneksi internal untuk memantau lokasi karyawan seperti WiFi. Namun Attendance by Talenta, salah satu aplikasi absensi karyawan di Indonesia dapat memantau karyawan secara global dengan GPS.

Selain GPS, Ada juga fitur upload dokumen dan juga selfie. Dengan fitur unggah dokumen, interaksi pekerjaan antara admin dan juga karyawan dapat dilakukan secara cepat tanpa harus mencetak berkas. Fitur kamera juga memungkinkan Anda juga memantau kondisi real karyawan. Misalnya, kantor virtual A sedang mengalami kebakaran. Anda dapat memberikan bukti dengan mengunggah foto.

Check in and Check out on-the-go

Fitur ini yang menjadi andalan aplikasi absensi karyawan dan sangat memudahkan bagi remote worker. Pekerja remote tidak perlu datang ke head office hanya untuk absensi. Hanya dengan smartphone dan mengaktifkan GPS Anda sudah terhitung check in atau check out.

Selain proses absensi yang mudah, penggunaan aplikasi absensi karyawan juga dapat mengajukan absen ketidakhadiran dengan mengunggah surat sakit melalui aplikasi. Akun admin juga dapat menentukan waktu toleransi keterlambatan dan juga memantau performance karyawan pada unit kerja melalui rekapitulasi absensi.

Rekapitulasi data yang mudah

Bukan saatnya bagi seorang personalia profesional masih menggunakan cara konvensional dalam mengelola data rekapitulasi absen. Aplikasi absensi dengan mudah dan cepat merekap data absensi, progress kerja, dan roster shifting hanya menggunakan satu aplikasi absensi karyawan di smartphone Anda.

Terintegrasi dengan sidik jari

Beberapa aplikasi sudah terintegrasi dengan absensi sidik jari. Dengan proses integrasi ini, remote worker tidak perlu pergi ke kantor hanya untuk melakukan absensi sidik jari. Jadi penggunaan aplikasi absensi bukan berarti meninggalkan cara lama namun mengoptimalkan metode yang sudah ada.

 

Tips Memilih Aplikasi Absensi Karyawan Work from home

Dalam memilih aplikasi absensi karyawan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut;

  1. Tampilan ringkas dan mudah. Aplikasi saat ini tentu harus memiliki UI/UX yang mampu memberikan pengalaman dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi. Aplikasi juga harus  mudah dipahami.
  2. Fitur yang lengkap. Salah satu fitur yang harus Anda perhatikan adalah memiliki fitur yang lengkap dan cepat.
  3. Pilih yang gratis dan tanpa batas. Beberapa aplikasi absensi memiliki batas penggunaan. Lainnya juga dikenakan biaya. Aplikasi gratis tidak akan mengurangi cost usaha Anda.

Itulah kenapa aplikasi absensi karyawan sangat dibutuhkan oleh usaha yang memiliki remote worker atau work from home. Menggunakan aplikasi absensi karyawan berarti mempermudah segala pekerjaan Anda terutama pada tata kelola karyawan.

attendance by talenta, aplikasi absensi karyawan

Anda dapat mengunduh Attendance by Talenta sebagai aplikasi absensi karyawan pilihan karena memiliki fitur-fitur lengkap yang dapat membantu dalam mengelola remote worker atau freelancer. Attendance by Talenta dapat Anda unduh di Google Play Store secara gratis.

Author