Home / Blog / Business & Economy

Mind Mapping: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contoh

konsep mind mapping
Daftar isi
Mode

Istilah mind mapping bisa jadi masih terdengar asing, tetapi istilah ini sering digunakan dalam dunia akademik dan bisnis. Istilah tersebut digunakan untuk memudahkan pekerjaan seseorang dalam memahami sebuah konsep.

Secara sederhana mind-mapping adalah pemetaan pikiran. Kehadiran mind mapping selalu berkaitan dengan kreasi dan seni dalam menuliskannya. Hal ini diperlukan agar kita lebih mudah dalam memahami sebuah konsep yang tertuang dalam mind map.

Apalagi bagi orang yang memiliki cara belajar visual, wah tentunya mind mapping menjadi cara belajar yang cukup efektif.

Pengertian Mind mapping Menurut Ahli

Pertama, seorang ahli bernama Tony Buzan, sebagaimana dikutip melalui romadecade.org menyebutkan bahwa mind mapping atau pemetaan pikiran adalah mengembangkan proses berpikir sehingga dari yang awalnya satu arah kemudian menjadi segala arah.

Selain itu, istilah dapat menarik berbagai macam pemikiran ke dalam berbagai sudut pandang dan mind mapping mengembangkan cara berfikir yang bercabang-cabang dan kreatif.

Kedua, melalui laman yang sama, disebutkan Caroline Edward mendefinisikan mind mapping sebagai sebuah cara yang efektif dan efisien untuk mengekspresikan berbagai macam data atau informasi dari otak.

Sistem tersebut berlangsung secara alami yang dilakukan oleh otak manusia. Pendapat lain datang dari Melvin L. Sliberman bahwa mind mapping merupakan sebuah tata cara seseorang dalam berpikir yang disampaikan secara kreatif guna menghasilkan ide-ide yang dapat dierapkan dari hal yang sedang dipelajari, mencatat sebuah pelajaran, atau cara kreatif dalam merencanakan sebuah penelitian baru.

Manfaat Mind Mapping

1. Memudahkan Pemahaman dan Pengingatan

Mind mapping membantu menguraikan informasi yang kompleks menjadi elemen-elemen yang lebih terorganisir dan mudah dipahami. Penyajian visual dengan menggunakan gambar, kata-kata kunci, dan warna membantu otak untuk mengaitkan dan mengingat informasi lebih baik.

2. Meningkatkan Kreativitas

Teknik mind mapping merangsang pemikiran asosiatif dan kreatif. Anda dapat dengan mudah menghubungkan ide-ide yang berbeda dan melihat pola atau konsep baru yang mungkin tidak terlihat dalam cara berpikir linier.

3. Pemecahan Masalah yang Efektif

Dengan membantu menguraikan masalah menjadi komponen-komponen yang lebih kecil, mind mapping memungkinkan Anda untuk menganalisis masalah secara lebih efektif. Anda dapat melihat hubungan antara berbagai aspek masalah dan mengidentifikasi solusi yang lebih baik.

4. Perencanaan yang Terstruktur

Mind mapping dapat digunakan untuk merencanakan proyek, acara, atau tugas dengan cara yang terstruktur. Anda dapat menguraikan langkah-langkah yang diperlukan, menetapkan tenggat waktu, dan memvisualisasikan hubungan antara elemen-elemen rencana.

5. Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Mind mapping membantu memusatkan perhatian pada elemen penting dan menghindari informasi yang tidak relevan. Ini dapat meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan Anda untuk berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

Berbagai Jenis Mind mapping

Beberapa jenis mind map yang banyak digunakan oleh orang-orang antara lain :

Silabus Mind mapping

Mind mapping silabus atau kerap disebut juga dengan mind mapping makro adalah jenis mind mapping yang menggambarkan konsep yang akan dipahami dengan susunan berupa ukuran yang besar dan biasanya ditempel pada dinding.

Baca Juga: Fungsi Actuating: Pengertian, Prinsip, Tujuan, dan Karakteristik

Bab Mind mapping

Bab Mind mapping, sesuai namanya mind mapping jenis ini disusun berdasarkan bab yang telah dipelajari. Namun, PR terbesar yang harus dilakukan dalam menyusun mind mapping satu ini adalah meringkas poin penting dari sebuah konsep agar lebih mudah untuk mengingat dan memahaminya.

Paragraph Mind Map

Paragraph mind map adalah mind mapping yang disajikan dengan lebih lengkap Mind mapping paragraph yaitu yang dapat memberikan informasi secara lengkap karena penjelasan dari konsep dijelaskan dengan begitu lengkap.

Contoh Mind Mapping Kreatif

Menyusun mind mapping kreatif disusun dengan unsur-unsur inovasi dan kreasi. Keduanya hadir dalam mind mapping kreatif dalam bentuk gambar, warna, aksentuasi hiasan-hiasan lain. Tujuan dari kreasi ini adalah untuk memudahkan memahami konsep yang akan dipelajaria dengan memanfaatkan mind mapping kreatif.

Sebaliknya jangan sampai niat hati ingin membuat mind map kreatif agar lebih nyaman dan mudah memahami konsep justru menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Terlebih lagi menyusun mind mapping kreatif membutuhkan waktu yang cukup banyak. Kebutuhan terhadap mind mapping kreatif yang awalnya untuk memudahkan akan menjadi menyulitkan ketika tidak memiliki banyak waktu untuk menyusunnya.

Contoh Mind mapping Kreatif

mind mapping time management

Contoh mind mapping kreatif mengangkat tema besar tentang “TIME MANAGEMENT”. Penyusun contoh mind map kreatif  membicarakan konsep tentang hal-hal yang berkaitan dengan manajemen waktu.

Beberapa cabang dari tema besar manajemen waktu tersebut, antara lain: clarity, key issues, monitoring, communication, ergonomic, supervise, etc.

Setiap poin tersebut ditandai sekaligus diwarnai dengan berbagai ilustrasi dan penulisan yang berbeda.

Segi krativitas dalam contoh mind map kreatif  terletak pada berbagai warna, penulisan yang berbeda (penggunana huruf kapital dan gaya penulisan yang beragam), serta beragam gambar seperti kunci pada key issues yang jelas menyimbolkan kata key issues itu sendiri.

Terlihat sangat jelas kreasi dari contoh sederhana kreatif  sekaligus terlihat pula skala kerumitan dalam pembuatannya.

Dengan kata lain, penyusunan contoh mind mapping sederhana kreatif  ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga jika ingin membuat contoh mind mapping harus dipertimbangkan pula aspek waktu karena tidak semua contoh mind mapping dapat dibuat dalam waktu singkat.

Contoh Mind Mapping Simpel

Mind mapping simpel dikenal secara singkat sebagai mind mapping yang sederhana. Jenis sederhana berkaitan dengan aspek waktu pembuatan yang singkat.

Dimungkinkan penyusunan mind mapping sederhana dibutuhkan dalam waktu yang segera. Pembuatan sederhana disusun dengan tetap mengedepankan penyampaian konsep yang akan dipahami secara jelas.

Contoh Mind Mapping Simple 1

mind mapping swot

Contoh Mind mapping Simple 1 di atas membicarakan tentang konsep “BUSINESS PLAN”. Konsep tersebut dijabarkan dalam sebuah mind mapping yang dituangkan secara sederhana. Selain itu, contoh Mind mapping Simple 1 memiliki berbagai cabang dari konsep “BUSINESS PLAN” yang mencakup marketing plan, mission, SWOT, timeline, strategy, team, competitor, finance.

Mind mapping tersebut dijabarkan dengan memanfaatkan tanda panah dan tidak ada aksesntuasi lain berupa warna atau pun gambar-gambar lainnya.

Contoh Mind mapping Simpel 2

mind mapping career

Contoh Simpel 2 memaparkan konsep CAREER yang terbagi ke dalam beberapa cabang, yakni skills, networky, experience, interest, values, education.

Penyampaian mind mapping simpel tersebut ditandai dengan pemanfaatan bentuk bulat dan tanda panah, tanpa ada kreasi berupa hiasan atau pun bentuk lainnya.

Jelas sekali bahwa yang satu ini sangatlah simpel terlihat dari visual penampilan mind mapping satu ini. Seolah penyusun mind mapping tersebut menyiapkannya dalam waku yang singkat dan spontan.

Contoh mind mapping sederhana semacam ini secara tidak langsung menyatakan bahwa tidak selalu tentang kreasi yang begitu rumit, tetapi juga ada mind mapping simpel.

Asalkan konsep yang diutarakan dalam terakomodasi dalam sebuah mind mapping, maka tidak akan menjadi hal yang salah.

Tetap dikembalikan lagi pada fungsi awal, yakni memudahkan kita memahami sebuah konsep.

Contoh Mind Mapping Unik

Mind mapping unik, sesuai namanya jenis ini memiliki karakterisitik tersendiri sehingga dikatakan ‘unik’.

Entah konsep yang disampaikan, visualnya, atau pun aksentuasi berupa warna, gaya penulisan, dan ilustrasi yang mendukung.

Kata ‘unik’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (a) tersendiri dalam bentuk atau jenisnya; lain daripada yang lain; tidak ada persamaan dengan yang lain; khusus.

Contoh Mind Mapping Unik

mind mapping unik

Contoh dikatakan unik karena memanfaatkan sebuah gambaran yang cukup rumit dari sebuah pohon.

Tema besar yang terdapat pada mind mappin unik 1 adalah Ketentuan Konstitusional yang terbagi ke dalam banyak cabang berupa pasal-pasal.

Mind mapping unik tersebut memiliki sisi lain dari yang lain dalam hal visualisasi berupa pohon besar.

Hal yang harus lebih diperhatikan adalah ketersediaan waktu, apakah jika menyusun mind mapping yang kreatif cukup waktunya?

Selain Mind Mapping, gunakan Mekari Jurnal untuk mengelola bisnis dan usaha Anda, seperti aplikasi akuntansi online dengan beragam fitur akunting, termasuk fitur seperti dari aplikasi invoice untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Mekari Jurnal selama 14 hari.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami