Laporan laba rugi merupakan salah satu laporan keuangan yang memberikan informasi mengenai pendapatan dan biaya dari suatu entitas pada periode tertentu. Melalui laporan laba rugi, Anda dapat mengetahui laba atau rugi yang diperoleh. Oleh karena itu, seorang pengusaha wajib dapat membaca laporan laba rugi. Baik laporan laba rugi perusahaan dagang maupun jenis perusahaan lain sesuai bisnis yang Anda geluti.

Sayangnya, para pelaku usaha tidak semuanya berasal atau memiliki latar belakang ilmu akuntansi, sehingga mereka masih awam tentang laporan laba rugi. Padahal pada dasarnya untuk membaca laporan laba rugi tidaklah sulit. Format laporan laba rugi antara perusahaan dagang atau jenis perusahaan lainnya tidak jauh berbeda. Jadi untuk mempelajarinya Anda hanya perlu memahami beberapa istilah yang ada di dalamnya saja.

Istilah dalam Laporan Laba-Rugi Perusahaan Dagang

Berikut beberapa istilah yang perlu Anda ketahui pada laporan laba rugi perusahaan.

a. Penjualan Bersih

Penjualan bersih merupakan total penjualan yang didapatkan oleh perusahaan setelah dikurangi dengan diskon, retur, dan sebagainya.

b. Harga Pokok Penjualan (HPP)

Istilah kedua yang perlu Anda ketahui artinya yakni tentang harga pokok penjualan atau HPP. Pada perusahaan dagang, untuk menentukan harga pokok dari produk yang akan dijual maka perusahaan perlu menghitung HPP. Sementara, untuk usaha seperti retail, HPP dapat dihitung dari jumlah harga yang harus dibayar ditambah dengan biaya-biaya lain sampai barang tersedia ditempat untuk dijual. Sedikit berbeda, perhitungan HPP pada industri dihitung dari nilai atau jumlah persediaan awal barang dagangan ditambah biaya pembelian, biaya lain-lain dan dikurangi dengan jumlah persediaan akhir.

c. Pengeluaran

Dalam laporan laba rugi sudah pasti akan ada pos pengeluaran. Pengeluaran merupakan pengurang dari akun atau pos pendapatan untuk menentukan laba atau rugi perusahaan. Contoh pengeluaran seperti biaya produksi, biaya listrik, biaya telepon, biaya operasional, biaya tenaga kerja, dan biaya-biaya lain yang dikeluarkan perusahaan untuk menjalankan usahanya.

d. Dividen

Dividen merupakan pendapatan bersih perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Dimana jumlah atau nilainya berbeda-beda sesuai dengan besarnya saham yang ditanamkan dan kesepakatan yang telah dibuat di awal.

e. Laba Kotor

Laba kotor adalah keuntungan yang didapatkan sebelum dikurangi dengan pengeluaran atau biaya-biaya  lain seperti biaya promosi, penyusutan, dan lain sebagainya.

f. Pendapatan Bersih

Laba kotor yang sudah dikurangi dengan pengeluaran atau biaya disebut dengan pendapatan bersih. Pendapatan bersih sifatnya sudah mutlak dan dapat diandalkan untuk mengambil keputusan karena ia sudah dikurangi dengan pengeluaran atau biaya yang ada.

g. Laba Ditahan

Laba ditahan merupakan pendapatan bersih perusahaan yang ditahan atau maksudnya tidak dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen. Laba ini akan diinvestasikan kembali oleh perusahaan di mana nantinya nilainya akan diakumulasikan selama bisnis berjalan.

Tujuan Laporan Laba Rugi

Sebagai informasi tambahan, selain istilah yang yang perlu Anda tahu, tujuan dibuatnya laporan laba rugi juga perlu Anda pahami. Sehingga setelah membacanya Anda sudah tidak bingung. Adapun tujuan dibuatnya laporan laba rugi yaitu untuk memberikan informasi mengenai laba dan rugi perusahaan tahun berjalan, memberikan informasi terkait pajak yang harus dibayarkan perusahaan kepada pemerintah, sebagai bahan evaluasi dan acuan untuk merencanakan strategi perusahaan pada periode selanjutnya.

Itulah informasi tentang laporan laba rugi yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk membuat dan membaca laporan laba rugi perusahaan dagang, jasa, manufaktur atau lainnya. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk membuat dan membaca laporan laba rugi, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal. Jurnal memiliki sistem yang terotomatisasi sehingga saat Anda menginput data, sistem Jurnal secara otomatis akan memproses nya sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, Jurnal memiliki sistem cloud yang memudahkan Anda mengakses laporan keuangan laba rugi di mana saja dan kapan saja. Informasi selengkapnya tentang Jurnal, klik di sini.