Keuangan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dan dapat memengaruhi perkembangan sebuah bisnis. Banyaknya hal yang harus diurus oleh pemilik bisnis, membuat mereka jadi kurang memerhatikan kondisi keuangan dengan benar. Belum lagi tidak semua pemilik bisnis memahami bagaimana cara membuat dan membaca laporan keuangan. Padahal, selalu update terkait kondisi keuangan bisnis merupakan hal penting yang harus dilakukan pemilik bisnis.

Dengan mengetahui kondisi keuangan dengan tepat, pemilik bisnis dapat lebih mudah menentukan strategi dan mengambil keputusan lebih tepat. Sehingga, jika terjadi masalah dalam bisnis, pemilik bisnis dapat mengetahui risiko tersebut lebih cepat dan mencari solusi yang tepat untuk menghindari kerugian bisnis. 

Demi menghindari terjadinya kerugian ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan bantuan software akuntansi yang merangkum semua laporan dalam satu platform. Jurnal merupakan salah satu software akuntansi yang banyak dipilih oleh pemilik bisnis, baik UKM hingga bisnis besar. Selain mempermudah proses pembuatan laporan keuangan bisnis, Jurnal juga memiliki dasbor yang mempermudah Anda sebagai pemilik bisnis dalam melihat semua informasi keuangan bisnis secara realtime. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan dengan fitur ini?

 

Kustomisasi Dasbor

Dengan fitur dasbor di Jurnal, Anda dapat melihat semua informasi keuangan yang Anda butuhkan dengan lebih simpel lewat satu halaman secara real time. Mulai dari arus kas, penjualan terutang, tagihan faktur, piutang usaha, biaya operasional, hingga laba rugi bisa diakses dalam satu dasbor. Anda juga dapat mengatur tampilan dasbor sesuai kebutuhan bisnis Anda dengan menambahkan widget yang dibutuhkan. Tampilan pada dasbor pun dapat Anda sesuaikan, apakah dalam bentuk grafik atau tabel.

 

Memastikan Arus Kas Tetap Baik

Arus kas merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengusaha. Masalah utama yang sering dihadapi adalah arus kas defisit, di mana pengeluaran melebihi pendapatan, sehingga arus kas menjadi tidak seimbang. Untuk menghindari kerugian bisnis, Anda dapat melihat arus kas dengan angka yang lebih pasti dan realtime dalam satu dasbor Jurnal. Dengan begitu, Anda dapat memastikan apakah arus kas dalam keadaan baik atau buruk. Sehingga, ketika arus kas dalam keadaan kurang baik, Anda dapat mengambil keputusan lebih cepat atau membuat strategi bisnis baru untuk memperbaiki arus kas tersebut.

 

Baca Juga: Cara Memperbaiki Arus Kas Perusahaan dengan Tepat

 

Lihat Saldo Bank dan Transaksi Secara Bersamaan

Banyak perusahaan yang mengalami kesulitan ketika melakukan rekonsiliasi bank. Di mana, sebagian besar dari mereka menemukan ketidakcocokan antara transaksi pada bank dengan transaksi yang ada dalam pembukuan. Namun, dengan adanya Jurnal, Anda dapat melihat transaksi bisnis Anda dan saldo yang ada di bank secara bersamaan. Sehingga mempermudah Anda dalam melakukan rekonsiliasi bank secara langsung. 

 

Cek dan Bayar Tagihan Secara Cepat

Melihat tagihan satu per satu membuat Anda menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika Anda telah memiliki banyak pelanggan dan bekerja sama dengan banyak supplier. Namun, dengan adanya fitur dasbor dalam Jurnal, Anda dapat melakukan pengecekan tagihan yang belum dibayar oleh pelanggan maupun yang belum Anda bayar. Sehingga dapat mempermudah Anda dalam menagih maupun membayar tagihan, tanpa perlu melakukan pengecekan satu per satu ke daftar pelanggan maupun supplier.

Itulah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dalam fitur dasbor Jurnal. Dengan memonitor seluruh informasi keuangan melalui dasbor, Anda dapat lebih mudah mengetahui kondisi keuangan dengan angka yang lebih pasti. Hal ini tentu membuat Anda menjadi lebih sigap dalam membuat keputusan maupun strategi bisnis Anda. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan dapatkan free trial 14 hari.